Recent Post

Sunday, May 21, 2017

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Posted by   on


Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai tampilan yang cantik daripada sisi performa.



Lalu apakah alasan admin memilih rom ini? Mari kita jelajahi!!

1. Dibangun dengan Source Murni Android.

Dengan rom yang bersifat pure, rom ini berjalan begitu cepat dan stabil. Bisa dikatakan semua fitur berjalan dengan sangat baik tanpa kendala.

2. Didukung Tema Substratum OMS Terbaru.

Telah didukung fitur tema dari Substratum yang merupakan turunan dan pengembangan dari tema layer milik team Sony. Sistem tema ini terkenal berjalan dengan sangat ringan.

3. Menggunakan driver camera open source bernama OSS Camera HAL.

Berbeda dengan rom berbasis aosp lainnya, rom ini menggunakan driver camera yang berbeda dan memiliku hasil yang cukup baik terutama di siang hari. Walaupun fitur HDR sendiri mungkin belum bisa sejajar dengan HDR Pro di rom MIUI.

4. Penggunaan daya yang Sangat Hemat.

Salah satu kelebihan terbaik dari rom ini. Fitur dayanya sangat bisa diandalkan. Admin sangat menyukainya. Rom terhemat dengan performa tetap ciamik.

5. Menggunakan driver audio milik MIUI.

Kualitas suara speaker di rom MIUI ternyata digunakan juga di rom ini sehingga keluaran suara di speaker terdengar bening dan keras, plus ngbass. Berbeda dengan rom aosp lain yang terkadang agak sedikit "cempreng". Fitur ini juga aktif di penggunaan headset/earphone.

6. Sudah Pre-Root.

Rom ini hadir dengan fitur root yang stabil dengan SuperSU. Cukup memudahkan sehingga tidak perlu root manual.

7. Mudah diPasang ViperFX.

Salah satu aplikasi favorit yang wajib diinstall oleh admin, yaitu ViperFX. Buat kalian pecinta musik tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi audio super ini. Salah satu kelemahan android terbaru adalah cukup sulitnya untuk dipasang ViperFX. Tetapi di rom ini cukup mudah.

8. Kinerja RAM dan CPU yang Luar Biasa.

Dengan sistem yang sangat ringan, tentunya hal ini akan berimbas terhadap banyak hal. Contohnya daya baterai. Hal ini karena rom ini mampu memberikan kinerja penggunaan memori dan cpu yang tepat.

9. Support fitur Sunlight Display.

Ini merupakan fitur otomatis yang membuat tampilan ponsel di bawah terik mataharu bisa tetap terlihat jelas dengan mengatur tingkat kontras pada text menjadi lebih tajam. Fitur ini juga berpengaruh pada tampilan foto.

KELEMAHAN ROM AOSP CAF 7.1.2

Rom ini bukannya tanpa kelemahan, kali ini admin akan beberkan kelemahan-kelemahan yang admin temukan.

1. Rom yang terlalu murni dan sederhana.

Hal ini bisa dikatakan bermata dua, tergantung bagaimana kita melihatnya. Bagu beberapa orang, hal ini merupakan kekurangan karena tampilan ponselnya akan sama dengan ponsel lain, yang bahkan biasanya lebih murah. Karena rom ini murni tanpa kustomisasi di sisi penampilan. Tapi fitur tema sebenarnya membuatnya menjadi berbeda.

2. Tidak Suport Offline Charging untuk Saat Ini.

Di versi saat ini, salah satu "bug" yang admin temukan adalah ponsel Mi4 admin menjadi tidak bisa dicas dalam kondisi ponsel mati. Developernya sendiri telah menemukan masalahnya dan akan diperbaiki di versi selanjutnya.

Nah itu adalah review yang bisa admin berikan untuk rom favorit admin ini. Untuk kalian yang mau merasakan MI4 kalian menjadi cepat, ringan dan nyaman, maka ini adalah rom yang wajib dicoba. Keawetan baterai dan ponsel yang dingin menjadi beberapa alasan banyak orang mencintai rom ini. Salam Droid!!

LINK DOWNLOAD ROM AOSP CAF
MI4 LTE
MI4W
MI3

DOWNLOAD ROM ON XDA

* Link download terbaru ada di halaman belakang forum. Jika admin tidak salah ada di halaman 120 jika kalian mengaksesnya dari PC, jika menggunakan ponsel, kemungkinan di halaman yang berbeda.

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter