Skip to main content

Nikmatnya Nasi Sela (singkong) Sangeh Bali

Obyek wisata sangeh adalah sebuah tempat wisata dengan hutan lindung yang merupakan tempat hidupnya kera-kera di Bali. Tempat ini berlokasi di Desa Sangeh yang merupakan wilayah kabupaten Badung di Propinsi Bali.

Tempatnya cukup teduh dan mudah di akses dari Kota Denpasar. Selain Hutan wisata sangeh, di dekat tempat ini juga terdapat obyek wisata Tanah Wuk dan Air Terjun Nung Nung. Tanah Wuk merupakan sebuah tempat yang sering digunakan sebagai tempat outbond, rekreasi keluarga dan Bio tubing untuk kalian yang suka kegiatan rafting.

"Tetapi yang akan admin bahas sebagai inti artikel kali ini bukanlah tempat-tempat wisata tersebut, tetapi kuliner makanan yang ada di tempat ini"

Adalah Nasi Sela, sebuah makanan khas Bali yang bisa kalian temukan di Desa Sangeh ini. Kuliner ini akan kalian lihat di sepanjang jalan baik sebelum dan sesudah obyek wisata Hutan Sangeh. Nasi Sela adalah nasi yang disajikan dengan dicampur singkong. Tentunya kuliner tidak asing juga di daerah-daerah lain. Tetapi yang membuatnya unik adalah perpaduan nasi dicampur singkong yang dibungkus kecil-kecil dan sajian pelengkapnya.

"Nasi sela biasanya disajikan dengan sate babi. Tentunya ini bukan santapan yang tepat untuk teman-teman kita yang muslim"

Sate babi yang disajikan dicampur dengan bumbu khusus yang membuatnya makin nikmat disantap. Selain sate, kalian juga diberikan sambal pelengkap. Di beberapa pedagang, mereka juga seringkali melengkapi sajian pelengkap lain seperti tum lindung (belut), tum ayam, sayur plecing (kangkung), dan sajian khas Bali lainnya.

Berbagai paduan tersebut terasa semakin lengkap dengan sajian minuman berupa es kuud (es kelapa muda) asli. Es kelapa muda di beberapa pedagang yang admin ketahui,  

"menggunakan air kelapa muda asli tanpa perasa buatan. Tentu saja hal itu membuatnya semakin nikmat dan menyehatkan"

Satu hal yang kalian perlu ketahui adalah, kuliner ini merupakan kuliner rakyat. Harga murah meriah tetapi dengan rasa yang nikmat membuat tempat kuliner ini sering diserbu wisatawan di hari libur, terutama wisatawan domestik. Harga nasinya sendiri hanya berharga Rp. 3.000 per bungkusnya. Untuk sate berkisar Rp. 5.000'n. Kuliner yang cukup murah bukan untuk sebuah tempat wisata??

Selain kuliner yang mendukung, tempat ini juga memiliki udara yang cukup sejuk dan pemandangan yang cukup hijau karena masih banyak sawah di tempat ini. Mayoritas kuliner nasi sela di tempat ini juga disajikan dengan cara lesehan sehingga sangat mendukung untuk mengobrol dengan orang-orang terdekat kalian.

Lokasi : sepanjang jalan di Desa Sangeh
Harga Makanan : Rp. 3.000 sd Rp. 15.000

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang m…

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai ta…

Cara untuk Membuat Xiaomi MIUI Memiliki Multitasking yang Baik

Produk Xiaomi terkenal berharga murah dengan tetap memiliki spesifikasi mesin yang cukup baik untuk digunakan. Tetapi tahukah kalian bahwa banyak pengguna Xiaomi yang mengeluhkan sistem android yang disebut MIUI berjalan terlalu agresif? MIUI merupakan sebuah sistem android yang telah dikostumisasi oleh pihak Xiaomi sehingga bisa sangat tampil berbeda dengan Android asli milik Google. Sisi positifnya, MIUI mampu memberikan tampilan yang segar dan berbeda. Tetapi sisi negatifnya, MIUI berjalan lebih berat dari Android aslinya.

MIUI terkenal sangat agresif dalam membunuh aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem. Hal ini membuat ram menjadi lebih bebas tetapi terkadang sangat mengganggu karena ternyata yang dihentikan prosesnya adalah aplikasi yang memang sedang kita gunakan. Nah kali ini admin akan berbagi sedikit tips dan trik untuk memaksimalkan fungsi multitasking sehingga ponsel bisa lebih nyaman digunakan. Ponsel yang menjadi korban percobaan kali ini adalah Xiaomi M…