Recent Post

Sunday, September 25, 2016

Mengenal lebih jauh tentang sebuah fitur yang dinamakan Wifi

Posted by   on

Wifi adalah sebuah fitur yang saat ini mulai terkenal di masyarakat kita di Indonesia. Layanan internet broadband yang makin murah membuat layanan wifi menjadi lebih dikenal. Tetapi perkembangan teknologi tersebut tidak diiringi dengan pengetahuan masyarakat tentang Wifi. Beberapa orang masih memiliki konsep setengah matang tentang arti sebenarnya dari fitur.

Banyak orang di sekitar admin masih beranggapan bahwa, bluetooth adalah fitur bertukar file, sedangkan wifi adalah fitur untuk internet murah bahkan gratis. Tidak bisa dikatakan salah, tetapi sayangnya juga hal itu tidaklah sepenuhnya benar. Lalu apakah sebenarnya Wifi itu?? kali ini admin akan mencoba menjelaskannya dengan pemahaman yang lebih mudah, bukan dari sisi teknisnya.

Pada hakikatnya, bluetooh dan wifi adalah dua fitur yang hampir sama tetapi memiliki kemampuan berbeda dari segi jarak dan kecepatannya. Keduanya merupakan sebuah cara berkomunikasi antar beberapa perangkat dengan menggunakan gelombang frekuensi tertentu (koneksi tanpa kabel). Nah jika ada yang mengganggap bahwa bluetooh hanya untuk bertukar file, jawabannya tidak. Bluetooh juga bisa digunakan untuk mengakses internet, print langsung ke printer dan hal-hal lainnya.

Lalu bagaimana dengan Wifi itu sendiri?? jawabannya adalah sama dengan bluetooh. Wifi bisa digunakan untuk berbagi jaringan internet dan bisa juga digunakan untuk berbagi file seperti aplikasi, musik, video dan lain-lain.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi wifi yang paling sering digunakan oleh pengguna ponsel :

1. Mengakses internet murah atau gratis. Biasanya hal ini digunakan di kafe-kafe atau menggunakan wifi.id corner telkom.

2. Berbagi internet ke laptop atau k ponsel teman. Metode ini menggunakan menu hotspot yang ada di ponsel android.

3. Mengirimkan file (aplikasi, musik, foto & video) dengan kecepatan tinggi. Hal ini bisa digunakan dengan menggunakan aplikasi shareit, sharelink ataupun aplikasi lainnya. Kedua ponsel harus sama-sama memiliki aplikasi tersebut.

4. Mirror View. Ini adalah fungsi untuk menampilkan tampilan ponsel ke TV LED dan smart TV yang telah memiliki fitur ini. Bisa juga menggunakan alat terpisah seperti MiracAst dan chromeCast.

Itu adalah beberapa fungsi wifi yang paling sering digunakan. Ada beberapa fungsi lainnya seperti hubungan beberapa jaringan atau lebih, penggunaan untuk proyektor dll. Tetapi karena fungsi tersebut lebih sering digunakan untuk mereka yang sudah pro, maka admin tidak akan membahasnya lagi. Intinya adalah jangab salah kaprah bahwa wifi untuk mecari internet, wifi adalah sebuah solusi tanpa kabel untuk melakukan banyak hal.

-----------------------------------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter