Recent Post

Saturday, January 21, 2017

Pilihan untuk Membeli Mobil Bekas Berkualitas di Bawah 40 Juta

Posted by   on

Pembaca virgabali.com yang luar biasa, saat ini Indonesia telah dibanjiri oleh berbagai macam kendaraan roda empat dengan berbagai model dan harga. Tetapi semurah-murahnya mobil, tetap saja harganya bagi sebagian besar orang masih tergolong mahal.

Lalu bagaimanakah untuk kalian yang karyawan dengan gaji pas-pasan tiap bulan?? memiliki rumah yang jauh dari tempat bekerja ataupun telah memiliki keluarga kecil? Tentu saja pilihannya adalah mengambil kredit mobil baru dengan cicilan yang lumayan dan tidak sebentar. ataukah mengambil sebuah mobil bekas dengan harga yang relatif masih bisa dijangkau.

Mobil bukanlah kebutuhan utama dalam hidup. Sebagian besar memilikinya untuk prestise dan mengikuti gengsi dan tren. Tetapi ada cukup banyak orang yang memiliki kebutuhan dengan kendaraan ini karena pertimbangan untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Lalu menguntungkan kah jika mengambil mobil bekas atau mobil tua?? apa sie kelebihan dan kekurangannya? ayo kita coba kupas tuntas ya gess.

KELEBIHAN MEMBELI MOBIL BEKAS

1. Mesin lebih bandel.
Hal ini sebenarnya relatif dari kualitas barang yang nantinya kalian dapatkan. Tetapi secara mayoritas dalam keadaan normal, karena teknologinya belum terlalu rame dengan berbagai fitur, mobil lama biasanya tidak mengalami masalah-masalah aneh.

2. Bahan bodi lebih tebal dan mantab.
Nah hal ini merupakan rahasia umum. Bisa dikatakan kualitas bodi mobil saat ini begitu tipis, tentu saja untuk menekan harga jual, terutama mobil keluaran Jepang. Mobil tua biasanya berbahan bodi terbuat dari besi asli.

3. Harga yang Murah.
Baik membeli cash ataupun kredit, hal ini akan menjadi pertimbangan utama. Jangan sampai kebutuhan akan mobil membuat keuangan kalian menjadi kacau hanya karena keharusan gengsi untuk membeli mobil baru. Ukur dengan baik kemampuan keuangan kalian.

4. Sparepart rata-rata lebih murah.
Pengertian sparepart murah tentunya dalam kategori tidak melakukan modifikasi. Sparepart umum mobil bekas rata-rata lebih murah dari mobil baru yang notabene memiliki banyak teknologi dan sensor di dalamnya.

5. Harga Jual tidak terlalu berbeda jauh.
Untuk kalian yang ingin melakukan pergantian mobil ke jenis yang lebih baik, tidak akan mengalami kerugian terlalu banyak jika menjual mobil bekas. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan mobil baru yang harga jualnya cukup anjlok.

6. Lebih tepat untuk usaha kecil.
Memiliki usaha kecil dan mengembangkannya membutuhkan modal yang tidak sedikit, dengan mobil bekas, hal ini akan sangat membantu mengurangi beban biaya yang tidak seharusnya.

KEKURANGAN MOBIL BEKAS

1. Kualitasnya Susah ditebak sehingga berpengaruh ke biaya perawatan.
Membeli mobil bekas bisa dikatakan cukup sulit terutama untuk mereka yang tidak mengerti mesin mobil. Jika kalian mendapatkan mobil bekas berkualitas kurang baik, tentunya akan berpengaruh pada biaya perawatan yang tidak sedikit.

2. Mode ketinggalan jaman.
Hal ini memang relatif, karena ada juga orang yang suka dengan mode retro. Tetapi bagian beberapa orang lainnya, timbul rasa malu dan gengsi memiliki mobil tua, Jangankan memiliki, menumpang mobil teman yang tua saja bisa membuat malu.

3. Lebih Boros.
Ini juga merupakan salah satu dari kekurangan mobil bekas. Jenis mesin yang sama, misalnya 1.000cc mobil tua tentunya tidak akan sama dengan 1.000cc injeksi ataupun VVTi dan teknologi baru lainnya.

4. Teknologi tertinggal.
Nah hal ini sudah jelas ya. Banyak fitur terbaru yang tidak akan kalian temukan di mobil bekas, apalagi mobil tua. Tetapi jika kalian hanya membutuhkan sebuah kendaraan transportasi, hal ini bisa dihapuskan dari list. Hehe.

Kembali ke inti utama dari artikel ini, kali ini admin akan memberikan beberapa saran mobil bekas yang berada di bawah 40 juta. Tentunya dengan harga yang relatif murah, bisa terjangkau untuk beberapa orang. Mobil-mobil ini relatif merupakan mobil tua tetapi masih sangat layak dimiliki dan masih banyak berkeliaran di jalan-jalan di Indonesia. Selain itu, untuk pecinta modifikasi, kalian bisa pelan-pelan memodifikasi dan menambah fiturnya untuk memberikan kenyamanan lebih dalam berkendara.

MOBIL TUA PILIHAN di BAWAH 40 JUTA


1. SUZUKI CARRY STATION/PICKUP

Mobil ini punya nilai historis sebagai sebuah mobil niaga tidak tergantikan di Indonesia. Baik jenis pickup dan station/mini busnya bisa dikatakan laris manis. Mobil ini terkenal karena terkenal bandel, perawatan murah, irit dan harganya murah serta harga jualnya pun terjaga. Selain itu, daya angkutnya yang cukup banyak juga menjadi perhitungan. Untuk harga, bisa didapatkan mulai dari belasan juta untuk tahun keluaran awalnya.
----------------------------------------------------------------------------------


2. DAIHATSU ZEBRA SERIES

Saingan Suzuki Carry di jamannya. Kelemahan dari Zebra lama adalah tidak tahan banjir. Tetapi cukup banyak cara saat ini untuk mengakalinya. Tetapi itu hanya terjadi pada Zebra dengan mesin platina. kelebihan dari seri Zebra adalah modelnya yang lebih modern layaknya mini bus travel. Mobil ini cocok untuk keluarga dan niaga. Zebra bisa kalian dapatkan mulai dari harga belasan juta untuk tahun seri awalnya.
----------------------------------------------------------------------------------


3. SUZUKI FORZA

Forza merupakan seri mini sedan dari Suzuki. Bisa dikatakan cikal bakal dari Suzuki Swift. Forza memiliki kelebihan di sisi irit bahan bakar dan teknologinya yang sudah cukup maju dijamannya. Mobil ini telah didukung power steering, power window, AC dll. Harganya bisa ditebus mulai dari 20 jutaan.
---------------------------------------------------------------------------------


4. SUZUKI AMNENITY

Penerus dari Forza atau bisa dikatakan cikal bakalnya Suzuki X-Over. Memiliki badan lebih panjang dan modern serta fitur terkini. Mobil ini ditebus mulai dari 25 jutaan.
---------------------------------------------------------------------------------


5. TOYOTA COROLLA SERIES

Salah satu legenda mobil klasik. Jenis sedan. Toyota ini banyak diburu karena bandel dan sparepartnya cukup banyak di pasaran, terutama untuk modifikasi. Harga bisa didapatkan mulai dari belasan juta.
---------------------------------------------------------------------------------


6. TOYOTA STARLET.

Jenis mini sedan dari Toyota. merupakan saingan langsung Suzuki Forza. Cikal bakal dari Yaris. Bisa ditebus dengan harga mulai dari 20 jutaan.
----------------------------------------------------------------------------------


7. TOYOTA KIJANG

Terkenal sebagai mobil keluarga. Memiliki mesin paling besar di daftar ini. Itu artinya juga paling kuat dan paling boros. Terkenal bandel dan mudah dirawat. Harga berkisar mulai dari 20 jutaan.
-------------------------------------------------------------------------------------

Beberapa pilihan lainnya yang pantas dipertimbangkan yaitu Honda Civic, Nissan E1000, Suzuki Jimny/Katana, Isuzu Phanter, dll. Semua mobil-mobil  tersebut adalah mobil yang terkenal sebagai mobil tua yang bandel dan bisa diandalkan. Jadi memiliki mobil untuk kalian yang memiliki modal pas-pasan bukanlah hanya sebuah mimpi.




Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter