Recent Post

Wednesday, March 23, 2016

Cara Menggunakan ATM Setoran Tunai

Posted by   on


Kali ini admin akan membuat sebuah artikel cara untuk menggunakan salah satu jenis ATM yang ada di Indonesia. Mengapa admin membuat artikel ini?? Bagi admin sendiri, penggunaan jenis ATM ini sepertnya masih kurang populer, tidak seperti saudaranya yaitu ATM Penarikan tunai. Padahal jika dilihat sisi efisiensinya, ATM ini sangat berguna karena membuat kita tidak perlu repot mengantri di teller bank hanya untuk menabung uang beberapa ratus ribu ataupun beberapa juta. Oke agar tidak terlalu banyak basa basi, mari kita langsung menuju artikelnya.Sebagai contoh, admin akan menggunakan ATM milik Bank Mandiri karena bank ini adalah satu bank terbesar di Indonesia.


CARA MENGGUNAKAN ATM SETORAN TUNAI

1. Saat masuk ke area ATM dengan beberapa unit ATM, perhatikan bagian atas ATM. Carilah ATM dengan tulisan ATM setoran tunai.

2. ATM Setoran tunai memiliki bentuk yang agak berbeda dengan ATM tarik tunai karena pada bagian tengahnya terdapat kotak untuk meletakkan uang kalian, bentuknya sendiri mirip tong sampah yang ada di hotel-hotel ataupun perkantoran elit.


3. Persiapkan uang kalian, lebih baik kalian mempersiapkannya di rumah. Ini dikarenakan ATM setoran tunai hanya menerima uang dalam kondisi baik dan cukup rapi. Untuk nominal, ATM setoran tunai hanya menerima pecahan uang Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Jika uang kalian kurang rapi atau berantakan, mesin ATM akan mengembalikannya. Ada baiknya jika kalian juga menyusunnya dalam urutan benar. Jadi sisi gambar berada berurutan. Kalian bisa mencampur uang pecahan 50 ribu dengan 100 ribu jika kalian mau.

4. Pertama, kalian harus memasukkan kartu ATM kalian pada slot kartu. Biasanya terletak di atas kotak uang ataupun di sisi kanan. Slot ini memiliki gambar logo kartu dan biasanya bernyala biru.

5. Masukkan PIN kalian, kemudian lihat instruksi di layar. Penutup kotak uang akan terbuka dan Kalian akan diminta untuk memasukkan uang kalian.

6. Letakkan posisi uang di dalam kotak uang ATM dengan posisi vertikal mengikuti bentuk mesin hitung. Setelah itu mesin ATM akan melakukan penghitungan dan hasilnya akan muncul di layar. Jika ada uang yang tidak masuk kategori baik ataupun uang palsu, maka kotak akan terbuka kembali dengan mengeluarkan uang bermasalah tersebut. Kalian bisa memasukkan uang beberapa lembar sekaligus ataupun satu lembar, misalkan kalian hanya ingin menabung Rp. 50.000 saja.

7. Setelah uang masuk dan dihitung, maka akan muncul rincian jumlah lembar masing-masing nominal pada layar. Periksalah jumlah tersebut. Pada sisi menu akan muncul pilihan jika kalian ingin memilih uang tersebut untuk setoran (menabung ke rekening sendiri) ataupun di transfer ke rekening lain.

8. Setelah memilih menu yang kalian inginkan. Maka pilih selesai dan mecabut kartu ATM kalian kembali. Oya kalian juga bisa mengecek saldo kalian langsung di ATM tersebut untuk sekedar memastikan jumlah saldo terbaru kalian. Selain itu kalian juga akan mendapatkan bukti setiap transaksi.

NB : Jika kalian mengalami masalah pada ATM, baik setoran tunai dan penarikan tunai, jangan panik. Catatlah nomor seri ATM tersebut, catat lokasi ATM  tersebut kemudian hubungi cabang Bank terdekat atau hubungi call center mereka. Untuk pengguna baru ATM biasanya paling sering terkena masalah kartu ATM yang tertelan oleh mesin ATM. Hal itu sebenarnya terjadi karena kita kurang paham dengan metode pengamanan transaksi ATM Bank.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter