Recent Post

Saturday, March 25, 2017

Penasaran Mengapa Ponsel Branded seperti Samsung & Sony itu mahal? Ini jawabannya!

Posted by   on


Siapa sich yang tidak mengenal vendor ponsel besar seperti Samsung, Sony, Apple dan lainnya? Siapa juga yang tidak mengatahui bahwa harga produk-produk mereka terkenal lebih mahal jika dibandingkan dengan produk ponsel China yang memiliki spesifikasi setara? Nah kali ini virgabali.com akam membeberkan alasan-alasannya mengapa hal tersebut bisa terjadi.

1. Image dan Branding

Ini adalah salah satu alasan pembeli membeli produk branded. Dengan adanya branding dan image, merupakan suatu alasan tersendiri untuk memuaskan gengsi pembeli. Bisa dikatakan juga merupakan sebuah kebanggaan untuk memiliki ponsel-ponsel sekelas Samsung, Sony ataupun Apple. Vendor branded juga tidak mungkin memposisikan produknya dengan harga murah agar tidak berkesan murahan. Tentunya hal ini tidak bisa dinilai dengan uang, sama halnya dengan membeli tas berharga ratusan juta rupiah. Yang pembeli beli adalah kepuasan dirinya.

2. Biaya Riset untuk menjadi yang Pertama.


Vendor besar biasanya memiliki insinyur-insinyur teknologi berkelas dunia, begitu juga dengan designer produknya. Hal ini merupakan tanggung jawab mereka untuk selalu menghasilkan produk dengan fitur "pertama" dibandingkan kompetitor. Fitur-fitur seperti Super Slow Motion video, Audio berkualitas tinggi, Kamera dengan autofocus teecepat merupakan jawaban dari keberadaan team RnD mereka. Dan ini tidaklah murah. Biaya untuk mengembangkan riset tersebut tidaklah sedikit dan pada akhirnya dibebankan sebagai cost produksi untuk pelanggan mereka.

3. Kualitas Garansi Terbaik.

Vendor seperti Samsung dan LG terkenal memiliki layanan garansi terbaik. Ini tentunya tidak lepas dari layanan kerjasama dengan banyak distributor. Hal ini juga yang menyebabkan biaya juga bertambah dan berujung pada harga jual akhir. Tetapi di satu sisi akan memberikan kenyamanan kepada pengguna produk mereka.

4. Kualitas Produk / Quality Controll.


Vendor ponsel besar biasanya memiliki kualitas kontrol produk yang berbeda dengan vendor kecil atau startup. Untuk menjaga nama baik mereka, tentunya lebih banyak hal yang diperhatikan dan waktu produksi juga bisa lebih lama dari produk lainnya. Kerja sama dengan produsen perakit juga haruslah dengan produsen yang memiliki nama besar seperti Foxxconn. Tentunya mereka tidak mungkin menyerahkan proses produksinya kepada perusaan perakitan kelas bawah yang kualitasnya masih belum stabil.

Empat alasan tersebut adalah alasan-alasan mengapa produk-produk baik dari Samsung, LG, Sony, Apple dan yang lainnya terkenal "overpriced" jika dibandingkan vendor China seperti Xiaomi dan kawan-kawan. Kesan overpriced sendiri memang terlihat jika kita hanya melihat spesifikasi mesin yang digunakan. Tetapi pada poin-poin tertentu atau sudut pandang berbeda, kita akan menyadari bahwa sebenarnya produk-produk branded memiliki added value lainnya yang memang pantas dihargai lebih mahal. Tentunya hal ini akan kembali lagi ke kondisi keuangan calon pembeli. Apakah yang sebenarnya kalian ingin beli?

----------------------------

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter