Recent Post

Thursday, December 15, 2016

Blog yang Nyaman dibaca atau Blog yang Menghasilkan Uang?

Posted by   on

Bagi blogger pemula ataupun yang sudah senior, terkadang muncul pemikiran yang dilematis tentang blog yang kita miliki. Jika kalian berada di jalur hobi, hal ini tidak akan menjadi masalah. 

Blogger yang benar-benar hobi menulis akan menuangkan totalitasnya dengan tulisan-tulisan original tanpa memikirkan apakah harus memasang iklan, bagaimana cara menghasilkan uang dan hal-hal lainnya di blog miliknya.

Tetapi untuk blogger yang berada dalam kondisi ingin menghasilkan uang dari blognya, terkadang harus memilih sebuah jalan yang bercabang. Jika kita ingin penghasilan dari blog/web dalam waktu singkat, kita akan "dipaksa" untuk memasang iklan dengan cara yang optimal untuk menghasilkan uang. 

Hal ini biasanya, akan membuat kenyamanan blog untuk pembaca menjadi berkurang. Baik karena posisi iklan yang dipaksakan, ataupun karena munculnya iklan auto direct dan auto pop-up.

Kedua pilihan itu tidak salah. Tergantung saat ini kalian berada di posisi mana. Sebenarnya ada juga jalan tengahnya. Tetapi jalan tengah ini biasanya membutuhkan waktu lama untuk dilakukan.

Jalan tengah dalam blogging itu adalah sebuah metode investasi. Investasi yang admin maksudkan adalah investasi konten, pemikiran, usaha, waktu dan biaya tentunya.

"Mengapa admin katakan jalan tengah ini sebagai sebuah investasi??"

Menulis blog
Jika kalian ingin menjalankan hobi dan menghasilkan uang dalam dunia blog, pertama lakukanlah investasi konten terlebih dahulu. Investasi konten yang admin maksud adalah membuat artikel-artikel original agar blog kalian memiliki modal sebagai sebuah blog atau web yang layak untuk dibaca.

Investasi konten ini selain membuat blog kalian lebih dewasa, hal ini juga akan membantu Google mengindex blog kalian dengan lebih baik. Konten-konten yang banyak sendiri tidaklah cukup. Perhatikan juga tampilan visual dari blog. Dalam membuat sebuah visual blog, perhatikan demografi pembaca yang kalian incar.

Jika incaran kalian adalah pengunjung dari negara-negara maju, maka tidak salah untuk membuat visual yang menarik walaupun agak berat. Tetapi jika tujuan kalian adalah universal, terutama lokal, buatlah blog yang ringan, sederhana tetapi menarik dan rapi.

"Investasi di artikel/konten dan visual adalah sebuah langkah untuk pijakan awal blog kalian"

Google adsense
Jika hal ini telah terpenuhi, melangkahlah ke tahap selanjutnya yaitu periklanan. Dengan tahap investasi konten yang telah kalian lakukan, masuk ke media periklanan seperti Google Adsense bukanlah perkara sulit. Blog kalian akan diterima dengan cepat.

Saat proses monetize, atau mencari penghasilan dari blog terutama dari iklan, janganlah pernah melupakan kenyamanan untuk pembaca kalian. Posisikan diri anda sebagai pembaca. Tempatkan iklan di tempat yang baik dan tidak mengganggu. 

Hal ini akan berefek besar untuk mendapatkan pengunjung setia. Disaat kalian mengshare atau berbagi artikel baru, kecintaan mereka pada blog anda akan membuat kunjungan unik di blog dan hal ini sangat disukai oleh Mbah Google.

Tentu saja pilihan jalan tengah ini cukup sulit dan dilematis bagi beberapa orang karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Membutuhkan usaha yang besar untuk membuat sebuah blog yang baik dan nyaman untuk dikunjungi.

Saat ini, admin sering melihat bahwa prioritas blogger pemula lebih berorientasi pada pemasukan. 

"Karena mereka percaya bisa mendapatkan uang instan dari blogging. Bagi admin, hal itu tidaklah benar"

Uang dari blog
Blogger-blogger hebat yang namanya sudah terkenal baik di lokal ataupun internasional membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mereka berada di kesuksesan mereka saat ini.

Mereka selalu belajar dan mencoba trik-trik baru. Mencoba membuat artikel-artikel baru sehingga menemukan passion di dalam dunia blogging. Hal itu adalah bentuk dari investasi waktu mereka. Jadi blogger, tetaplah belajar. Saat menulis blog, carilah juga artikel-artikel pengetahuan tentang dunia internet. 

Rajinlah berkunjung ke blog-blog lain yang memiliki konten-konten menarik. Belajar menghargai sesama blogger. Komentari apa yang ingin kalian komentari. Hal ini, secara langsung akan membuat sebuah kedewasaan kalian dalam memandang dunia internet, dunia penulis blog.

------------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter