Recent Post

Monday, March 13, 2017

Mengapa Ponsel sekarang banyak tidak menggunakan Kartu Memori??

Posted by   on


Apakah kalian adalah salah satu pengguna ponsel yang memiliki pertanyaan seperti di atas? Ponsel-ponsel mahal atau yang dianggap memiliki performa tinggi saat ini sudah mulai meninggalkan fitur memori eksternal atau sdcard. Kita lihat saja seperti Apple iPhone dan beberapa produk android seri atas. Tentunya hal ini dilakukan oleh vendor ponsel bukannya tanpa alasan. Mari kita kupas tuntas ya gess ..

1. LEBIH HEMAT DAYA.

Slot memori eksternal tentunya membutuhkan daya baterai saat mengaksesnya. Rata-rata ponsel membutuhkan daya sebesar 0.2 mAh untuk melakukannya. Apalagi jika kita melakukan operasi dalam jumlah besar dan lama. Selain itu, dalam keadaan diam pun ternyata slot ekternal tetap menyedot daya ponsel.

2. PERFORMA LEBIH CEPAT.

Penggunaan slot memori ekternal membuat pengalaman yang berbeda-berbeda terhadap banyak pengguna ponsel. Hal ini disebabkan tidak semua pengguna menggunakan kualitas sdcard yang baik. Pada umumnya untuk mendapatkan hasil yang baik, minimum kalian harus menggunakan kartu memori dengan standar class 10 bahkan lebih. Bahkan admin biasanya lebih suka menggunakan memori dengan standar UHS-II saat ini. Selain itu, kecepatan kartu memori jauh lebih lambat jika dibandingkan kecepatan memori internal ponsel saat ini.

Beberapa ponsel bahkan memiliki memori internal dengan kecepatan lebih dari 100x kecepatan kartu memori eksternal. Hal ini membuat vendor ponsel dengan mudah bisa memberikan pengalaman terbaik yang sama untuk setiap pengguna ponsel mereka. Akses data menjadi jauh lebih cepat dan stabil.

3. MEMORI INTERNAL SAAT INI SUDAH BERUKURAN CUKUP BESAR.


Dengan kemajuan teknologi, ukuran memori internal ponsel saat ini sudah tidak bisa dikatakan kecil lagi. Rata-rata ponsel saat ini memiliki memori di kisaran 16GB, bahkan beberapa waktu ke depan standarnya akan diubah menjadi 32GB. Belum lagi kita lihat beberapa bahkan sudah dipersenjatai memori berukuran super besar yaitu 256GB. Dengan performa yang lebih stabil, memori eksternal tidak lagi dibutuhkan sebagai pilihan.

4. ADANYA PENYIMPANAN CLOUD

Walaupun belum begitu populer di Indonesia, tetapi arahnya sudah mulai terlihat. Seperti penggunaan aplikasi musik streaming layaknya Joox, Spotify, Apple Music dan lain-lain merupakan arah baru penyimpanan data digital. Selain hemat memori, penggunaan musik dan video streaming ini lebih terup-to-date dan berkualitas karena merupakan karya original. Bukan lagi produk bajakan yang biasanya digunakan di Indonesia. Tentunya ini tidak lepas dari adanya penetrasi jaringan 4G LTE yang sangat membantu.

5. DESIGN LEBIH MENARIK.

Hilangnya slot atau komponen memori eksternal akan memudahkan vendor untuk membuat design ponsel yang lebih minimalis dan cantik tentunya. Selain itu, hal ini juga akan mengurangi adanya "lubang" pada bodi ponsel sehingga bisa mengurangi kemungkinan masuknya debu atau cairan ke bagian mesin ponsel kita tercinta.

-------------------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter