Recent Post

Saturday, September 9, 2017

Kolaborasi Google & Xiaomi yang Menghasilkan Mi A1 (Android One)

Posted by   on



Bisa dikatakan, mencintai produk Xiaomi dan mencintai android milik Google tidaklah mudah. Ini dikarenakan Xiaomi tidak pernah menggunakan Android versi murni/asli milik Google di dalam produk mereka. Pecinta Android yang memiliki produk Xiaomi harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan rasa "Google" dengan cara modding.

Tetapi itu tidak terjadi lagi, paling tidak untik produk terbaru milik Xiaomi ini. Secara diam-diam, ternyata beberapa waktu lalu pihak Google dan Xiaomi melakukan sebuah kolaborasi untuk menghadirkan ponsel Android One terbaru.

Untuk kalian yang belum tahu, project Android One ini merupakan proyek ponsel murah milik Google untuk penetrasi android di negara-negara berkembang. Di Indonesia sendiri, proyek ini pernah diambil oleh trio produsen lokal yaitu Evercoss, Mito dan Nexian. Dan laku keras.

Kali ini proyek Android One bisa dikatakan sudah naik kelas karena produk yang akan dirilis oleh Xiaomi ini memiliki harga di atas 2 juta (bahkan mungkin 3 juta rupiah).

Ponsel bernama Mi A1 ini sendiri sebenarnya merupakan kembaran dari ponsel Xiaomi Mi5x. Hanya saja perbedaannya, Mi A1 menggunakan Android versi asli milik Google yaitu versi Vanilla.


Lalu apakah kelebihan android Google ini? Karena dibuat langsung oleh yang punya android, maka ponsel-ponsel android one ini akan memiliki dukungan update ke versi android terbaru nantinya seperti Android O (oreo), bahkan android P. Versi android asli ini juga akan memberikan performa maksimal, gegas dan kencang.

Lalu apa sajakah fitur dari Mi A1 (Mi5x) ini :

1. Layar seluas 5.5" dengan resolusi HD berjenis LTPS IPS.
2. Ram 3GB atau 4GB, internal 32GB & 64GB
3. Prosesor Qualcomm, Snapdragon 625.
4. Anti gores Gorilla Glass.
5. Dual Kamera Belakang,
     - Sony 12 Mpx, 26mm, F/2.2
     - Sony 12 Mpx, 50mm, F/2.6 (Dual LED Flash)
Dua kamera yang ada di Mi A1 ini memiliki konfigurasi untuk tele zoom. Jadi Mi A1 mampu melakukan zoom lensa sebanyak 2x tanpa mengurangi kualitas resolusi foto (mirip kamera digital). Konfigurasi ini sama dengan Xiaomi Mi6 dan Iphone 7.
Untuk ketajaman kameranya sendiri memiliki nilai di 1.25 um. Sebagai perbaingan, ponsel kamera terbaik saat ini yaitu Google Pixels memiliki ketajaman kamera 1.5 um.
6. Baterai 3.080 mAh.
7. Fitur hibrid dual sim.

Nah itu adalah beberapa fitur Xiaomi Mi A1. Jika kalian pecinta produk Xiaomi + Android Google, maka ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan keduanya.


Hey Gess, Ingat juga untuk follow kita di IG ya - Virgabali Official Instagram
Join Our Newsletter