Recent Post

Wednesday, March 23, 2016

Nikmatnya Nasi Sela (singkong) Sangeh Bali

Posted by   on

Obyek wisata sangeh adalah sebuah tempat wisata dengan hutan lindung yang merupakan tempat hidupnya kera-kera di Bali. Tempat ini berlokasi di Desa Sangeh yang merupakan wilayah kabupaten Badung di Propinsi Bali.

Tempatnya cukup teduh dan mudah di akses dari Kota Denpasar. Selain Hutan wisata sangeh, di dekat tempat ini juga terdapat obyek wisata Tanah Wuk dan Air Terjun Nung Nung. Tanah Wuk merupakan sebuah tempat yang sering digunakan sebagai tempat outbond, rekreasi keluarga dan Bio tubing untuk kalian yang suka kegiatan rafting.

"Tetapi yang akan admin bahas sebagai inti artikel kali ini bukanlah tempat-tempat wisata tersebut, tetapi kuliner makanan yang ada di tempat ini"

Adalah Nasi Sela, sebuah makanan khas Bali yang bisa kalian temukan di Desa Sangeh ini. Kuliner ini akan kalian lihat di sepanjang jalan baik sebelum dan sesudah obyek wisata Hutan Sangeh. Nasi Sela adalah nasi yang disajikan dengan dicampur singkong. Tentunya kuliner tidak asing juga di daerah-daerah lain. Tetapi yang membuatnya unik adalah perpaduan nasi dicampur singkong yang dibungkus kecil-kecil dan sajian pelengkapnya.

"Nasi sela biasanya disajikan dengan sate babi. Tentunya ini bukan santapan yang tepat untuk teman-teman kita yang muslim"

Sate babi yang disajikan dicampur dengan bumbu khusus yang membuatnya makin nikmat disantap. Selain sate, kalian juga diberikan sambal pelengkap. Di beberapa pedagang, mereka juga seringkali melengkapi sajian pelengkap lain seperti tum lindung (belut), tum ayam, sayur plecing (kangkung), dan sajian khas Bali lainnya.

Berbagai paduan tersebut terasa semakin lengkap dengan sajian minuman berupa es kuud (es kelapa muda) asli. Es kelapa muda di beberapa pedagang yang admin ketahui,  

"menggunakan air kelapa muda asli tanpa perasa buatan. Tentu saja hal itu membuatnya semakin nikmat dan menyehatkan"

Satu hal yang kalian perlu ketahui adalah, kuliner ini merupakan kuliner rakyat. Harga murah meriah tetapi dengan rasa yang nikmat membuat tempat kuliner ini sering diserbu wisatawan di hari libur, terutama wisatawan domestik. Harga nasinya sendiri hanya berharga Rp. 3.000 per bungkusnya. Untuk sate berkisar Rp. 5.000'n. Kuliner yang cukup murah bukan untuk sebuah tempat wisata??

Selain kuliner yang mendukung, tempat ini juga memiliki udara yang cukup sejuk dan pemandangan yang cukup hijau karena masih banyak sawah di tempat ini. Mayoritas kuliner nasi sela di tempat ini juga disajikan dengan cara lesehan sehingga sangat mendukung untuk mengobrol dengan orang-orang terdekat kalian.

Lokasi : sepanjang jalan di Desa Sangeh
Harga Makanan : Rp. 3.000 sd Rp. 15.000

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter