Recent Post

Saturday, March 26, 2016

Danau Tamblingan yang Terlupakan

Posted by   on

Di Pulau Bali, ada beberapa danau yang bisa kita temukan seperti danau Beratan, Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Yang paling terkenal mungkin bisa virgabali.com sebutkan adalah Danau Beratan. Komplek wisata danau Beratan tidak pernah absen dari pengunjung di hari libur.

Walaupun lokasinya agak berdekatan, danau Tamblingan tidaklah sepopuler kedua danau lainnya. Ini bisa kita lihat dari fasilitas-fasilitas yang ditawarkan.

Di danau Tamblingan, hampir tidak ada fasilitas yang bisa kita temukan. Hampir tidak ada pedagang, petugas parkir resmi, jalan yang tidak terawat, begitu juga kebersihan area sekitar danau yang kurang diperhatikan.

"Tetapi jika kita ambil sisi positifnya, ketiadaan fasilitas-fasilitas tersebut membuat danau Tamblingan ini menjadi lebih alami dan lebih menyejukkan dibandingkan danau lainnya"


Untuk menemukan danau Tamblingan tidaklah sulit. Danau ini terletak di desa Banjar, Kabupaten Buleleng. Kalian bisa mengambil jalan lurus ke utara dari kebun raya Bedugul. Ikuti saja jalan raya utama ke arah buleleng. Disaat kalian menemukan beberapa pertigaan, selalu ambil tujuan ke arah desa Banyuatis.
Di sepanjang perjalanan ke Danau Tamblingan juga bisa menemukan beberapa spot yang dibuat di atas danau yang sering disebut Lake View of Tamblingan. Ada beberapa restoran dan rumah makan di pinggir jalan tersebut.

"Danau Tamblingan adalah sebuah danau alami yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dan terkadang terselubung oleh kabut"

Di danau ini juga terdapat sebuah pura Hindu. Selain sebagai tempat wisata, danau Tamblingan juga sering digunakan sebagai tempat membuat foto prawedding. Banyak pasangan yang menyukai keindahan danau Tamblingan yang masih alami dan suasananya yang jauh lebih sepi dari danau lainnya.

Admin virgabali.com tentunya sangat menginginkan jika danau Tamblingan lebih diperhatikan keberadaannya dan fasilitas pendukungnya seperti jalan akses yang sudah agak rusak, lahan parkir yang masih terbatas, serta beberapa paviliun yang sudah mulai rusak agar diperbaiki ke depannya oleh lembaga yang berwenang dalam pemeliharaannya.
 
 
 
 
------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter