Recent Post

Sunday, May 21, 2017

Agustus, Suzuki Jimny kembali ke Indonesia!!

Posted by   on


PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya bersiap menghidupkan kembali mobil legendarisnya, Jimny. Setelah dipamerkan tahun lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), kali ini Suzuki bersiap memasarkan Jimny anyar itu di Indonesia.

Hal ini diketahui dari sumber internal PT SIS. Sumber itu memberikan bocoran bila Jimny siap dipasarkan pada Agustus 2017 mendatang juga melalui ajang GIIAS. Ya, artinya mobil legendaris ini mulai dipasarkan Suzuki di pesta akbar otomotif terbesar di Indonesia itu.

Dari bocoran yang diperoleh Redaksi Oto.com, diketahui Suzuki Jimny terbaru ini dijual hanya dalam satu varian, matik. Sementara terdapat banyak pilihan warna yang dapat dipilih, sampai 8 yakni putih, silver, hijau, coklat, hitam, dark grey, abu-abu dan merah.


Sementara keterangan dari sumber internal Suzuki menjelaskan, Jimny didatangkan secara utuh dari Jepang. Sebelumnya, Suzuki memberikan kepastian bila pihaknya mulai menjual Jimny tahun ini. Namun PT SIS tidak memberi penjelasan kapan mobil yang populer di 80-an ini dijual kembali.

Jimny menggunakan mesin berkapasitas 1.328 cc VVT dengan kode M13A RWD/AWD. Mesin berbahan bakar bensin 4-silinder DOHC 16-valve dengan teknologi Variable Valve Timing (VVT) ini, sudah familiar di tanah air sejak era Suzuki Aerio hingga SX4 Cross terbaru yang tetap mengandalkan mesin M15A.

Tenaga yang dihasilkan mesin M13A sebesar 82 PS dan torsi 110 Nm. Transmisi yang dipasangkan, otomatis konvensional 4-percepatan dan menggerakkan keempat roda melalui pilihan tombol 2WD, 4WD dan 4WD-L untuk medan lebih berat.

Posisi default pada 2WD menggerakkan roda belakang, bila menekan tombol 4WD keempat roda terhubung hingga high-gear, sementara 4WD-L terhubung dengan rasio low-gear saja.

Model 4WD part-time tergolong simple, tidak ada differential tengah untuk mengatur hubungan antara roda belakang dan depan. Semuanya hanya tergantung pilihan tiga model penggerak melalui aktivasi secara elektronik.

Lantas harganya? Bila Jimny yang dipasarkan importir umum (IU) berkisar Rp 400 jutaan, nampaknya Suzuki bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah. Jimny dijual dengan banderol sekitar Rp 270 jutaan. Menarik!

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter