Recent Post

Sunday, March 27, 2016

Kintamani - Cerita tentang Danau, Gunung, Hutan dan Segalanya

Posted by   on

Berbicara tentang Kintamani, maka kita akan berbicara tentang banyak hal. Mulai dari hamparan gunung yang terlihat sepanjang mata memandang. Hamparan hijau hutan-hutan di kaki gunung Batur. Keindahan air danau Batur yang memukau mata, serta Pura-pura Hindu yang berdiri megah di area Kintamani.

Daerah Kintamani yang terletak di Kabupaten Bangli, provinsi Bali ini merupakan salah satu obyek wisata yang telah terkenal di dunia. Baik wisatawan domestik dan mancanegara telah mengenal area eksotis ini. Jaraknya sendiri bisa dikatakan cukup jauh dari Denpasar, sekitar 1 setengah jam hingga 2 jam lebih, tergantung trafik lalu lintas yang akan kalian lewati.

Jika kalian datang ke daerah Kintamani, hal pertama yang bisa kalian temukan tentunya adalah pemandangan gunung dan danau yang luar biasa yang bisa kalian lihat dari atas bukit.  

"Hal menakjubkan ini bisa kalian temukan di sepanjang perjalanan menuju Kintamani"


Hal kedua, kalian bisa menemukan berbagai hiburan alam di Kintamani. Mulai dari memancing, berkeliling menaiki boat ataupun kano, bersepeda, bertualang dengan ATV ataupun hal-hal lainnya.

Hal menarik yang ketiga adalah kuliner. Di sepanjang perjalanan menuju Kintamani ataupun di Kintamani sendiri kalian akan menemukan banyak sekali restoran, rumah makan ataupun sebuah kedai makanan yang menyajikan berbagai macam kuliner lokal ataupun kuliner dari mancanegara.Hal keempat adalah wisata budaya dan spiritual.  

"Di Kintamani kalian akan menemukan kebudayaan bali asli, yang sering disebut Bali Aga, tepatnya di Desa Trunyan"


Saat ini desa Trunyan bisa diakses lewat air ataupun lewat darat. Untuk kalian yang menyukai sejarah dan budaya tentunya hal ini akan sangat menarik. Selain itu kalian juga akan menemukan beberapa Pura Hindu di Kintamani yang tentunya memiliki nilai sejarah dan spiritual yang sangat tinggi.

Saat ini Kintamani juga memiliki satu obyek lain yang sedang naik daun yaitu pemandian air panas Toya Devasya. Satu hal yang membuatnya menarik adalah posisi pemandian yang berseberangan langsung dengan danau Batur. Hal ini lah yang membuat pemandian air panas ini menjadi sangat berbeda.  

"Bisa kalian bayangkan mandi air panas di depan danau dan hamparan gunung?? Tentunya sangat menarik bukan??"

Tetapi Kintamani juga tidak luput dari kekurangan. Jalan akses di Kintamani tidaklah bisa dikatakan dalam kategori baik sebagai sebuah tempat wisata internasional. Beberapa ruas jalan sudah terlihat bermasalah ataupun rusak.

Begitu juga dengan lebar jalan yang cukup sempit serta jalan yang cukup terjal. Hal ini sendiri tidak lepas dari adanya lokasi penggalian pasir di masa lalu di tempat ini. Admin sendiri kurang mengetahui apakah penggalian ini masih berlangsung atau tidak hingga saat ini. Tetapi tentunya kita mengharapkan yang terbaik untuk Kintamani pada khususnya dan untuk Bali pada umumnya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter