Recent Post

Sunday, October 2, 2016

Tujuh Ular terbesar yang pernah ditemukan manusia

Posted by   on

Ular adalah salah satu hewan yang masuk ke dalam kelompok hewan reptil (Squamata) bertubuh panjang dan tak mempunyai kaki. Hewan yang berjalan dengan perut, (lebih tepatnya otot-otot yang terdapat pada tulang rusuk) ini seringkali dijumpai di lingkungan sekitar kita. Mulai dari yang ukuran biasa atau normal hingga yang ukurannya dapat dikatakan tidak wajar.
Contohnya 7 foto ular terbesar di dunia yang pernah ditangkap dan ditemukan oleh manusia ini, yang menjadi bukti otentik bahwa eksistensi mereka di muka bumi memang benar-benar ada.

Ular Titanoboa

foto ular terbesar di duniaTitanoboa (Titanoboa cerrejonensis) merupakan salah satu jenis reptil yang bisa memiliki ukuran tubuh luar biasa dibandingkan dengan ular lainnya. Titanoboa menduduki peringkat pertama sebagai ular terbesar di dunia ,Panjangnya yang bisa mencapai 14 sampai 15 meter pasti membuat siapa saja shock berat melihatnya sampai tak sadar dijadikan lalapan olehnya.

Selain itu, diameter tubuh ular ini bisa mencapai hingga 6 kali ukuran pinggul orang dewasa. Dengan ukuran tubuh tersebut, ular ini memiliki bobot hingga 1100 kilogram atau sekitar 1,1 ton. Tapi sayangnya tidak pernah ditemukan ular Titanoboa dalam keadaan hidup-hidup.

Para ilmuwan hanya menemukan fosil dan tulang belulang kerangkanya saja. Diperkirakan Tinanoboa adalah ular purba yang hidup di era Dinosaurus periode Paleosen sekitar 60 hingga 58 juta tahun lampau. Makanan kesukaannya adalah buaya, alligator, kura-kura raksasa termasuk juga mantan kamu hahaha.

Ular Boa

Masyarakat di Kota Guping, Provinsi Jiangxi-Cina pernah dihebohkan dengan penemuan ular boa raksasa yang memiliki panjang 16,7 meter dengan berat badan 308 kilogram. Ular boa yang diperkirakan sudah berusia 140 tahun oleh para ilmuwan tersebut tak sengaja ditemukan oleh para petugas dari departemen kehutanan.

Awalnya sekelompok petugas sedang menggunakan mobil buldoser untuk membuka jalan di tengah hutan, tak sengaja buldoser mereka menabrak ular raksasa tersebut. Mereka pun lari ketakutan, namun sang supir tidak ikut kabur karena sangat ketakutan, ular itu seakan marah dan ingin memangsanya.

Saat mereka kembali membawa bala bantuan untuk menyelamatkan temannya yang tertinggal, diketahui ia sudah tewas akibat serangan jantung. Sedangkan nasib ular tersebut tidak jauh berbeda, terjepit oleh mesin buldozer, diduga sebelum supir itu mati ia sempat melakukan perlawanan.
Pemberitaan heboh ini sempat dianggap hoax oleh pemerintah cina, tapi faktanya mereka tidak bisa memberikan bantahan atas bukti foto-foto ular terbesar yang berhasil diabadikan oleh para petugas kehutanan.

Anaconda Raksasa

ular terbesar di duniaKamu pasti pernah menonton film yang memperlihatkan betapa besar ukuran seekor ular anaconda. Ternyata cerita fiktif imajinasi tersebut tidak hanya berada di film-film saja, karena pada kenyataannya, ular ini tercatat sebagai ular paling besar ketiga setelah ular boa dan Titanoboa.

Panjang tubuhnya bisa mencapai hingga 15 meter sama dengan Ular Titanoboa, namun soal berat tubuh dan dimensi lingkarnya kalah jauh dengan Titanoboa, karena penemuan terakhir spesies anaconda raksasa hanya mencapai 500 kilogram saja.


Keluarga Anaconda memang dikenal dengan jenis ular yang bisa tumbuh dengan ukuran yang super besar. Tak hanya jenis anaconda biasa saja yang memiliki ukuran tubuh besar. Anaconda yang berhabitat di Sungai Abuna misalnya pernah ditemukan panjang tubuhnya 13 meter dengan bobot seberat 150 kg.
Jadi berhati-hatilah, kalau kamu sedang berlibur di Brazil dan mengunjungi sungai Abuna, ada hal yang harus kamu ekstra waspada di sungai ini. Karena, didalam sungai Abuna, terdapat reptil terbesar di dunia.

Legenda Ular Nabau di Kalimantan

Pernahkah kamu membayangkan bertemu dengan ular yang memiliki ukuran sebesar sapi, gajah atau bahkan lebih besar lagi? Mengerikan bukan, jangan sampai imajinasi itu menjadi kenyataan dalam kehidupan kita.

Berawal dari kisah legenda ular Nabau yang dipercaya oleh penduduk Borneo di Kalimantan, dikatakan makhluk mistis tersebut bisa mencapai panjang 80 meter dengan bentuk kepala seperti ular naga, memiliki cakar tajam serta mempunyai tujuh lubang di hidungnya.

Mungkin itu hanya cerita mitos saja yang siapapun boleh percaya atau tidak dengan kebenarannya. Namun pada tanggal 11 Februari tahun 2009 lampau. Penampakan ular terbesar Nabau pernah diabadikan lewat jepretan foto melalui helikopter yang berlokasi di Sungai Baleh, Serawak Kalimantan Utara.
Menurut para peneliti zoologi, diperkirakan ular Nabau yang masih kerabat dekat dengan spesies anaconda tersebut panjangnya bisa mencapai 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Ular Raksasa Kongo

Kongo, tak hanya terkenal dengan gorilanya yang sering di filmkan tetapi juga ular terbesar didunia yang berhasil ditangkap oleh penduduk Kongo. Ular ini bisa memiliki panjang tubuh hingga 16 meter. 

Karena fakta tersebut, menjadikan ia bukan ular terbesar melainkan ular terpanjang di dunia, melebihi pesaingnya Anaconda dan Titanoboa.


Selain itu, Ular Kongo juga terkenal akan keganasannya, sehingga menjadi salah satu predator paling mengerikan di hutan kongo. Tak perduli buaya, kuda nil ataupun si raja hutan singa, yang berani mendekati daerah teritorialnya pasti akan dimakan bulat-bulat seperti tahu bulat.

Foto diatas adalah bukti penampakan ular kongo yang diambil dari atas helikopter, tampak ia melompat-lompat untuk menyerang helikopter yang dipakai oleh para ahli zoologi.

Pythons (python, sanca)

Jenis ular yang masuk dalam keluarga pythons (Pythonidae) ini memang sudah terkenal akan berat dan panjangnya yang jauh dikatakan normal. Pasalnya, ular ini bisa memiliki panjang mencapai 14 sampai 14,5 meter dan memiliki bobot hingga 500 kilogram.


Salah satu daerah di Indonesia yaitu Kalimantan juga terkenal karena memiliki ular yang sangat panjang yang tergolong pada keluarga ular piton. Tak hanya di Kalimantan saja kamu bisa menemukan ular-ular terbesar ini. Tetapi di bumi Sumatera kalau lagi 'beruntung' kita juga bisa menjumpai hewan melata raksasa ini.

Salah satu foto penemuan ular terbesar ini pernah ditemukan di sumatera dari spesies ular phyton guihua sumatera pada tahun 2002 lalu dengan panjang sekitar 14 meter dan berat tubuh mencapai 447 kg.

Ular Yacumama



Foto Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Ditangkap ManusiaUlar Yacumama ini hanya ada di hutan belantara Amazon. Hutan Amazon yang terletak di Negara Brazil memang memiliki beberapa spesies hewan monster yang tidak biasa. 

Dimana banyak sekali hewan predator raksasa yang berkuasa, salah satunya ular Yacumama. Ular ini pernah ditemukan melingkar di pohon yang besarnya hampir sama dengan ukuran ular tersebut.

Ditemukan sebanyak 2 kali yang pertama sepanjang 35 meter dan penemuan kedua ular Yamacuma dengan panjang tubuh mencapai 40 meter, mengalahkan rekor dari ular raksasa kongo. Ukuran yang sangat fantastis dan luar biasa bukan?

* dikutip dari kejadiananeh.com

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter