Recent Post

Saturday, February 11, 2017

Cara Merawat Baterai Ponsel yang Baik dan Benar

Posted by   on


Baterai merupakan salah satu komponen terpenting di sebuah ponsel saat ini. Tanpa baterai yang baik tentunya kita tidak akan bisa menggunakan ponsel dengan maksimal. Saat ini, sebagian besar ponsel terbaru menggunakan baterai tanam (built-in) karena baterai jenis ini memang memiliki daya tahan dan kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan baterai yang bisa dicabut pasang.

Admin kali ini akan membagi sebuah artikel bagaimanakah cara merawat baterai ponsel yang benar karena seringkali banyak pengguna memiliki pemahaman yang salah tentang baterai ponsel saat ini. Hal ini tentunya akan menjadi informasi yanh membantu karena biaya untuk penggantian baterai tidaklah murah. Ada beberapa baterai ponsel yang memiliki harga di atas 500 ribu yang tentunya angka ini bukanlah angka yang sedikit bagi sebagian dari kita.

1. GUNAKAN KEPALA CHARGER DAN KABEL DATA ORIGINAL / Berkualitas Baik.

Banyak sekali pengguna ponsel yang meremehkan hal ini. Seringkali kita disudutkan dengan pilihan harga yang murah tetapi kita tidak melihat sisi kualitasnya. Admin menyarankan, tidak ada salahnya jika kalian sedikit berinvestasi untuk membeli charger original yang notabene harganya memang lebih mahal. Biasanya di atas 75rb, begitu juga dengan kabel datanya. Hal ini sangat sensitif terhadap kinerja baterai ponsel saat ini karena charger non original biasanya tidak memiliki spesifikasi yang sama dengan charger pabrikan. Apalagi jika kalian memiliki ponsel yang berharga lumayan. Sudah sewajarnya untuk membeli aksesoris originalnya.

Selain berpengaruh terhadap umur baterai, charger original juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan pengisian dalam proses charging. Beberapa ponsel saat ini yang telah menggunakan fitur "fast/quick charging" menggunakan voltase berbeda untuk pengisiannya.

2. JANGAN GUNAKAN BATERAI PONSEL HINGGA HABIS/MATI TOTAL.

Kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh beberapa dari kita. Entah karena situasi atau memang kebiasaan. Teknologi baterai saat ini, melarang penggunanya untuk menggunakan ponsel hingga habis sekali atau mati total. Jika hal ini terus terjadi, bukan hanya baterai ponsel yang akan rusak, tetapi juga komponen usb power pada mesin ponsel. Jadi berhati-hatilah. Jika dibiarkan, nantinya ponsel tidak bisa dihidupkan walaupun charger telah ditancapkan pada portnya.


3. JANGAN GUNAKAN APLIKASI TIDAK PENTING.

Pengguna ponsel baru biasanya menggunakan ponselnya secara tidak efisien. Banyak aplikasi tidak penting yang mereka gunakan tanpa mempertimbangkan fungsionalitasnya. Walaupun kalian memiliki memori internal yang besar untuk bisa melakukannya, ternyata kebiasaan ini tidaklah sehat untuk baterai dan mesin ponsel. Banyak sekali aplikasi saat ini yang membawa iklan pengganggu. Jadi iklan ini bukannya muncul saat aplikasi digunakan, tetapi muncul saat ponsel sedang tidur atau tidak digunakan. Iklan jenis ini akan terus membangunkan ponsel untuk mendownload data dari internet yang membuat ponsel menjadi tidak bisa beristirahat dan tentunya membuat baterai terus bekerja tanpa henti.

Aplikasi-aplikasi seperti aplikasi manager memori dan penghemat baterai tidaklah efektif digunakan di android versi baru seperti Android Marshmellow dan Nougat. Hal ini dikarenakan android versi ini telah memiliki sistem pintar bernama Doze. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi lain yang mengklaim bisa menghemat baterai, malah sejatinya mengganggu kinerja Doze Android. Jadi berhati-hatilah.

Sejatinya Android saat ini sudah cukup pintar untuk menangani kebutuhan kalian secara normal. Kondisi abnormal biasanya terjadi saat menggunakan aplikasi-aplikasi pembawa iklan jahat (iklan baik tidak apa-apa).

4. GUNAKAN ROM TERBAIK.

ROM merupakan sistem image dari sistem operasi android yang kalian gunakan. Walaupun tidak semua, beberapa vendor biasanya menjual ponsel dengan rom yang masih bermasalah. Karena itulah seringkali kita mendapatkan notifikasi untuk dilakukannya update ke versi terbaru. Teorinya, semakin tinggi versi rom android yang kita gunakan, semakin baik pun kinerja ponsel kita karena biasanya vendor telah memperbaiki masalah-masalah yang ada. Kinerja rom sangat mempengaruhi kinerja ponsel, yang notabene akan berpengaruh pada ringan atau beratnya baterai. Rom yang tidak sehat bisa membuat baterai menjadi panas dan mengurangi umur baterai dengan cepat.

5. KURANGI MENGGUNAKAN PONSEL SAMBIL MELAKUKAN PROSES CHARGING.

Sebenarnya menggunakan ponsel saat proses charging saat ini sah-sah saja. Hanya saja, kurangilah menggunakan dalam kondisi berat. Misalnya bermain game atau memutar video resolusi tinggi. Jika kalian hanya menggunakannya untuk chatting dan sms tentunya tidak akan mengganggu proses charging.

Jika memungkinkan, lakukan pengisian ponsel dalam kondisi mati beberapa kali dalam seminggu agar ponsel bisa benar-benar terisi secara penuh. Baterai ponsel juga akan terkalibrasi ulang saat kondisi mati.

6. JANGAN LETAKKAN PONSEL DI SUHU PANAS.

Ada beberapa orang memiliki kebiasaan meletakkan ponsel di atas tv ataupun kulkas, atau juga di atas dashboard mobil. Kebiasaan ini secara jangka panjang bisa merusak baterai ponsel bahkan komponen lainnya karena terpancarnya suhu panas dan radiasi dari alat elektronik lainnya.

-------------------------------------

Beberapa tips di atas merupakan tips yang bisa kalian cermati dan laksanakan untuk menjaga umur baterai ponsel kalian. Jika kalian telah memiliki informasi yang benar, tentunya tinggal mewujudkannya dalam bentuk kebiasaan. Baterai ponsel saat ini tidaklah murah, terutama yang menggunakan baterai built-in atau non-removeable. Selain itu jika baterai rusak atau drop tentunya akan sangat mengganggu keseharian kita. Jadi mari jaga dan cegah sebelum hal itu terjadi, be smart.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter