Recent Post

Monday, March 27, 2017

Ubah Foto Lamamu menjadi Foto Digital

Posted by   on


Foto merupakan sebuah produk yang diciptakan untuk mengabadikan moment-moment berharga dalam hidup. Terkadang nilai moment tersebut tidak bisa digantikan oleh apapun, termasuk uang. Adakah dari kalian yang memiliki foto-foto lama dari foto film atau kamera saku jaman dulu? Ada tentunya. Kenangan itu begitu berharga dan kalian juga tidak ingin kenangan-kenangan itu hilang karena dimakan waktu bukan?

Nah kali admin akan mengenalkan sebuah aplikasi bernama Photoscan yang dibuat oleh Google untuk platform Android. Konsepnya sederhana, untuk men-digitalisasi foto-foto film lamamu. Aplikasi dengan konsep pintar ini dibuat dengan tujuan sederhana. Membackup foto kenanganmu ke dalam format digital sehingga jika foto fisiknya telah rusak, masih ada data tersimpan dalam bentuk digital nantinya. Selain itu kalian juga bisa menampilkan foto-foto kenangan tersebut ke dalam slideshow di TV ataupun untuk berbagi kenangan bersama keluarga di sosial media.

Untuk menggunakan aplikasi ini, ada baiknya kalian juga menggunakan ponsel android dengan kamera yang cukup berkualitas agar hasilnya bisa maksimal. Penggunaan aplikasi ini sendiri gratis dan sangat mudah digunakan.

Untuk aplikasinya bisa kalian download langsung di Google Playstore : DOWNLOAD


Nah cara menggunakan Photoscan ini cukup mudah. Letakkan foto kalian di bidang yang datar. Jika bisa lalukanlah ditempat cukup cahaya. Buka aplikasi Photoscan dan letakkan ponsel di atas fotomu dengan jarak sekitar 20cm. Posisikan pinggir foto pada frame layar kamera ponselmu dengan tepat. Kemudian tekan tombol pengambil foto.

Setelah kalian menekam tombol shutter, maka akan muncul beberapa lingkaran berwarna putih. Gerakkanlah ponsel kamera ke arah lingkaran tersebut, maka akan terlihat proses prosesing data yang dilakukan oleh alogaritma Google Photoscan. Setelah proses tersebut selesai, maka akan muncul foto hasil scanning tersebut. Ingat, foto tidak langsung tersimpan di galeri kalian. Pilihlah menu simpan semua foto agar foto hasil scanning bisa muncul di galeri. Oya, kalian bisa melakukan proses simpan ini setelah men-scanning beberapa foto sekaligus.


Hasil foto hasil scanning dari aplikasi Google Photoscan ini cukup rapi dam tidak memiliki glare. Saat kita ingin memfoto ulang sebuah foto, biasanya akan muncul glare (sinar putih) yang mengganggu tetapi tidak di aplikasi ini. Foto hasil scanning akan tersimpan sebagai foto digital dengan resolusi 3 megapixels. Resolusi ini cukup untuk dicetak ulang dalam ukuran 3R. Menurut Google, resolusi foto bisa lebih dari itu tetapi hanya untuk ponsel jenis tertentu seperti Google Pixels saja. Ke depannya beberapa ponsel lain juga akan diberikan update untuk mendapatkan resolusi foto lebih besar. Kita tunggu saja.

Oya satu lagi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jika kalian ingin serius men-restorisasi foto kalian, ada baiknya setelah proses scanning selesai, lakukanlah proses editing terhadap foto-foto tersebut dengan aplikasi pengolah foto. Di android kalian bisa menggunakan Google Snapseed, sedangkan di PC atau laptop kaliaj bisa menggunakan Photoscape ataupun Photoshop.

Selamat mencoba,

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter