Recent Post

Wednesday, March 23, 2016

Cara Menggunakan WIFI ID

Posted by   on


Tahun 2015 adalah sebuah tahun di akses internet dan teknologi sedang berkembang sangat pesat di Indonesia. Bisa kita perhatikan dengan lahirnya akses internet generasi keempat atau sering di sebut 4G LTE. Di sisi lainnya, untuk yang ingin mencari akses internet lebih murah tetapi dengan kecepatan super cepat seringkali menggunakan akses WIFI publik seperti WIFI ID. Kali ini admin akan berusaha menjelaskan tentang layanan ini lengkap dengan cara menggunakannya untuk yang belum paham atau mungkin ingin mencoba menggunakannya. Karena pantauan admin sendiri, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara menggunakan layanan publik ini.


TENTANG WIFI ID

WIFI ID merupakan sebuah layanan WIFI untuk masyarakat umum yang biasaya ditempatkan di area publik. Misalnya di lembaga pendidikan, taman kota, dan juga area umum seperti food corner dan mall. WIFI ID sendiri memiliki kecepatan hingga 100 Mbps yang menggunakan pembagian rata ke tiap pengguna. Artinya, semakin banyak pengguna yang menggunakannya, makan kecepatan akan semakin menurun. WIFI ID juga bisa ditemukan di kantor-kantor Telkom terdekat di kota kalian. Kalian juga bisa mengecek apakah area kalian telah dicover oleh WIFI ID atau belum di website resmi WIFI ID.

Selain penempatannya di area-area umum, WIFI ID juga sangat mudah dalam penggunaannya. Kalian bisa menggunakan kartu voucher yang bisa kalian beli di toko Telkom terdekat ataupun menggunakan sistem potong pulsa dengan mengirim SMS format tertentu.

CARA MENGGUNAKAN WIFI ID

1. Pertama, kalian membutuhkan gadget yang akan kalian gunakan untuk berinternet. Kalian bisa menggunakan laptop atau ponsel pintar seperti Android atau iPhone.

2. Datanglah ke area WIFI ID di kota kalian.

3. Jika kalian datang ke kantor Telkom, kalian bisa langsung membeli voucher dengan harga paling murah Rp. 5.000 untuk penggunaan WIFI ID selama satu hari penuh ataupun voucher Rp. 50.000 untuk akses 1 bulan penuh. Gosoklah bagian belakang voucher menggunakan koin atau kunci motor untuk melihat kode voucher.

4. Setelah di area WIFI, hidupkan WIFI kalian jika kalian menggunakan ponsel pintar. Jika kalian menggunakan laptop, kalian hanya perlu memilih icon wireless connection di pojok kanan bawah. Kemudian pilih WIFI dan koneksikan.

5. Setelah itu kalian akan terhubung ke jaringan WIFI ID tapi belum bisa digunakan untuk berinternet. Kini bukalah peramban atau browser internet kalian. Kalian bisa menggunakan browser apapun, baik itu browser bawaan, Google Chrome, Firefox ataupun yang lainnya. Setelah itu cobalah untuk membuka sebuah situr web contohnya seperti www.google.com atau www.facebook.com. Setelah itu kalian akan otomatis diarahkan ke halaman website utama WIFI ID.



6. Pada kolom ini kalian akan menemukan kolom nama pengguna dan kode password di sini. Jika kalian menggunakan voucher, masukkanlah kode tersebut di halaman ini. Setelah berhasil, kalian bisa berinternet ria dengan kecepatan tinggi tanpa batasan kuota.

Untuk kalian yang menggunakan sistem potong pulsa, di halaman web tersebut pilihlah jenis voucher potong pulsa yang kalian inginkan dan ikuti format SMS yang diberikan oleh website WIFI ID. Setelah SMS terkirim dan pulsa telah dipotong, maka kalian akan mendapatkan balasan SMS dari WIFI ID untuk nama pengguna dan password WIFI ID yang harus kalian masukkan di web WIFI ID tadi. Langkahnya sama dengan pengguna yang menggunakan voucher. Perbedaannya hanya untuk mendapatkan kode tersebut, kalian harus mengirim SMS terlebih dahulu.
Catatan : admin mengalami permasalahan jika menggunakan nomor Indosat untuk membeli voucher tersebut.

Cukup mudah bukan??
Silakan menikmati akses internet berkecepatan tinggi bersama WIFI ID.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter