Recent Post

Saturday, June 18, 2016

Bertemu Sang Budha di Vihara Dharma Giri

Posted by   on

Hari ini, admin berkesempatan melakukan sebuah perjalanan wisata religius ke daerah Pupuan Tabanan, Bali. Tempat yang admin datangi adalah sebuah vihara umat Budha yang terletak di jalan raya Pupuan Tabanan.

Tentunya kalian pembaca setia blog ini terutama yang berasal dari pulau dewata Bali telah mengetahui bahwa lokasi Pupuan cukup jauh. Dari kota Tabanan saja, paling tidak kita memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan kecepatan normal.

Tetapi selama perjalanan tersebut, kita akan melalui sebuah jalan akses yang tidak terlalu ramai dan berudara cukup sejuk. Semua kelelahan dalam perjalanan akan tertebus setelah kalian tiba di tempat tujuan yaitu Vihara Dharma Giri Pupuan.

"Di Vihara Dharma Giri, kalian bisa menemukan sebuah patung Budha dalam posisi tidur berwarna putih bersih berukuran cukup besar"

Patung Budha ini merupakan daya tarik utama di vihara ini. Selain itu juga terdapat sebuah taman, tempat sembahyank dan paviliun yang ditata dengan rapi dan menarik.
Untuk menemukan tempat ini tidaklah sulit. Kalian cukup mengikuti jalan raya Pupuan hingga mencapai perbatasan desa Pujungan dan Desa Pupuan. Begitu memasuki Desa Pupuan, setelah beberapa ratus meter di kiri jalan (dari arah Tabanan) kalian akan menemukan,  


"sebuah bangunan besar beratap merah. Itulah vihara Dharma Giri"

Di vihara ini, ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh para pengunjung. Pengunjung harus menjaga ketenangan di tempat tersebut. Di beberapa tempat, alas kaki harus dilepas. Untuk pria dan wanita yang menggunakan celana pendek, disediakan kain/kamen yang harus digunakan. Satu lagi, di bagian depan kalian harus mengisi buku tamu dan telah disediakan juga kotak donasi untuk kalian yang ingin bersedekah/berdonasi.

Keberadaan vihara Dharma Giri di desa Pupuan yang berada di ketinggian, membuat vihara ini memiliki nuansa religius yang cukup terasa. Suasana yang sepi serta udara yang agak dingin membuat pikiran menjadi lebih segar dan  tenang.
Ada baiknya kalian yang akan datang ke vihara ini menyempatkan diri untuk sekedar duduk atau beristirahat di kursi taman ataupun di paviliun yang telah disediakan di vihara ini agar bisa menikmati aura religius di vihara Dharma Giri. Dan tentu saja, jangan lupa mengamankan momen indah selama di vihara ini. Cukup banyak tempat yang bisa dijadikan latar foto dan selfie spot.

==========================================================================

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter