Recent Post

Wednesday, March 29, 2017

Cara untuk Membuat Xiaomi MIUI Memiliki Multitasking yang Baik

Posted by   on


Produk Xiaomi terkenal berharga murah dengan tetap memiliki spesifikasi mesin yang cukup baik untuk digunakan. Tetapi tahukah kalian bahwa banyak pengguna Xiaomi yang mengeluhkan sistem android yang disebut MIUI berjalan terlalu agresif? MIUI merupakan sebuah sistem android yang telah dikostumisasi oleh pihak Xiaomi sehingga bisa sangat tampil berbeda dengan Android asli milik Google. Sisi positifnya, MIUI mampu memberikan tampilan yang segar dan berbeda. Tetapi sisi negatifnya, MIUI berjalan lebih berat dari Android aslinya.

MIUI terkenal sangat agresif dalam membunuh aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem. Hal ini membuat ram menjadi lebih bebas tetapi terkadang sangat mengganggu karena ternyata yang dihentikan prosesnya adalah aplikasi yang memang sedang kita gunakan. Nah kali ini admin akan berbagi sedikit tips dan trik untuk memaksimalkan fungsi multitasking sehingga ponsel bisa lebih nyaman digunakan. Ponsel yang menjadi korban percobaan kali ini adalah Xiaomi Mi4 yang memiliki ram 2GB.

Beberapa hal pertama yang harus kalian siapkan adalah :
1. Ponsel dalam kondisi ROOT.
2. Memiliki pemahaman dalam mengutak-atik sistem ponsel.
3. Siap dan paham terhadap resiko yang kemungkinan terjadi seperti bootloop dan mampu mengatasinya.
4. Memiliki aplikasi greenify, jika memungkinkan versi donatenya agar lebih maksimal.

Nah jika kalian sudah siap dengan persiapan di atas, maka mari kita lanjutkan dengan langkah-langkahnya.


1. Masuklah ke pengaturan ponsel dan pilih tentang ponsel/about phone yang berada pada bagian paling bawah.

2. Pada versi MIUI, ketuk 3X untuk mengaktifkan Menu Developer.

3. Masuklah ke menu developer. Menu ini biasanya berada di menu lainnya, di bawah menu penyimpanan pada MIUI8.

4. Pada menu Developer, aktifkan USB debugging. Kemudian pada bagian bawah pada animasi, ubah nilainya menjadi 0.5x. ada tiga menu animasi yang harus kalian ubah di sini.

5. Masih di menu developer, cari lah menu optimalisasi memori, ubah menjadi OFF. Fungsi ini adalah untuk mematikan fitur swap memori yang notabene sebenarnya tidak dibutuhkan untuk ponsel dengan ram 2GB. Setelah kalian mematikan fitur ini, ponsel akan direstart otomatis. Tunggu prosesnya hingga ponsel hidup kembali.

6. Kembalilah masuk ke menu Developer. Pada bagian bawah, kalian akan menemukan lagi pilihan bernama Optimalisasi MIUI. Ubahlah menu ini menjadi OFF. Maka ponsel akan restart kembali. Tunggu hingga ponsel hidup kembali.

7. Kali ini, masuklah ke pengaturan ponsel dan cari menu baterai dan performa. Pada menu ini, kalian akan menemukan pilihan Animasi Sistem dan ubah pilihan menjadi Sembunyikan sistem animasi. Maka ponsel akan melakukan restart kembali. Tunggu hingga proses selesai dan ponsel hidup kembali.

8. Kembali masuk ke pengaturan baterai dan performa, pilihlah menu ketiga yaitu Manage App with battery use. Masuk ke menu ini pilih OFF pada power saving mode. Pilihan ini membuat MIUI tidak seaggresif sebelumnya dalam mengatur minfree ram. Fungsi ini akan kita gantikan dengan fitur dari Greenify yang akan dibahas di bagian bawah.


9. Setelah semua langkah di atas, mari kita masuk ke home/launcher ponsel. Carilah menu bernama security/keamanan. Buka aplikasi ini dan pilih ikon gear pada pojok kanan atas untuk mengakses pengaturan aplikasi keamanan.

10. Pada menu pengaturan pilihlah Cleaner/pembersih. Pada menu cleaner, ada beberapa pengaturan yang harus kalian matikan atau OFF yaitu :

Bersihkan Otomatis
Scan Memori Aplikasi
Update Otomatis
kurang berfungsi dengan baik karena prinsip ponsel pintat atau pc windows adalah menggunakan ram sebaik mungkin. Fitur cleaner sendiri untuk membersihkan file-file sampah seringkali salah. Terkadang file game save bisa menghilang karena fitur ini. Fungsi cleaner nantinua bisa digantikan oleh Sdmaid pro yang notabene tidak berjalan otomatis dan tidak memberatkan sistem.

11. Masih di pengaturan keamanan ini, kini masuklah ke menu penggunaan baterai atau Battery Usage. Di menu baterai ini, matikan beberapa menu yaitu :

Batteray Drain Notification
Heating Notifications

12. Masih di menu keamanan, kini masuklah di menu virus scan. Matikan fitur-fitur di bawah ini :
Virus Update
Scan sebelum pasang aplikasi
hal ini kita lakukan karena sistem android sendiri baik Playstore dan Playservice telah melakukannya

13. Setelah beberapa hal krusial di atas, kali ini kalian bisa lebih bebas dalam mengatur kinerja memori ram ponsel kalian. Caranya bagaimana?? Lets go to the next step

PENGUNCIAN APLIKASI DI RAM

Bukalah beberapa aplikasi yang ingin kalian agar tetap berjalan di sistem dengan baik, admin contohkan whatsapp dan bbm. Setelah aplikasi itu kalian buka, tekn tombol recent app yang biasanya tombol paling kiri maka akan muncul daftar aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Pada aplikasi whatsapp, geser ke bawah dan pilih gambar kunci. Done. Ulangi untuk beberapa aplikasi yang paling sering kalian gunakan. Contoh admin suka mengunci aplikasi bbm, whatsapp, contact dan sms.

AKTIVASI IJIN PROSES STARTUP

Akses ini bisa kalian lihat di menu utama pada aplikasi keamanan atau security. Pilihlah menu permissions kemudian pilih autostart. Berikan ijin pada aplikasi-aplikasi seperti whatsapp dan bbm. Jika kalian menggunakan launcher lain seperti nova, berikan juga ijin ini. Kemudian berikan juga ijin pada SuperSU dan Greenify.

MAKSIMALKAN GREENIFY UNTUK MEMAKSIMALKAN RAM DAN BATERAI

Buka aplikasi greenify, pilih menu pada pojok kanan atas dan pilih pengaturan atau settings.
Ubahlah beberapa pengaturan seperti di bawah ini :


Pada menu utama grennify, aturlah aplikasi mana saja yang kalian masukkan di daftar tidur greenify. Aplikasi-aplikasi tersebut nantinya akam tertidur otomatis saat layar dimatikan untuk menghemat baterai. Caranya adalah dengan memilih tombol + di pojok kanan atas, kemudian pilihlah beberapa aplikasi kemudian tekan tanda centang/checklist.

Aplikasi yang admin sarankan untuk tidak digreenify adalah aplikasi chatting (bbm, line, whatsapp dll), launcher (nova dll), dan aplikasi lain yang kalian butuhkan. Jika kalian tidak ngfans berat dengan facebook, ada baiknya aplikasi ini juga digreenify karena terkenal haus akan baterai.

Nah cara di atas adalah cara-cara yang harus kalian tempuh untuk mendapatkan miui yang lebih gegas dalam bermultitasking. Selamat mencoba.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter