Recent Post

Wednesday, March 23, 2016

Cara Mendaftar dan Menggunakan SMS Banking

Posted by   on

Tidak terasa tahun 2016 telah bergulir di bulan kedua. Berbagai hal dan kemajuan telah dicapai oleh setiap orang termasuk negara kita Indonesia. Mengambil tema agak berat, kali ini admin virgabali.com akan membahas tuntas tentang salah satu fasilitas di dunia perbankan yaitu SMS Banking.

Bisa dikatakan fitur ini adalah sebuah fitur wajib yang harus dimiliki jika kalian adalah seseorang yang berkecimpung di dunia bisnis. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut di bank bukanlah hal yang sulit. Tetapi ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui tentang fitur SMS Banking sebelum menggunakannya.

Syarat untuk mendapatkan fasilitas SMS Banking :

1. Memiliki rekening di salah satu bank nasional seperti Mandiri, BNI, BRI, BCA, Danamon, CIMB dan bank-bank lainnya.

2. Memiliki nomor HP yang berstatus aktif. Sangat disarankan menggunakan nomor ponsel utama kalian sebagai nomor yang terdaftar di SMS Banking karena nomor yang teregistrasi tidak mudah untuk digonta-ganti. Prosesnya cukup ribet untuk melakukan proses penggantian nomor ponsel di layanan SMS Banking.

3. Memiliki pulsa yang cukup untuk bertransaksi. Untuk biaya-biaya di transaksi SMS Banking akan admin virgabali.com bahas lebih lanjut di sesi selanjutnya.

Hal-hal penting yang perlu kalian ketahui tentang SMS Banking

1. Fitur SMS Banking bisa digunakan di hampir semua ponsel, termasuk ponsel lama. Fitur minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan SMS Banking adalah fitur SMS. Di beberapa ponsel keluaran baru, kalian juga bisa menggunakan aplikasi yang tersedia dari masing-masing bank untuk melakukan transaksi dengan cara yang lebih mudah.

Via SMS : transaksi dilakukan dengan mengetik format tertentu untuk melakukan transaksi. Tiap transaksi dikenakan biaya. Biasanya berkisar Rp. 500 tiap transaksi dan dipotong langsung dari pulsa kalian.

Via Menu SIM : selain via sms, kalian bisa bertransaksi dengan menu simcard di ponsel kalian. Menu ini lebih simple dan kalian tidak perlu mengetik format-format khusus. Hanya saja kecepatan transaksi terkadang agak lambat dan agak mudah terganggu.

Via kode khusus : kode khusus adalah kode yang dimiliki oleh beberapa provider untuk mengakses fitur tertentu, contoh sms banking bisa kalian akses di pemilik kartu Indosat dengan mengetik *123# kemudian tekan menu panggilan. Caranya sama dengan cek pulsa. Kalian hanya cukup mengikuti langkah-langkah yang ada.

Via Aplikasi Ponsel Pintar : Pilihan terakhir ini adalah pilihan terbaik untuk kalian pengguna ponsel pintar seperti Android dan iOS. Dengan aplikasi, kalian hanya dikenakan biaya saat aktivasi pertama (di Bank Mandiri), transaksi selanjutkan tidak dikenakan biaya SMS karena transaksi dilakukan via internet.
Kelebihan lainnya adalah transaksi via aplikasi memiliki pilihan menu paling lengkap serta kecepatan transaksi yang paling cepat. Di bank tertentu, aplikasi juga memiliki kemampuan menyimpan sejarah transaksi sehingga memberikan kemudahan untuk kalian memantau tiap transaksi.

2. Fitur SMS Banking memiliki fitur laporan transaksi otomatis yang dikirimkan ke nomor ponsel kalian via SMS. Yang perlu admin virgabali.com tekankan adalah tidak semua fitur laporan ini gratis. Jika berbayar, maka kemungkinan pulsa kalian akan dipotong saat sms laporan masuk.  

Karena itu, perhatikan brosur sms banking yang diberikan oleh petugas bank dengan teliti dan tanyakan kepada petugas hal-hal yang kurang jelas terutama tentang biaya.

Satu hal yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi biaya tersebut adalah dengan menaikkan limit transaksi laporan. Misalkan kalian menaikkan limit menjadi 2 juta maka tiap transaksi yang terjadi di bawah 2 juta tidak akan mendapatkan laporan otomatis via sms. 

3. Jangan pernah lupakan kata sandi kalian. Mengalami kegagalan kata sandi di dunia perbankan akan membuat rekening kalian diblokir dan proses membukanya juga membutuhkan proses yang cukup menyita waktu. Karena itulah gunakan kata sandi yang mudah kalian ingat. Karena itulah, saat sms banking kalian telah aktif, segera ganti kata sandi yang kalian terima dari bank dengan kata sandi kalian sendiri.

4. Pelajari sebaik mungkin brosur tentang biaya sms, biaya tiap transaksi, serta fitur-fitur lain yang ada di bank yang kalian gunakan termasuk fitur multi-payment (pembayaran pulsa, telepon, listrik dan lain-lain) untuk memaksimalkan penggunaan fitur SMS Banking kalian.

Cara Mendaftar SMS Banking

1. Datang ke bank lengkap dengan membawa buku tabungan, KTP, kartu ATM, ponsel yang berisikan nomor yang ingin kalian registrasi serta siapkan pulsa minimal Rp. 10.000 di nomor tersebut.

2. Ambil antrean untuk menemui Customer Service.

3. Berikan penjelasan kepada CS bahwa kalian ingin mengaktifkan fitur SMS Banking untuk rekening kalian.

4. CS bank akan memberikan formulir yang harus kalian isi untuk permohonan aktivasi fitur SMS Banking. Kalian juga mungkin diminta untuk menyerahkan beberapa persyaratan seperti buku tabungan, ktp dan lain-lain.

5. CS akan menjelaskan tentang fitur-fitur SMS Banking dan akan memberikan brosur lengkap tentang fitur tersebut. Pada sesi ini, tanyakan apa yang perlu kalian tanyakan. Termasuk untuk limit transaksi, seandainya jika kalian ingin merubah limit transaksi laporan sms.

6. Pada umumnya, aktivasi sms banking akan dilakukan langsung dengan pengiriman kode unik ke nomor ponsel yang teregistrasi. Karena itulah sangat penting untuk membawa ponsel kalian ke bank.

7. Setelah SMS Banking aktif, kalian bisa melakukan penggantian kata sandi. Penggantian bisa dilakukan via ATM atau SMS, tergantung kebijakan bank bersangkutan.

8. Untuk kalian yang ingin menggunakan aplikasi, bisa kalian unduh di toko aplikasi Google Playstore ataupun Apple App Store. Sebaiknya aplikasi diunduh saat kalian masih berada di bank karena akan ada proses aktivasi pertama saat membuka aplikasi untuk pertama kalinya.

Jika kalian merasa perlu bantuan dalam proses aktivasi ini, kalian bisa menanyakannya kembali ke Customer Service sehingga tidak perlu bolak-balik ke bank di kemudian hari.



=============================================

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter