Recent Post

Thursday, March 2, 2017

Ponsel Murah Meriah dari Smartfren

Posted by   on


Salah satu hal yang baik dari sebuah ponsel yang dikunci atau dikontrak oleh pihak provider adalah adanya subsidi harga. Hal ini tentunya berlaku juga untuk produk-produk Smartfren. Dari yang admin ketahui, Smartfren satu-satunya provider di Indonesia yang melakukan kontrak langsung dengan produsen ponsel untuk melakukan rebranding. Operator atau provider lainnya hanya sebatas bundling saja.

Proses rebranding ini bisa membuat Smartfren meluncurkan ponsel-ponsel murah di pasaran yang kualitasnya cukup menjanjikan, terutama untuk pasar menengah dan entry level.

Adalah Smartfren Andromax A yang mencuri perhatian admin. Hal ini karena harga yang ditawarkan pihak Smartfren bisa dikatakan sangat murah dengan spesifikasi yang "mencukupi" untuk penggunaan sehari-hari. Lalu seperti apakah Andromax A ini? Layakkah untuk dibeli?

Yang pertama kalian sadari saat melihat ponsel ini, tentu saja kesan murahnya. Bodi yang digunakan adalah plastik. Designnya simple layaknya ponsel android pada umumnya. Tidak ada yang spesial. Tentunya kalian harus ingat bahwa ponsel ini hanya dibanderol seharga Rp. 649.000 saja.

Asiknya, Andromax A menggunakan layar yang cukup luas yaitu seluas 4.5". Dengan layar seluas ini, Andromax bukan ponsel dengan layar kecil karena masih lebih besar daripada Iphone SE, tetapi tidak sebesar ponsel-ponsel saat ini yang umumnya berukuran 5". Untuk kalian yang menggunakan ponsel untuk komunikasi utama, andromax A akan nyaman di tangan. Admin bisa berpendapat seperti itu karena admin pernah menggunakan ponsel dengan luas yang sama sebelumnya.


Dari sisi performa, andromax A menawarkan sebuah prosesor Snapdragon 210 milik Qualcomm. Ini juga bisa admin katakan kelebihan tersendiri karena prosesor dari Qualcomm cukup bandel dan tahan lama. Walaupun secara teknis seri 210 ini tidak "kuat" untuk memainkan game-game berat. Sejatinya ponsel ini bukanlah dibuat untuk itu. Tetapi lebih ke fitur komunikasi dan internet. Tetapi game-game ringan bisa berjalan baik karena prosesor ini memiliki 4 inti core dengan kecepatan 1.1 Ghz. Biasanya ponsel di kisaran harga ini hanya memiliki ponsel 2 inti.

Beralihke memori internal, ponsel ini diperkuat memori 8GB yang lagi-lagi menurut admin ini merupakan kelebihan. Pada harga ini atau bahkan lebih, biasanya ponsel hanya memiliki memori sebesar 4GB saja. Jadi dengan 8GB, tentunya kalian bisa lebih memasang aplikasi-aplikasi kesayangan.

Beralih ke sisi kinerja multitasking, untuk sekian kalinya admin akan memberikan apresiasi ke Andromax A ini. Dengan harga Rp. 649.000, smartfren mampu memberikan ponsel ini dengan memori ram sebesar 1GB. Dengan ram sebesar ini, ponsel ini akan cukup mampu untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sosial media dengan baik. Ini dikarenakan sistem operasi yang digunakan tidak neko-neko. Jadi murni menggunakan Android AOSP milik Google dengan sedikit penyesuaian.

Pada sisi jaringannya, andromax A telah diperkuat dengan jaringan 4G Smartfren pada sim1. Sedangkan sim2 bisa bebas menggunakan operator gsm lainnya. Admin rasa belum ada ponsel lain di harga ini yang menawarkan jaringan 4G. Walaupun terkunci.

Sisi menarik lainnya adalah pada sisi kamera. Andromax A dipersenjatai dengan kamera sebesar 5 megapixels baik untuk sisi depan dan belakang. Bedanya, kamera depan hanya menggunakan sistem fixed fokus, berbeda dengan kamera belakangnya.

Yang lagi-lagi mengejutkan, Andromax A telah menggunakan baterai sebesar 1.950 mAh. Bisa admin katakan ini lebih dari cukup di harga ini. Selain itu beberaa fitur pendukung seperti Snapdragon Audio+, Bluetooth versi 4 juga menjadi bonus menggembirakan.

Andromax A bukanlah Apple iPhone, bukanlah Sony Xperia, bukan juga Samsung Galaxy S7. Tetapi Andromax A merupakan sebuah ponsel yang dibuat agar masyarakat bisa merasakan sebuah ponsel yang cukup nyaman digunakan untuk berkomunikasi, berinternet kencang ala 4G LTE dan juga sebuah ponsel yang nyaman di saku.

Andromax A merupakan sebuah pilihan yang bijak untuk kalian yang memiliki budget pas-pasan tetapi ingin merasakan nikmatnya 4G, asiknya seru-seruan di sosial media, atau sekedar mau kepoin mantan di Facebook? Harganya hanya Rp. 649.000 dan itupun masih dengan internet gratis selama setahun.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter