Recent Post

Friday, September 23, 2016

Google Allo, aplikasi chat terbaru. Tampil sederhana dengan stiker animasi!

Posted by   on

Google sang raksasa internet pemilik OS Android sepertinya masih kurang puas dengan kinerja beberapa aplikasi mereka contohnya aplikasi chat hangouts. Aplikasi ini bisa dikatakan kalah populer dengan aplikasi chat lain seperti whatsapp dkk.

Memperbaiki kesalahan di masa lalu, Google pun berbenah diri dengan meluncurkan dua aplikasi terbaru bernama Allo dan Duo. Allo adalah sebuah aplikasi perpesanan sedangkan Duo adalah aplikasi panggilan video.

Artis utama dalam artikel ini tentu saja adalah Google Allo yang baru saja diluncurkan. Allo mengambil konsep yang sama dengan saudaranya, yaitu kesederhanaan. Saat admin mencoba menggunakannya, terasa sekali bahwa aplikasi Allo benar-benar dibuat hanya untuk mengirim pesan.

Sederhana adalah kesan pertama. Bersih dan berwarna adalah kesan kedua. Jujur saja, tampilan antarmuka aplikasi sangat menarik untuk admin. Sangat bersih. Bagi mereka yang tidak suka aplikasi chat yang terlalu banyak bumbu akan sangat menyukai aplikasi ini. Menariknya antarmuka material design sangat kental terasa. Membuat tampikan aplikasi ini menjadi cukup berwarna.

Hampir sama dengan yang lainnya, Allo juga bisa mengirim gambar, suara, lokasi dan emotikon untuk membuat suasana mengirim pesan menjadi lebih menarik.

Lalu apa sajakah fitur-fitur yang dimiliki oleh Google Allo??

1. Tampilan antarmuka yang sederhana. Aplikasi ini memperlihatkan sebuah pesan chat tanpa banyak gangguan. Sangat bersih.

2. Menggunakan nomor ponsel.
Mirip dengan whatsapp, Allo dibuat terhubung dengan menggunakan nomor ponsel saja, tanpa email, dan tanpa PIN terpisah.

3. Fitur Group. Allo juga menyediakan fitur dasar ini.

4. Pengiriman multimedia (suara, gambar dan lain-lain).

5. Emoticon dan stiker. Allo menyediakan emoticon android terbaru dan stiker untuk mempermanis tampilan pesan. Stiker yang digunakan juga ada yang bergerak (animasi). Stiker tersebut ditandai dengan logo kecil di sisi bawah.

6. Huruf yang bisa diubah ukurannya. Mungkin inilah fitur yang admin cukup sukai. Kalian bisa memperbesar dan memperkecil huruf pesan yang akan dikirim dengan cara mengusap tombol kirim ke atas atau ke bawah. Sangat menarik.

7. Aplikasi berjalan dengan sangat ringan. Hal ini juga adalah favorit admin. Terasa sekali dengan kesederhaannya, aplikasi ini berjalan dengan sangat ringan di sistem ponsel. Cepat dan stabil.

8. Terintegrasi Google Asistant. Fitur ini sebenarnya adalah fitur percobaan dan masih sebatas pada chat dengan bahasa Inggris. Konsepnya menarik. Nantinya jika fitur ini telah maksimal di bahasa Indonesia tentunya akan sangat menarik dan memberikan nuansa berbeda dengan aplikasi chat lainnya.

9. Incognito mode. Untuk kalian yang suka kirim pesan-pesan rahasia tentunya sangat membutuhkan fitur ini. Fitur ini adalah pesan terenkripsi. Selain bisa diatur untuk menghapus pesan otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Itu adalah beberapa hal yang admin temukan tentang aplikasi chat bernama Google Allo. Konsep sederhana dan to do pointnya admin suka. Tidak banyak embel-embel yang menempel membuat aplikasi ini nyaman digunakan.

Tentunya kita berharap Google akan mempertahankan jati diri Google Allo ke depannya. Tanpa iklan, tanpa fitur-fitur yang terlalu rame sehingga aplikasi ini menjadi tetap bersih.

DOWNLOAD GOOGLE ALLO
untuk android.

* Pengguna iphone bisa mendownloadnya di App Store

-------------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter