Recent Post

Wednesday, March 23, 2016

Cara Menggunakan Lift

Posted by   on

Sebenarnya admin virgabali.com sedang kebingungan untuk mencari bahan yang tepat untuk menulis artikel di website virgabali.com. Setelah admin pikirkan, terkadang hal-hal sederhana pun bisa menjadi sebuah artikel yang cukup menarik untuk ditulis.

Kali ini admin virgabali.com akan berbagi sedikit petunjuk atau tutorial dalam penggunaan fasilitas lift di tempat umum. Mungkin banyak dari pembaca virgabali.com yang sering melihat fasilitas ini di rumah sakit, mall atau perkantoran tetapi tidak berani menggunakannya karena tidak mengetahui  caranya. Agar kita tidak dianggap kudet (kurang update), maka sebelum mencoba menggunakannya langsung, kalian bisa membaca sedikit tutorialnya di virgabali.com.

Yang perlu kalian ketahui tentang fasilitas lift ini adalah fasilitas ini dibuat seaman mungkin tentunya. Jadi jangan takut untuk menggunakannya. Karena dari yang admin lihat, seringkali banyak calon pengguna yang tidak berani menggunakan fasilitas ini karena takut lift akan jatuh atau mati seperti yang sering terlihat di film-film. Memang tidak menutup kemungkinan kecelakaan seperti itu bisa terjadi, tetapi hal tersebut juga bisa berlaku di setiap alat buatan manusia, jadi bukan hanya lift saja.



CARA MENGGUNAKAN LIFT dalam kondisi LIFT Pasif

1. Saat menggunakan sebuah lift, kalian harus memperhatikan kondisi pintu lift. Jika pintu lift telah terbuka (lift tidak sedang digunakan), kalian cukup masuk ke dalamnya, kemudian menekan tombol angka lantai yang ingin dituju maka secara otomatis lift pintu lift akan menutup dan lift akan bergerak ke lantai tersebut. Jika kalian hanya ingin menutup pintu tetapi masih bingung tujuan ingin ke lantai berapa, kalian bisa menekan tombol close/tutup untuk menutup pintu.

2. Jika dalam proses bergerak baik naik atau turun terdapat pengguna lain yeng menekan tombol lift di antara lantai tujuan kalian, maka lift akan berhenti terlebih dahulu di lantai tersebut, bukan di lantai yang kalian tuju. Kalian cukup memperhatikan panel layar yang berisikan informasi lantai posisi lift sedang bergerak.

CARA MENGGUNAKAN LIFT dalam kondisi LIFT Aktif

1. Jika saat kalian ingin menggunakan lift ternyata lift sedang dalam kondisi tertutup, ada kemungkinan lift sedang berhenti di lantai lain ataupun sedang aktif bergerak.

2. Jika kondisi ini terjadi, kalian harus memperhatikan angka yang muncul di atas lift atau di atas papan tombol lift. Jika angka menunjukkan lantai di atas lantai kalian, tekanlah tombol turun untuk membuat lift turun ke lantai kalian, begitu juga sebaliknya. Tombol operasi lift biasanya berada di sebelah kanan.

3. Saat sudah berada di dalam lift, cara penggunaannya sama dengan di atas.

Catatan : 

beberapa lift mungkin memiliki bentuk yang berbeda di beberapa tempat. Begitupun fungsi-fungsi tombol di beberapa lift terbaru juga semakin banyak karena bertambahnya beberapa fungsi. Misalnya tombol darurat/emergency. Tetapi secara umum cara menggunakan lift adalah sama.

Di semua lift sebagian besar telah terpasang dengan kamera CCTV yang posisinya biasanya berada di sudut atas belakang lift. Pada kondisi darurat, misalnya lift mengalami gangguan, terdapat pintu darurat di bagian atas yang digunakan untuk menolong pengguna lift.

Saat kondisi lift tiba-tiba mati, misalnya karena gangguan listrik, pengguna diharapkan tidak panik dan tetap tenang menunggu listrik hidup kembali ataupun pertolongan dari petugas pemeliharaan lift.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter