Recent Post

Saturday, July 15, 2017

Telegram Diblokir. Kenapa Ya?

Posted by   on


Pengguna internet Indonesia, tahukah kalian aplikasi telegram? Aplikasi ini sering disebut sebagai kloningnya whatsapp. Tetapi sebenarnya tidak. Aplikasi yang dibuat oleh anak muda dari Rusia ini sebenarnya memiliki beberapa fitur unggulan yang bahkan kemudian ikut diimplementasikan oleh aplikasi pesan instan lainnya, termasuk Whatsapp.

Saat admin membaca berita di beberapa media digital Indonesia, disebutkan bahwa Menkominfo telah meminta surat pemblokiran Telegram di Indonesia karena dianggap sering digunakan sebagai media komunikasi terorisme. Kelebihan Telegram sendiri memang adalah privasinya yang super aman. Bahkan saat ini belum ada pihak yang mampu menjebolnya walaupun telah dibuatkan sayembara berhadiah $300.000 (4M rupiah).

Pengamanannya yang ketat inilah sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga tidak bisa dilacak oleh pihak kepolisian. Tetapi jika analoginya seperti itu, tentunya sedikit aneh. Karena cukup banyak pihak-pihak lain yang menggunakannya dengan cara yang positif, misalnya kepentingan bisnis. Salah satunya adalah server pulsa. Trafik yang besar serta kemampuan Telegram menghadirkan fitur auto bot juga menjadi kelebihan tersendiri untuk traksaksi keuangan.

Analoginya seperti ada mobil yang menabrak pengendara jalan, yang disalahkan adalah mobilnya, bukan supirnya. Seperti inilah yang seringkali terjadi di Indonesia. Padahal sebenarnya jika aplikasi Telegram diblokir, apakah menjamin bahwa nantinya pihak-pihak tertentu tidak akan menggunakan aplikasi lainnya yang saat ini, hampir semua aplikasi pesan instan telah menggunakan fitur keamanan pesan terenkripsi yang tidak bisa dilacak?? Jadi pada akhirnya, sama saja bukan?

Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter