Recent Post

Tuesday, November 15, 2016

Cara Merawat Koleksi Tas dengan baik dan benar untuk kalian para wanita.

Posted by   on

Memiliki banyak tas adalah hal yang lumrah bagi wanita. Tujuan untuk memiliki sebuah tas bukan lagi tentang fungsi tas itu sendiri untuk membawa barang, tetapi lebih kepada kepuasan. Kepuasan dalam memgikuti fashion terkini, identitas diri, strata sosial dan banyak hal lainnya.

Sebagian dari wanita di luar sana juga memiliki banyak tas adalah bagian dari hobby, seperti layaknya mengoleksi perangko (jaman dulu). Tidak salah, karena itulah esensi kepuasan hidup.

Nah bagi kalian yang memiliki jiwa kolektor berbagai macam tas, tentunya harus mengetahui juga tentang cara merawatnya. Kali ini admin akan membagikan sebuah artikel yang disadur dari nengfashion.com.

Inti utama dari perawatan tas adalah dari cara membersihkan tas itu sendiri. Tetapi dengan beragamnya bahan dari sebuah tas, tentunya cara membersihkannya juga berbeda.

  1. Leather (Kulit)
    Kulit adalah bahan paling lentur, awet, dan berkualitas untuk dijadikan tas. Merawat tas kulit asli harus rutin dilakukan. Caranya, semir tas kulit (pilih semir warna netral) setiap 3-4 bulan sekali. Gunakan sikat berbulu halus. Mulailah menyemir dari bagian bawah tas untuk memastikan semir tak merusak warna tas. Lalu, sikat perlahan ke arah atas sesuai tekstur kulit.
  2. Patent Leather
    Untuk tas berbahan patent (kulit lak paten), Anda bisa menggunakan mineral oil, petroleum jelly atau aseton untuk membantu membersihkan kotoran dan noda kecil pada tas. Letakkan pembersih yang Anda gunakan di atas sebuah kain yang lembut. Usapkan secara perlahan dengan tekanan lembut pada bagian yang terkena noda sampai hilang.
  3. Kain
    Pada umumnya untuk tas berbahan kain dirawat dengan menggunakan vacum cleaner berukuran kecil. Dengan begitu semua debu dan kotoran akan lebih mudah hilang. Tetapi penggunaan vacum cleaner hanya bisa digunakan jika tas memiliki konstruksi yang kuat. Jika tidak, Anda bisa juga membersihkannya dengan air hangat dan sedikit detergent. Pastikan jangan mencucinya dengan cara disikat, cukup kucek sedikit sampai noda hilang. Jika Tas kain dengan manik-manik, bebatuan, atau ornamen biasanya lebih sukar dibersihkan, apalagi bila terkena noda. Jangan bersihkan sendiri tas kain jenis ini karena bisa merusak warna dan ornamennya. Sebaiknya, kunjungi tukang tas yang bisa membersihkannya. Tapi, Anda tetap bisa merawatnya. Simpan tas dalam kantong khusus yang diberikan saat awal membelinya. Untuk menjaga bentuknya, isi tas dengan serpihan kertas atau tisu. Simpan pada posisi berdiri atau digantung bersama wadahnya.
  4. Suede
    Merawat tas suede yang lembut dari kulit kambing yang dianyam bisa cukup dengan menyikatnya untuk menghindari bahan suede mengeras dan tampak kusam. Tas suede jangan disimpan di tempat lembab agar tekstur kulitnya tak rusak. Untuk membersihkan bagian dalamnya, gunakan penyedot debu kecil untuk menjangkau debu di bagian tersembunyi. Lalu, bungkus tas dengan kertas tisu bebas asam dan masukkan ke dalam kotak dengan posisi rebah. Sesekali diangin-anginkan agar tak cepat berjamur.Tas yang terbuat dari bahan suede dapat dibedakan menjadi dua cara tergantung noda yang didapat. Jika tas suede terkena noda kering, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil dengan karet kenyal. Sapukan penghapus pada bagian tas yang terkena noda.Bila terkena noda yang basah, tempelkan handuk kecil pada bagian yang basah agar air terserap sampai kering, setelah itu baru Anda bisa menggunakan penghapus pensil. Jangan membersihkan bahan suede dengan produk penghapus noda seperti aseton karena bisa merusak bahan suede. Untuk finishing, sikat bahan suede dengan sikat khusus bahan kulit.
  5. Plastik
    Siapkan air yang ditetesi sedikit sabun. Boleh memilih sabun apa saja, yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga dan bermutu baik. Seka permukaan Tas Plastik atau Bags Plastics dengan kain lap yang dibasahi larutan sabun tadi. Lalu, bersihkan sisa sabun dengan lap kering. Angin-anginkan tas sampai kering. Agar Tas Plastik atau Bags Plastics tetap mengkilap, semprotkan silicone wax yang bisa dibeli di toko sepatu olahraga.
  6. Anyaman Jerami
    Untuk membersihkan debu di sela-sela anyaman jerami, gunakan penyedot debu kecil (yang biasa digunakan untuk membersihkan sofa). Agar tampak mengkilap, bisa gunakan cairan pembersih untuk sepatu kets. Caranya, gunakan lap bersih untuk mengulaskannya. Lalu, keringkan dengan cara digantung di tempat teduh. Hindari menjemur tas jerami di bawah sinar matahari langsung karena bisa mengerut.
  7. Rantai
    Tas dengan aplikasi rantai juga memerlukan perhatian khusus. Bersihkan rantai dengan cara membungkus rantai dengan kain flanel, masukan kain ke dalam rantai kemudian tarik. Lakukan berulang kali hingga rantai Anda kembali bersinar.
Selain cara membersihkannya yang berbeda-beda, kalian juga harus ingat untuk selalu mengeringkan tas kalian yang sedang dalam kondisi basah. Hal ini untuk memgurangi munculnya jamur dan terjadinya pengelupasan pada beberapa bahan tas.

Letakkan juga tas koleksi kalian pada tempat yang bersih dan usahakan untuk membuat tempat tersendiri yang rapi dan menarik sehingga cukup eye chatching untuk kalian lihat dan nikmati.

Oya bahkan beberapa orang tidak meletakkan tas koleksi mereka di kamar tertutup saja. Beberapa memadukannya sebagai sebuah tambahan nuansa interior untuk memperindah ruangan lain seperti ruang tamu.

-------------------------------------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter