Recent Post

Sunday, September 4, 2016

Takut Kuota Utama Disedot Saat Menggunakan Jaringan 4G?? Begini Solusinya!!

Posted by   on

Tahun 2016 bisa dikatakan adalah sebuah masa keemasan untuk berkembangnya jaringan LTE atau sering disebut dengan jaringan 4G. Ponsel-ponsel pintar yang telah mendukung jaringan inipun telah banyak beredar di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Ada beberapa hal mengapa jaringan ini akan cepat berkembang di Indonesia. Dilihat dari sisi provider, jaringan ini memiliki bandwitch yang masih kosong sehingga provider bisa menggunakan jaringan ini untuk memindahkan sebagian pengguna dari jaringan 3G yang sudah padat. Hal ini tentunya akan berimbas kepada beban jaringan yang menjadi lebih ringan dan akan mampu memberikan performa yang lebih baik.

Transformasi 4G LTE
Lalu bagaimanakah benefitnya jika dilihat dari sisi pengguna? Jaringan 4G mampu memberikan kecepatan internet yang lebih cepat dan stabil karena jaringan ini sendiri memang masih sedikit diisi oleh pengguna internet di Indonesia. Selain itu, harga paket kuota 4G bisa dikatakan relatif murah jika dibandingkan dengan kuota di jaringan 2G/3G, hampir berbanding 1:5 di provider 3 besar.

Tetapi penggunaan jaringan 4G sendiri bukannya tidak ada masalah. Pengguna seringkali mengalami terjadinya jaringan drop tiba-tiba dari 4G ke 3G. Ini tentunya akan berimbas pada data yang dipotong oleh provider. Dari yang seharusnya dipotong adalah kuota 4G yang besar, menjadi dipotongnya data kuota utama yang jumlahnya relatif lebih kecil.

Tentunya cukup mengkhawatirkan bukan? Karena admin sendiri sering mengalaminya. Entah mengapa jaringan bisa tiba-tiba berubah padahal saat itu jaringan 4G dalam kondisi full. Ini biasanya terjadi saat kita melakukan download file yang ukurannya cukup besar.



Kali ini admin akan berbagai tips dan triknya agar hal tersebut tidak terjadi. Inti utama dari cara ini adalah dengan menggunakan pilihan jaringan 4G/LTE only (4G saja) pada menu pengaturan jaringan di ponsel kalian. Sayangnya dari yang admin perhatikan, pilihan menu ini tidak terdapat di semua ponsel. Sebagian besar ponsel hanya menyediakan pilihan Auto LTE/4G saja. Lalu bagaimanakah caranya?? Mari kita bahas lebih lanjut.

Adalah sebuah aplikasi bernama Radio Switcher yang akan membantu melakukannya. Fungsi dari aplikasi ini sendiri adalah membuat kita bisa mengakses menu rahasia jaringan sistem di ponsel kita. Hal ini bisa juga dilakukan dengan memasukkan kode rahasia di ponsel tetapi untuk admin hal ini tidak efisien.

Pada aplikasi Radio Switcher, kalian akan diberikan banyak pilihan menu jaringan yang tidak sama di masing-masing ponsel. Pada mayoritas ponsel, kalian melihat adanya pilihan 2G only, 3G only, LTE/4G only ataupun pilihan otomatis.

Saat kalian akan mendownload sebuah file yang cukup besar, ada baiknya kalian menggunakan pilihan LTE/4G only untuk mengurangi resiko terjadi pemotongan kuota utama yang tidak diinginkan.

Satu hal yang perlu kalian ketahui saat menggunakan pilihan LTE/4G only adalah adanya kemungkinan kalian tidak akan menerima dan melakukan panggilan telepon. Tetapi sms tetap bisa kalian lakukan.

Hal ini akan terjadi untuk ponsel yang tidak mendukung fitur Voice over LTE atau sering disebut VoLTE. Selain dari sisi hardware ponsel, fitur VoLTE ini juga harus didukung oleh provider yang kalian gunakan. Jadi walaupun ponsel kalian terdapat fitur VoLTE, tidak akan ada gunanya jika provider kalian tidak mendukung. Itu adalah hal penting yang harus kalian ingat.

Untuk Radio Switcher sendiri bisa kalian dapatkan gratis di link di bawah ini :


==============================

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter