Recent Post

Sunday, December 4, 2016

Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Menarik

Posted by   on

Apa yang akan admin tulis saat ini hanyalah untuk berbagi pengalaman sebagai penulis blog dalam waktu yang belum lama. Sebenarnya tidak ada kata yang tepat untuk menjabarkan bagaimana seharusnya seseorang harus mengekspresikan pikiran dan emosinya di dalam sebuah tulisan, termasuk tulisan digital di dalam sebuah blog.

Tetapi, ada beberapa hal yang bagi admin bisa kita coba lakukan untuk menarik perhatian pengunjung dan pembaca agar bisa tetap setia membaca setiap artikel yang ada di dalam blog yang kita miliki.

1. Menulis adalah Hobi.

Ya, percaya atau tidak, melakukan sesuatu hal yang dikerjakan dengan senang tanpa paksaan biasanya hasilnya akan optimal.

Apalagi jika itu adalah hobi yang kita sukai. Bahkan ratusan atau ribuan artikel tidak akan membuat kita bosan dan lelah.

2. Buat Artikel yang Original.

Saat kalian sudah menentukan akan menuliskan artikel apa, pastikan bahwa yang akan kalian tulis adalah hasil dari pikiran kalian sendiri. Tidak ada yang melarang kalian mengambil sumber dan data pelengkap dari web atau blog lain.

Tetapi produk akhirnya haruslah original. Susun kata-kata demi kata agar artikel tersebut menjadi milik kalian.

3. Jangan Repetitif dan Jaga Bahasa agar mudah dimengerti.

Konsepnya sederhana. Jangan buat bingung pengunjung kalian dengan bahasa yang terlalu rumit, berulang-ulang dan memaksa. Hal tersebut akan membuat pengunjung menjadi lelah.

Terkadang tingkat pemahaman kalian bisa jadi di atas rata-rata manusia lainnya. Tetapi bukan berarti pemahaman itulah yang harus kalian paksakan ditiap tulisan. Tahan ego dan buat susunan kata yang menarik dan sederhana untuk setiap orang.

4. Disiplin dan Berkala.

Tidak ada blogger ataupun penulis super hebat di dunia ini. Yang dimana setiap tulisannya bisa menjadi hits. Tetap fokus, disiplin dan terus belajar. Dengan kedisiplinan tersebut kalian akan mulai memperbaiki tiap kelemahan di artikel.

Hal ini nantinya membuat bobot artikel makin dewasa dan seiring waktu membuat pengunjung makin memahami tiap isi dan pesan di dalam artikel blog kalian.

5. Optimis.

Saran yang sederhana tetapi sangat berarti dan cukup sulit untuk dipraktekkan. Optimis adalah sesuatu hal yang harus kalian miliki dalam melakukan segala sesuatu di dunia.

Memiliki sebuah blog awalnya akan sangat sulit. Mulai dari pengunjung yang bisa dihitung jari hingga menjadi ribuan nantinya. Selalu percaya bahwa ini adalah awal langkah kalian. Bisa saja blog saat ini bukanlah kesuksesan kalian. Tetapi tetap percaya bahwa tidak ada kerugian di dalam sebuah proses mendapatkan pengalaman.

6. Finalisasi.

Tahap akhir dalam membuat sebuah tulisan adalah finalisasi berupa koreksi dan publikasi. Bacalah ulang artikel yang kalian telah selesaikan. Baca dengan hati-hati dan perbaiki kesalahan-kesalahan yang ada. Lakukan improvisasi dan tambahan visual jika diperlukan. Bisa berupa editing warna dan jenis huruf yang digunakan.

Pada artikel atau produk yang telah final, terkadang masalahnya adalah bagaimana cara kita menjualnya. Produk yang bagus terkadang tidak laku karena marketing yang buruk. Cermati dan pahami untuk siapa tulisan kalian.

Jika calon pembacanya adalah traveller, segera share tulisan kalian pada komunitas-komunitas wisata dan travel. Beberapa media sosial yang admin sarankan adalah Google+ Group, Facebook Group, Instagram dan Twitter tentunya

----------------------------------------------

Nah itulah adalah beberapa saran yang bisa kalian gunakan untuk membuat artikel yang berkualitas di dalam sebuah blog. Hal-hal di atas adalah beberapa metode yang admin coba gunakan. Tentunya semua itu kembali dari tujuan kita membangun sebuah blog.

Jika kalian menggunakan blog sebagai sebuah penghasilan murni dngn hitung-hitungan ekonomi, tentunya mungkin saja beberapa hal di atas akan sedikit bertabrakan karena hal tersebut merupakan sudut pandang yang digunakan oleh orang yang menulis murni karena sebuah hobi.

-------------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter