Recent Post

Tuesday, September 13, 2016

Tips mudah mencetak foto kesayanganmu dalam berbagai ukuran!

Posted by   on

Foto adalah sebuah bagian dari kenangan yang bisa dikatakan tidak terpisahkan untuk masyarakat jaman sekarang. Hal ini sendiri dikarenakan perkembangan kamera ponsel yang semakin pesat. Hampir seluruh ponsel yang beredar di penjuru bumi ini saat ini dibekali fitur kamera. Bahkan beberapa ponsel saat ini memiliki kemampuan yang mampu menggantikan fungsi kamera poket versi amatir.

Foto-foto koleksi tentunya ingin kita cetak untuk diletakkan di album kenangan ataupun sekedar ditempelkan di dinding kamar dan meja rias. Tetapi banyak dari kita kesulitan bahkan tidak paham dan tidak mengerti bagaimana sebenarnya cara mencetak foto dengan ukuran tertentu agar tidak membuat kertas foto menjadi terbuang percuma.

Sebenarnya kita bisa saja menggunakan fitur cetak bawaan dari microsoft windows tetapi fitur tersebut terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Bagaimana jika seandainya kita ingin mencetak dengan ukuran tertentu seperti 2R, 3R, 10R atau mungkin kita ingin mencetak foto wisuda, foto untuk kebutuhan sekolah dan kantor berukuran 2x3cm, 3x4cm, 4x6cm dan sebagainya?? Kali ini admin akan berbagi tips termudah yang bisa admin berikan tentunya kepada pembaca setia blog ini. Tentunya hal ini bisa lumayan menghemat waktu misalnya saja kita butuh pas foto untuk kebutuhan sekolah dan kantor. Tinggal mencari printer "gratis" yang bisa digunakan. Hehe.



PERLENGKAPAN YANG PERLU DISIAPKAN


1. File foto yang akan dicetak.

Kualitas file foto sangat menentukan seberapa tajam nantinya hasil cetak foto. Usahakan menggunakan file foto original untuk proses cetak, bukan foto resolusi rendah misalnya dari aplikasi kamera percantik wajah, aplikasi sosial media, ataupun aplikasi pesan instan (whatsapp, bbm, line dll). Hal ini dikarenakan file gambar yang diupload melalui media tersebut telah mengalami perubahan resolusi drastis serta penurunan kualitas yang mengakibatkan hasil cetak menjadi pecah dan kurang berkualitas.

2. Printer warna dengan kualitas cetak foto.

Printer warna saat ini tidak mahal harganya. Tetapi tidak semua printer memiliki kualitas cetak yang sama.

3. Kertas Foto.

Kertas foto saat ini telah bisa dibeli di toko-toko komputer ataupun percetakan dengan harga yang relatif murah. Gunakanlah kertas foto yang memiliki berat cukup. Semakin berat semakin tebal. Biasanya berat kertas foto adalah 230 gram. Di tempat admin harganya berkisar Rp. 20.000 (berisi 20 lembar ukuran A4). Tidak mahal bukan?

4. Program Photoscape.

Program photoscape bisa dikatakan program foto editor yang sangat mudah digunakan untuk pemula. Jadi cocok sebagai percobaan untuk belajar. Kalian bisa mendapatkan program ini dengan gratis di DOWNLOAD PHOTOSCAPE.



TUTORIAL MENCETAK FOTO BERBAGAI UKURAN DENGAN PHOTOSCAPE


1. Pada menu utama photoscape, pilihlah menu cetak untuk membuka akses jendela proses cetak foto.



2. Sebelum proses lebih lanjut, pastikan printer yang kalian gunakan telah dipilih di menu "Atur Pencetak" pada sisi kanan atas. Dan pastikan ukuran kertas yang kalian pilih adalah A4. Admin tidak akan memberikan tutorial lebih lanjut mengenai pemilihan printer ini karena tiap printer memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. Pastikan kalian memilih kualitas paling tinggi (High) di pengaturan kualitas cetak.

3. Pada sisi kanan atas akan muncul dua pilihan mode cetak yaitu :



- Cetak Thumbnail : cetak thumbnail adalah mode di mana membagi ukuran kertas dengan jumlah gambar sesuai yang kita inginkan. Misalnya kita ingin dengan kertas A4, kita bisa mencetak empat foto, maka kita tinggal memilih ukuran 2 X 2 (Dua kolom dan dua baris). Kelebihan mode ini adalah kemudahannya. Kekurangannya, kita tidak bisa menentukan ukuran masing-masing foto yang akan dicetak.

- Cetak Potretshot : nah metode ini adalah metode yang memungkinkan kita untuk mengatur ukuran cetak foto. Metode ini lah yang akan kita bahas lebih lanjut ya pembaca.

4. Setelah memilih mode "Cetak Potretshot", pilihlah menu "Set the photo size". Menu ini memungkinkan kita memilih ukuran yang kita inginkan.

5. Pada jendela baru, masukkan nilai lebar dan tinggi foto yang kita inginkan. Contoh jika ingin membuat sebuah pas foto ukuran 3x4cm, maka kita tinggal memasukkan nilai tersebut ke kolom tinggi dan lebar. Atau mungkin kalian ingin mencetak foto untuk diletakkan di dompet? tinggal ukur aja deh tempat foto di dompet kalian, masukkan ukurannya di kolom ukuran. Thats it.



6. Lalu bagaimana jika kalian ingin mencetak beberapa foto yang sama dengan ukuran yang sama? tinggal drag foto tersebut beberapa kali ke bagian atas. Jika kalian mencetak foto lainnya tetapi masih dengan ukuran lainnya, cukup drag lagi foto tersebut. Saat kalian mencetak foto, tidak harus semua bagian kertas dihabiskan. Kalian bisa mengguntingnya setelah dicetak dan menggunakan sisa kertas untuk mencetak foto ukuran lainnya.

7. Jika ukuran dan pengaturan telah terasa pas, silakan pilih tombol "Cetak" untuk melihat hasil foto kalian.

=======================================================================

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter