Recent Post

Monday, February 13, 2017

Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Posted by   on


Tidur bagi beberapa orang bukanlah hal yang sulit, bahkan mudah. Beberapa bahkan hanya memerlukan tempat. Tapi di jaman maju dan modern ini, ternyata cukup banyak orang yang terkadang mengalami kondisi kesulitan tidur. Walaupun tidak semuanya tergolong ke dalam kondisi penyakit imsonia, tetapi kondisi susah tidur bisa menjadi gangguan yang sangat menyulitkan.

Nah untuk kalian yang saat ini mengalami gangguan susah tidur, bisa membaca artikel ini, siapa tahu setelah ini gangguan kalian bisa terselesaikan. Oya, satu saja saran dari admin, kalian harus konsisten agar bisa tidur dengan nyenyak lagi.

KETAHUI PENYEBABNYA

Sebelum mencari solusi dari permasalahan yang kalian hadapi, maka kalian harus mengetahui dulu apa sich penyebab gangguan tidur kalian. Admin akan membagi penyebabnya menjadi beberapa bagian :

1. Fisik Internal : fisik secara internal ini artinya ada gangguan di dalam tubuh kalian, dalam hal ini adalah penyakit. Beberapa penyakit akan menyebabkan gangguan pada kinerja organ tubuh dan secara langsung akan mempengaruhi kualitas tidur kalian. Jika ini penyebabnya tentunya solusi satu-satunya adalah menyembuhkan penyakit tersebut terlebih dahulu.

2. Fisik Eksternal : artinya penyebab datang dari luar dan berpengaruh ke fisik kalian, jadi bukan penyakit dalam. Contoh dalam hal ini misalnya kalian kelelahan karena olahraga extreme ataupun karena kelelahan kerja. Solusi untuk ini tentunya adalah dengan membatasi kegiatan fisik kalian agar tidak mengalami kelelahan.

3. Faktor Psikis : ini tentunya adalah faktor pikiran yang dipengaruhi banyak hal dan masalah dalam hidup. Solusinya adalah dengan mengerti diri kalian sendiri.


CARA-CARA UNTUK MENGATASI SUSAH TIDUR

Setelah membaca tentang penyebab-penyebab yang bisa membuat orang menjadi susah tidur, maka sekarang adalah beberapa solusi yang mungkin bisa kalian coba untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Beberapa cara cocok untuk sebagian orang, tapi mungkin kurang berhasil untuk sebagian lainnya. Tapi tentunya kalian bisa mencoba semuanya tahap demi tahap untuk mencari solusi yang pas untuk diri kalian.

1. Kualitas Kamar

Hal yang aneh sebenarnya jika admin membahas tentang hal ini. Tetapi jangan salah, ternyata kualitas kamar, baik itu warna cat kamar, kerapiannya, kebersihannya, dan ventilasi sangat berpengaruh besar terhadap kenyamanan tidur kalian. Kamar yang nyaman, akan secara otomatis membuat kalian nyaman berada di dalamnya. Biasanya sich kondisi kamar adalah cerminan dari kepribadian kalian.

2. Kualitas Tempat Tidur

Selain kamar, kualitas tempat tidur juga berperan penting. Tahukah kalian bahwa ada tipe orang yang tidak bisa atau kurang nyaman tidur di Spring Bed? Tetapi ada juga orang yang tidak nyaman di tempat tidur yang keras. Nah lucunya, ada juga orang yang bisa tidur di segala macam tempat dan waktu.

3. Rumah adalah Rumah, bukan Kantor

Di jaman modern ini, tidak sulit untuk kita menemukan manusia dengan model gila kerja. Entah mengapa, hak ini menjadi tren belakangan ini. Banyak sekali mulai melupakan perbedaan antara kantor dan rumah. Masalah-masalah yang ada di kantor, harus kalian kontrol agar tidak terbawa ke rumah bagaimanapun kondisinya. Hal ini sulit dilakukan, tetapi bukannya tidak mungkin.

4. Nikmati Hidup Anda. Kita bukan Robot

Prinsip uang adalah segalanya sudah membuat orang berjalan ke arah yang salah. Tidak salah untuk mencari uang dalam hidup Anda. Tapi pikirkanlah juga waktu untuk menikmatinya. Ingat, "waktu tidak pernah bisa kalian beli" jadi jangan korbankan waktu anda hanya untuk uang. Tidak selalu menikmati hidup itu menghabiskan uang ataupun berpiknik karena kebahagiaan orang memang berbeda-beda. Menikmati musik dalam ketenangan tanpa gangguan, bermain dengan anak dan cucu, kumpul dengan teman dan keluarga, bermain game, menonton film, dan melakukan hal-hal berkualitas lainnya merupakan sebuah "esensi" dalam hidup.

5. Olahraga Teratur

Nah ini sebenarnya klise sich, semua orang juga tahu. Tapi ternyata penerapannya tidak cukup mudah. Olahraga di sini tentunya bukanlah olahraga nggym membentuk otot dan sebagainya. Tetapi sebuah olahraga ringan tetapi teratur. Misalnya melakukan stretching setiap pagi setelah bangun tidur. Berjalan-jalan di sekitar rumah untuk merilekskan otot kaki dan peredaran darah. Olahraga rutin merupakan cara sehat, tidak perlu yang berat-berat dan lama. Cukup 15 menit hingga 30 menit setiap pagi.

6. Hati-hati dengan Kelelahan dan Dehidrasi

Kembali ke budaya gila kerja, banyak orang juga lupa di mana batas kemampuan fisik, mental dan pikirannya. Parahnya lagi, mereka lupa mengkonsumsi air mineral.

Anda kerja di kantoran, tidak mengeluarkan keringat, lalu berfikir untuk apa saya meminum air?

Tahukah kalian jika duduk lama, dan terpapar udara AC membuat badan cepat dehidrasi tanpa kalian sadari? Selalu ingat untuk mengkonsumsi air mineral secara rutin dan berkala. Saat kalian pulang bekerja, istirahatkan badan di kursi ataupun tempat tidur dan jangan langsung mengambil pekerjaan rumah. Ingat, fisik setiap orang dan setiap umur tidaklah sama.


7. Konsumsi Madu Asli

Kita semua ketahui, madu adalah zat yang mengandung banyak nutrisi. Tahukah kalian bahwa madu memiliki sebuah kandungan yang bisa melemaskan otot dan pikiran? Cukup konsumsi satu sendok setiap hari. Baim secara langsung ataupun diseduh hangat. Ingat, madu asli ya. Karena madu asli tidak mengandung glukosa.

8. Konsumsi Pisang

Buah pisang telah digunakan sebagai induser alami selama puluhan tahun. Namun, banyak dari Anda yang belum mengetahuinya. Buah pisang dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Selain itu, buah ini juga dapat menjadi relaksan otot alami yang membantu tubuh Anda merasa santai dan Anda lebih mudah untuk terbawa ke alam mimpi.

9. Jadikan Musik sebagai Sahabat Anda

Percaya atau tidak, musik dalam sejarah manusia memiliki makna dan arti penting ke hati dan jiwa. Ketahuilah genre musik yang kalian suka, dengan mendengarkannya bisa membuat jiwa lebih tenang dan tentram. Musik-musik dengan beat agak cepat juga memberikan aura positif untuk kebahagian batin.

10. Matikan semua Cahaya

Cahaya lampu, komputer, tv, dan lain sebagainya bisa sangat mengganggu tidur Anda. Lampu kecil yang berkedip-kedip bahkan bisa mengganggu tidur beberapa orang. Salah satu alat elektronik yang paling mengganggu tidur adalah handphone. Katakan pada diri anda, bahwa "saya akan mematikan ponsel saya satu jam sebelum jam tidur saya"

-----------------------------------

Nah beberapa cara di atas adalah beberapa hal yang bisa kalian coba gunakan untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Kesulitan tidur merupakan sesuatu yang sangat mengganggu dan bisa membuat badan lesu dan lemas serta pikiran tidak fokus.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter