Skip to main content

Cara Menggunakan ATM Setoran Tunai


Kali ini admin akan membuat sebuah artikel cara untuk menggunakan salah satu jenis ATM yang ada di Indonesia. Mengapa admin membuat artikel ini?? Bagi admin sendiri, penggunaan jenis ATM ini sepertnya masih kurang populer, tidak seperti saudaranya yaitu ATM Penarikan tunai. Padahal jika dilihat sisi efisiensinya, ATM ini sangat berguna karena membuat kita tidak perlu repot mengantri di teller bank hanya untuk menabung uang beberapa ratus ribu ataupun beberapa juta. Oke agar tidak terlalu banyak basa basi, mari kita langsung menuju artikelnya.Sebagai contoh, admin akan menggunakan ATM milik Bank Mandiri karena bank ini adalah satu bank terbesar di Indonesia.


CARA MENGGUNAKAN ATM SETORAN TUNAI

1. Saat masuk ke area ATM dengan beberapa unit ATM, perhatikan bagian atas ATM. Carilah ATM dengan tulisan ATM setoran tunai.

2. ATM Setoran tunai memiliki bentuk yang agak berbeda dengan ATM tarik tunai karena pada bagian tengahnya terdapat kotak untuk meletakkan uang kalian, bentuknya sendiri mirip tong sampah yang ada di hotel-hotel ataupun perkantoran elit.


3. Persiapkan uang kalian, lebih baik kalian mempersiapkannya di rumah. Ini dikarenakan ATM setoran tunai hanya menerima uang dalam kondisi baik dan cukup rapi. Untuk nominal, ATM setoran tunai hanya menerima pecahan uang Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Jika uang kalian kurang rapi atau berantakan, mesin ATM akan mengembalikannya. Ada baiknya jika kalian juga menyusunnya dalam urutan benar. Jadi sisi gambar berada berurutan. Kalian bisa mencampur uang pecahan 50 ribu dengan 100 ribu jika kalian mau.

4. Pertama, kalian harus memasukkan kartu ATM kalian pada slot kartu. Biasanya terletak di atas kotak uang ataupun di sisi kanan. Slot ini memiliki gambar logo kartu dan biasanya bernyala biru.

5. Masukkan PIN kalian, kemudian lihat instruksi di layar. Penutup kotak uang akan terbuka dan Kalian akan diminta untuk memasukkan uang kalian.

6. Letakkan posisi uang di dalam kotak uang ATM dengan posisi vertikal mengikuti bentuk mesin hitung. Setelah itu mesin ATM akan melakukan penghitungan dan hasilnya akan muncul di layar. Jika ada uang yang tidak masuk kategori baik ataupun uang palsu, maka kotak akan terbuka kembali dengan mengeluarkan uang bermasalah tersebut. Kalian bisa memasukkan uang beberapa lembar sekaligus ataupun satu lembar, misalkan kalian hanya ingin menabung Rp. 50.000 saja.

7. Setelah uang masuk dan dihitung, maka akan muncul rincian jumlah lembar masing-masing nominal pada layar. Periksalah jumlah tersebut. Pada sisi menu akan muncul pilihan jika kalian ingin memilih uang tersebut untuk setoran (menabung ke rekening sendiri) ataupun di transfer ke rekening lain.

8. Setelah memilih menu yang kalian inginkan. Maka pilih selesai dan mecabut kartu ATM kalian kembali. Oya kalian juga bisa mengecek saldo kalian langsung di ATM tersebut untuk sekedar memastikan jumlah saldo terbaru kalian. Selain itu kalian juga akan mendapatkan bukti setiap transaksi.

NB : Jika kalian mengalami masalah pada ATM, baik setoran tunai dan penarikan tunai, jangan panik. Catatlah nomor seri ATM tersebut, catat lokasi ATM  tersebut kemudian hubungi cabang Bank terdekat atau hubungi call center mereka. Untuk pengguna baru ATM biasanya paling sering terkena masalah kartu ATM yang tertelan oleh mesin ATM. Hal itu sebenarnya terjadi karena kita kurang paham dengan metode pengamanan transaksi ATM Bank.

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Mengenal Ponsel - Perbedaan eMMc dan UFS

Untuk kamu pecinta gadget atau smartphone, kali ini admin akan berbagi informasi tentang emmc dan UFS. Sebelum membeli sebuah ponsel, tentunya kalian biasanya mencari ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Walaupun mencari harga yang murah dan menyesuaikan dengan isi kantong, spesifikasi ini tentunya sangat perlu untuk dijadikan acuan agar tidak membeli ponsel dengan harga yang kemahalan (tidak sesuai antara harga dan speknya). Di salam sebuah ponsel terdapat sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan pengguna. Tempat penyimpanan ini sering disebut dengan memori internal. Nah memori ini pada umumnya menggunakan jenis emmc dan ufs. Emmc sering digunakan pada ponsel dengan harga seri bawah. Ponsel dengan memori emmc biasanya ditujukan untuk budget phone. Memori jenis ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dan daya tahan standar. Berbeda dengan saudaranya yang bernama UFS. UFS biasanya digunakan pada ponsel menengah ke atas. Pada dunia PC/laptop/komput