Recent Post

Thursday, September 21, 2017

Cara Merawat Ponsel dengan Baik dan Benar

Posted by   on

Ponsel saat ini bisa dikatakan bukan lagi sebuah kebutuhan sekunder ataupun primer. Bagi banyak orang, alat komunikasi ini telah menjadi sebuah kebutuhan primer yang tidak tergantikan, bahkan bisa dikatakan sebagai pacar kedua. Begitu pentingnya sebuah ponsel membuat kita harus menggunakan dan menjaganya dengan baik. Ini bukan tentang harganya muraj atau mahal, tetapi fungsi dan pentingnya data-data yang ada di dalamnya.

Kali ini admin akan memcoba berbagi tips untuk menjaga ponsel kalian agar tetap awet sehingga bisa terus digunakan dalam jangka waktu lama.

1. Gunakanlah Tempered Glass dan Case.

Saat membeli ponsel untuk pertama kalinya, adanya baiknya kalian langsung membeli pelindung ponsel baik itu pelindung layar seperti tempered glass dan pelindung bodi ponsel seperti hardcase dan softcase. Tetapi jangan sembarang membeli ya.Belilah yang kualitasnya cuku0 baik agar tidak malah merusak cat atau bodi ponsel jika digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Usahakan untuk selalu menggunakan charger original.

Charger atau pengisi daya adalah salah satu aksesoris paling krusial untuk ponsel. Jangan coba-coba untuk membeli charger KW atau abal-abal jika kalian sayang dengan ponsel kalian. Kalian tidak harus membeli charger dengan merk yang sama. Kalian bisa menggunakan charger dari merk ponsel yang berbeda asal portnya kompatible, tetapi harus dengan status original. Hal ini sangat berpengaruh dengan kelistrikan yang akan masuk ke ponsel kalian. Sedikit saja kelistrikan dari charger bermasalah, maka mungkin saja akan membuat kalian harus say good bye dengan si ponsel.

3. Hati-hati Powerbank Abal-abal.

Sama pentingnya dengan charger, powerbank adalah salah satu sumber listrik ponsel. Saat ini, jujur saja, cukup banyak powerbank abal-abal yang beredar di pasaran dengan kualitas yang sulit diukur. Penggunaan powerbank yang memiliki kelistrikan kurang baik, akan berpengaruh besar kepada daya tahan baterai dan power supply ponsel.


4. Bersihkan Ponsel dengan Tissue.

Satu atau dua bulan sekali, usahakan untuk melepas ponselmu dari case pembungkusnya. Bersihkan lah bodi ponsel menggunakan kertas tisu kering agar bakteri, noda dan minyak yang menempel bisa hilang. Dalam jangka waktu lama, jika ponsel tidak dilepas dari casenya, bisa menimbulkan bercak noda ataupun jamur di bodi ponsel. Jika sudah terjadi, tentunya kasian donk si ponsel jadi ngga keren lagi!

5. Hati-hati dengan Peringatan Memory Penuh!

Seringkali (biasanya wanita), suka mengabaikan peringatan memori penuh pada ponsel. Saat peringatan ini muncul, artinya kalian harus menghapus data-data yang tidak perlu, terutama data sampah sistem yang disebut cache dan thumbnail. Lalu apakah yang akan terjadi jika hal ini diabaikan??

Ponsel akan mati mendadak jika memory internalnya yang kepenuhan atau kartu memori akan korup dan tidak bisa digunakan lagi. Tergantung memori mana yang mengalami peringatan ini.

6. Bijaklah Memasang Aplikasi & Game.

Setiap ponsel tentunya memiliki batasan dalam memasang aplikasi dan game. Selalu biasakan untuk memasang aplikasi yang memang benar kalian gunakan setiap harinya. Jangan memasang aplikasi hanya untuk coba-coba dan kemudian lupa menghapusnya. Hal ini akan berpengaruh besar kepada jumlah memory, kinerja ponsel dan tentunya daya baterai jika ada banyak aplikasi tidak penting yang berjalan di belakang sistem.

Selain itu, ada cukup banyak aplikasi gratisan yang biasanya membawa iklan dan notifikasi tidak penting yang akan membuat ponselmu menjadi berat. Selain itu tentunya akan menyedot paket data milikmu.

7. Letakkan Ponsel di Kantong atau Tas tanpa Bergesekkan dengan Barang Lain.

Saat membawa ponsel, usahakan tidak meletakkannya di tempat yang sama dengan barang lain, misalnya kunci sepeda motor. Hal ini agar layar ataupun bodi tidak lecet dan tetap mulus.

8. Perhatikan Lensa Kamera Ponsel saat meletakkannya di suatu tempat.

Beberapa ponsel seri atas biasanya sudah menggunakan lensa kamera anti gores tetapi cukup banyak yang tidak. Lensa kamera adalah bagian paling sensitif dari ponsel yang paling sulit dijaga. Hal ini karena lensa kamera berpengaruh sangat penting terhadap kualitas foto yanh dihasilkan. Sedikit saja lensa tergores, walaupun goresan halus, maka akan membuat perbedaan pada jatuhnya cahaya. Jadi jaga baik-baik ya bagian ini.

9. Istirahatkan Ponsel saat panas sudah berlebih.

Jika ponsel kalian mengalami suhu yang meningkat tajam, ada baiknya untuk mengistirahatkannya sejenak. Suhu yang panas di atas 50 derajat agak kurang baik untuk komponen-komponen ponsel didalamnya.


Nah itu adalah beberapa tips yang bisa admin bagikan untuk kalian semua. Mudah-mudahan ponsel kita semua bisa tetap awet dan aman sentosa ya.


Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter