Skip to main content

Rahasia dan Cara Bermain Pokemon GO

Pokemon GO
Satu minggu ini mungkin adalah penampilan perdana yang apik untuk game mobile bernama Pokemon GO. Jika diperhatikan, di hampir semua media nama Pokemon GO muncul tanpa henti. Tetapi tidak semua orang benar-benar mengerti mengapa game ini bisa tampil fenomenal terutama di Indonesia.

KOLABORASI BEBERAPA PERUSAHAAN BESAR DUNIA

Francise Pokemon sendiri sebenarnya sebuah nama yang memang terkenal di dunia. Beberapa seri gamenya selalu menjadi hits di hampir semua negara di saat peluncurannya. Sebut saja beberapa game yang muncul di perangkat game Nintendo gameboy, gameboy advance, nintendo DS dan yang terbaru di perangkat Nintendo 3DS.

Tetapi kehadiran game tersebut tentunya tidak bisa menyentuh kalangan non gamer. Karena itulah dibuat sebuah game mobile untuk smartphone android dan ios yang brbasis lokasi menggunakan GPS yang ada di ponsel.

contoh AR pada Pokemon GO
Game Pokemon GO dikembangkan oleh beberapa perusahaan besar seperti Nintendo, Pokemon Company (milik Nintendo) dan Niantic (startup yang dikembangkan oleh Google). Pengembang yang membuat game Pokemon GO sendiri merupakan sosok orang yang berada di belakang aplikasi Google Maps dan Google Earth. Jadi tidak aneh tentunya untuk melihat kemiripan dan hubungan beberapa aplikasi tersebut.

KARAKTER YANG MENARIK

Tidak bisa dipungkiri, karakter pokemon disukai oleh semua orang. Lucu, imut dan adorable merupakan karakter dari makhluk bernama Pokemon. Francise pokemon hadir di semua lini. Mulai dari fashion, buku bergambar, trading card, acara televisi hingga film bioskop.

KONSEP BERMAIN YANG BERBEDA

Saat ini belum banyak game berbasis lokasi yang benar-benar menarik di perangkat mobile. Pokemon GO ingin menjadi pionir tentunya. Cara bermain yang memaksa pemain untuk keluar rumah juga cukup menarik. Belum lagi pemain dipaksa untuk menempuh jarak tertentu untuk menyelesaikan beberapa bagian pada game ini, sebut saja proses penetasan telur.

Selain menggunakan geo lokasi, pokemon GO juga menggunakan teknologi AR (augmented reality) pada kamera ponsel yang membuat seolah-olah pokemon berada di lingkungan pemain.

APAKAH YANG PERLU KALIAN KETAHUI TENTANG POKEMON GO??

berbagai menu pada game Poekmon GO
Banyak pengguna ponsel di Indonesia mencoba memainkan game pokemon GO karena latah atau hanya sekedar ikut-ikutan saja. Kehebohan berita tentang game ini membuat banyak orang mencoba untuk memainkannya walaupun cenderung banyak trainer (sebutan di pokemon) tidak mengerti apa yang mereka lakukan. Mungkin pemain ketahui hanyalah tentang menangkap dan mengoleksi pokemon saja.

Kali ini admin akan berbagi informasi dari banyak sumber tentang apa sajakah yang perlu diketahui tentang Pokemon GO ini.

1. Belum resmi, Game Pokemon GO saat ini belum resmi dirilis di Indonesia. Peluncurannya sendiri merupakan peluncuran awal yang disebut initial rilis di beberapa negara. Jadi tidak aneh jika kalian menemukan masalah di game ini.

2. Platform Pokemon GO, dirilis untuk dua platform ponsel pintar yaitu IOS dan Android dengan spesifikasi minimal Android Kitkat (4.x). Jadi siapkan ponsel kalian sesuai dengan spesifikasi tersebut.

3. Full GPS Tracking. Game Pokemom GO menggunakan GPS untuk melacak keberadaan kalian dan menghitung jarak tempuh. Jadi jangan heran jika baterai ponsel kalian akan terkuras habis dengan cepat karena GPS yang selalu aktif.

4. Outdoor Game, Untuk menemukan pokemon cepat, kalian harus bergerak. Menunggu saja akan membuat lambat munculnya pokemon terutama jika level kalian telah di atas level 5. Kecuali kalian menggunakan item tertentu.

Menu transfer pokemon menjadi candy
5. TRANSFER, Transfer adalah menu pilihan untuk merubah pokemon kalian menjadi candy yang bisa digunakan untuk menambah kekuatan ataupun untuk evolusi pokemon yang sama.

6. POWER UP, Powerup adalah menu pilihan untuk menambah kekuatan pokemon kalian (disebut dengan CP = combat poin). Kalian membutuhkan stardust dan candy dengan jumlah tertentu untuk powerup.

7. EVOLVE, Evolve merupakan pilihan untuk mengubah pokemon kalian ke bentuk lain (evolusi). Proses evolusi membutuhkan candy dengan jumlah tertentu.

8. STARTDUST DAN CANDY, Stardust didapatkan dengan menangkap pokemon, mendapat medal, ataupun saat naik level.
Candy didapatkan dengan mengorbankan satu pokemon. Candy Pokemon A, hanya bisa digunakan untuk pokemon A dan evolusinya.

CP Bar penentu kekuatan pokemon
9. CP (combat poin), merupakan standarisasi kekuatan seekor pokemon. Semakin besar CP artinya semakin kuat pula pokemon tersebut. Ada banyak hal yang dipengaruhi oleh CP ini.
Admin sendiri masih bingung apakah lebih baik melatih pokemon dengan CP kecil dan dipowerup atau apakah menggunakan pokemon liar dengan CP bawaan yang besar. Karena CP bar memiliki batasan.

Pada game pokemon original sendiri, semakin kecil level pokemon yang kita latih sendiri akan memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan pokemon liar dengan level yang sama.

10. POKESTOP, adalah istilah untuk tempat-tempat tertentu di kota kalian di mana kalian bisa mendapatkan pokeball, telur pokemon ataupun item-item lainnya. Pokestop ditandai dengan warna biru pada peta. Saat kalian berada di dekat pokestop, putar gambar pokestop untuk mendapatkan item.

11. POKEMON GYM, merupakan tempat di mana kalian akan menggunakan pokemon kalian untuk bertanding. Pokemon GYM di bagi menjadi 3 team yang bisa kalian akses setelah menyentuh level 5. Kalian akan diminta untuk memilih salah satu dari team tersebut.
Jika gym tersebut adalah team yg sama dengan kalian, kalian bisa melatih pokemon kalian untuk bertanding di sana. Jika kalah maka kalian tidak akan terkena pinalti. Tetapi hal berbeda jika kalian menantang gym team lain. Jika kalian kalah maka kalian akan dikenakan pinalti.

Untuk mengetahui team mana yang memiliki gym tersebut, lihatlah warna tower tersebut. Team dibedakan menjadi 3 warna, kuning, biru dan merah.
Jika kalian berhasil mengalahkan gym leader di gym team lain, maka gym tersebut akan menjadi gym team kalian. Atau disebut overtake.

12. MIKROTRANSAKSI, Kalian bisa melakukan mikrotransaksi untuk membeli pokemon coin dengan kartu kredit ataupun potong pulsa. Coin bisa digunakan untuk membeli pokeball ataupun item lainnya.

menu telur pokemon GO
13. TELUR POKEMON, Untuk menetaskan telur pokemon, kalian harus meletakkannya di dalam incubator. Perhatikan status telur tersebut. Jika pada status tertulis 2KM, itu artinya kalian harus berjalan, berlari ataupun menggunakan sepeda sejauh jarak tersebut.

Kalian bisa saja menggunakan motor untuk melakukannya, tetapi tetaplah jaga kecepatan kalian tidak lebih dari 30 KM/jam. (><)
Untuk melihat telur, pilih menu pokeball pada bagian tengah, pilih pokemon dan geser ke arah kiri.

14. LOKASI, Lokasi berbeda artinya pokemon yang berbeda juga. Inilah yang memaksa pemain untuk menjelajah tiap tempat untuk mendapatkan pokemon.

15. SKILL, Tiap pokemon walaupun pokemon yang sama, memiliki skill dan CP yang berbeda.

16. FAKE GPS. Saran admin jangan coba-coba menggunakan fake gps untuk memalsukan lokasi kalian karena hal ini akan membuat akun kalian di blokir oleh Niantic dan Nintendo.

Itu adalah beberapa informasi yang bisa admin bagikan untuk pembaca setia virgabali.com. Tetap aktif dan energik, salam pokemon, catch them all!!

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Mengenal Ponsel - Perbedaan eMMc dan UFS

Untuk kamu pecinta gadget atau smartphone, kali ini admin akan berbagi informasi tentang emmc dan UFS. Sebelum membeli sebuah ponsel, tentunya kalian biasanya mencari ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Walaupun mencari harga yang murah dan menyesuaikan dengan isi kantong, spesifikasi ini tentunya sangat perlu untuk dijadikan acuan agar tidak membeli ponsel dengan harga yang kemahalan (tidak sesuai antara harga dan speknya). Di salam sebuah ponsel terdapat sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan pengguna. Tempat penyimpanan ini sering disebut dengan memori internal. Nah memori ini pada umumnya menggunakan jenis emmc dan ufs. Emmc sering digunakan pada ponsel dengan harga seri bawah. Ponsel dengan memori emmc biasanya ditujukan untuk budget phone. Memori jenis ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dan daya tahan standar. Berbeda dengan saudaranya yang bernama UFS. UFS biasanya digunakan pada ponsel menengah ke atas. Pada dunia PC/laptop/komput