Recent Post

Thursday, September 22, 2016

Cara Membuka Rekening Tabungan di Bank

Posted by   on

Banyak penduduk Indonesia saat ini yang belum tersentuh dengan layanan perbankan di Indonesia. Tentu saja ini karena memiliki beberapa alasan yang sulit untuk dikemukakan. Terkadang alasannya sendiri terdengar tidak masuk akal. Karena takut dan malu. 

Tidak mengetahui caranya. Takut bertanya. Tentu saja mindset atau cara berfikir seperti itu harus mulai diubah karena seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Karena itulah admin akan memberikan sedikit informasi tentang cara membuka sebuah rekening tabungan di bank secara umum.

PERSIAPAN SEBELUM MEMBUKA REKENING TABUNGAN

1. Pilihlah Bank yang cukup dekat posisi anda saat ini.

Tidak usah memaksakan diri untuk membuka rekening di bank yang sulit diakses oleh anda. Perhitungan posisinya dan letak ATM nya sebelum menentukan pilihan.

2. Jangan terpengaruh oleh nama besar sebuah bank.

Masih terkait dengan poin di atas. Saat ini telah cukup ada banyak bank dengan kualitas kredibel dan memiliki pelayanan memuaskan. Tidak salah untuk menggunakan layanan bank dengan nama paling terkenal, tetapi akan jadi menyulitkan jika bank tersebut ternyata letaknya cukup jauh dari posisi anda saat ini.

3. Tentukan tujuan anda dalam menabung.

Sebuah bank memiliki cukup banyak produk pilihan yang dibuat untuk kebutuhan anda. Jika anda adalah pebisnis yang membutuhkan akses ke fitur seperti ATM, m-banking dan i-banking, pilihlah bank yang memiliki fitur lengkap tersebut.

Tetapi jika kalian menggunakannya hanya untuk menabung dan fitur ATM, pilihlah produk bank dengan kategori itu. Ini tentunya akan berimbas pada biaya administrasi bulanan yang harus kalian bayar tiap bulannya.

Tidak perlu ikut-ikutan teman atau mengejar gengsi dengan menggunakan produk bank yang administrasi lebih mahal.

Atau mungkin jika kalian adalah pedagang/pebisnis yang membutuhkan layanan antar jemput tabungan setiap harinya, kalian bisa menggunakan fasilitas dari BPR (bank perkreditan rakyat) yang sama-sama diawasi juga oleh OJK dan di jamin juga oleh LPS pemerintah.

4. Siapkan persyaratannya.

Ada baiknya sebelum datang ke bank, persiapkan persyaratannya dengan baik. KTP adalah hal wajib. Kemudian siapkan juga sejumlah tabungan untuk membuka rekening awal. 

Beberapa bank besar memiliki jumlah minimal yang harus kalian setorkan di awal pembukaan tabungan. Biasanya Rp 500.000.
Beberapa produk tabungan seperti Simpedes BRI menggunakan nominal minimal yang lebih kecil yaitu Rp. 100.000 tetapi tidak untuk BRItama.

LANGKAH - LANGKAH MEMBUKA REKENING TABUNGAN DI SEBUAH BANK

1. Datanglah ke bank pilihan anda.

2. Ambil antrean ke bagian Customer Service. Jika kalian bingung untuk cara pengambilan antreannya, bertanyalah pada satpam bank yang selalu siap membantu anda.

3. Saat bertemu dengan CS Bank, tanyakanlah jenis produk yang ada. Jangan lupa juga tanyakan tiap fitur yang bisa digunakan dan biaya administrasinya. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

4. Pilihlah produk bank dengan baik dan pertimbangan matang. Ada baiknya jika kalian menentukan dengan pasti sebelum datang ke bank.

5. Tanyakan juga keberadaan ATM penunjang seperti ATM Setoran Tunai. Ini nantinya cukup membantu anda saat ingin menabung. Jadi kalian tidak perlu mengantre lama di Teller bank. Tinggal masukkan uang kalian ke atm bersangkutan.

6. Setelah menentukan produk bank yang diinginkan, isilah formulir yang diberikan oleh petugas.

7. Isilah semua data dengan baik dan benar karena data-data tersebut nantinya akan sangat membantu kalian untuk mendapatkan fasilitas lainnya dari pihak bank.

8. Untuk kalian yang memilih fitur sms banking dan i-banking, gunakanlah nomor ponsel utama agar tidak terjadi kesulitan nantinya untuk kalian yang suka gonta ganti nomor ponsel. Ini juga akan memudahkan pihak bank untuk menghubungi anda, misalkan saja jika kalian mendapatkan hadiah undian.

9. Untuk kalian yang mengaktifkan fitur penunjang seperti ATM dan lain-lain, tanyakan dengan baik caranya kepada petugas agar tidak kebingungan di kemudian hari. Jangan malu untuk bertanya.

10. Setelah proses selesai, maka rekening tabungan kalian sudah siap untuk digunakan. Simpan dengan baik buku tabungan dan kartu ATM yang kalian miliki. Pergunakan dengan baik, karena nantinya tabungan tersebut akan sangat berguna di kemudian hari.

-----------------------------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter