Recent Post

Monday, February 13, 2017

Mari Berhemat dengan Investasi Listrik

Posted by   on


Saat ini, pengeluaran rumah tangga merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari. Seringkali juga antara pendapatan dan belanja barang bisa dikatakan tidak balance. Dalam kondisi seperti sekarang ini, melakukan penghematan harus dijadikan suatu budaya dalam berfikir dan bertindak. Salah satu cara berhemat adalah dengan investasi listrik.

Lalu mengapa Listrik??

Listrik merupakan sebuah komponen pengeluaran yang tidak bisa kita hindari saat ini. Maka dari itulah kita harus mengetahui cara untuk menggunakannya dengan bijak.

Apakah yang dimaksud investasi listrik??

Investasi di sini yang admin maksudkan bukanlah dengan mematikan lampu dan menggunakannya seperlunya (ini juga penting) tetapi seperti namanya, investasi, maka kita akan memerlukan sejumlah dana untuk memetik hasilnya nanti (jangan takut gess, ini bukan MLM atau jual produk 😁).

Bagaimanakah caranya berinvestasi Listrik??

Caranya adalah mengganti alat-alat listrik Anda dengan alat yang lebih hemat. Admin telah mempraktekkannya dan telah berhasil menghemat listrik dengan cukup drastis.

Hal pertama yang admin lakukan adalah investasi bola lampu. Investasinya dengan cara mengganti lampu tipe lama dengan lampu LED. Lampu LED terkenal sangat hemat daya dan tahan lama. Lampu biasa yang memerlukan daya 40 watt, bisa kalian ganti dengan lampu LED yang memerlukan daya hanya 7 watt atau 9 watt. Sangat berbeda jauh bukan?

Lampu LED memang tidak murah. Tetapi investasi ini sangat penting dan harus didukung niat yang kuat. Terkadang beberapa dari pembaca tentunya memiliki dana untuk melakukannya tetapi lebih sering menggunakan dana tersebut untuk kepentingan primer/konsumtif yanh sebenarnya kurang penting.

Admin sendiri memilih menggunakan merk dari Ph*lips untuk lampu LED. Pada kotaknya dikatakan mampu bertahan kurang lebih 15 tahun. Tentunya admin juga tidak muluk-muluk. Bisa bertahan 5 tahun saja admin akan cukup puas. Untuk saat ini, lampu-lampu tersebut telah digunakan selama 3 tahun dan tidak ada masalah.

Untuk kalian yang tinggal di perumahan atau BTN dan memiliki keluarga kecil, investasi lampu ini harus dijadikan pertimbangan karena lampu merupakan alat listrik yang pasti kita gunakan setiap harinya.


Investasi kedua yang bisa kalian lakukan adalah pada perangkat televisi. Jika kalian masih memiliki TV Tabung di rumah, admin sarankan untuk diganti dan move on ke TV LED. Mengapa begitu? Karena TV LED memiliki konsumsi listrik yang jauh lebih hemat dari TV Tabung. Ilustrasinya adalah sebagai berikut :

TV Tabung > TV Flat/Plasma > TV LCD > TV LED.

TV generasi LED merupakan tenologi generasi terbaru. Harganya saat ini juga bisa dikatakan lebih terjangkau. Untuk TV LED 32" saat ini berada di kisaran 2 jutaan. Sedangkan TV LED 22" dan 24" dikisaran 1 jutaan. Saat memilih TV LED, kalian juga bisa memilih TV mana yang paling hemat dengan mengecek daya listrik yang dibutuhkan berapa watt.

Investasi ketiga adalah Setrika, Kulkas dan Mesin Cuci. Perangkat-perangkat ini merupakan perangkat yang menyedot listrik cukup banyak dan tergolong boros. Tetapi penghematan bisa kalian lakukan dengan memilih tipe produk tersebut dengan pintar. Beberapa setrika, memiliki daya listrik yang jauh lebih hemat dari tipe lainnya. Biasanya produk hemat listrik ini memiliki harga yang lebih mahal tetapi bisa menekan pengeluaran bulanan kalian selama bertahun-tahun.

Nah ketiga investasi tersebut adalah sesuatu yang harus kalian pikirkan. Tidak ada salahnya berinvestasi lebih untuk menekan pengeluaran bulanan yang makin mencekik. Investasi bisa kalian lakukan bertahap, pelan-pelan saja. Yang penting ada niat dan terus konsisten. Catatan yang perlu kalian perhatikan adalah, Listrik tidak akan turun, malah sebaliknya, akan terus naik dan mahal. Jadi, pintarlah dalam memilih sebuah produk elektronik. Jangan mau menjadi korban iklan vendor dan media.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter