Skip to main content

Air Terjun Tersembunyi di Apit Yeh Manikyang Tabanan


Pada kesempatan kali ini, admin berkesempatan melakukan sebuah perjalanan ke sebuah daerah perbukitan di kabupaten Tabanan bagian utara. Tempat yang admin datangi adalah sebuah desa bernama Desa Apit Yeh. 

Tempat ini adalah sebuah lokasi yang berada di wilayah kecamatan Selemadeg Tabanan. Dekat dekat dengan daerah Megati dan Bajra.  Tempatnya sendiri cukup terpencil dikarenakan terkendala akses jalan yang kurang bagus beberapa waktu yang lalu. Tetapi untuk saat ini, 70% perjalanan sudah terlalui dengan jalan yang cukup baik, baik itu jalan aspal dan beton/semen. Obyek kali ini yang akan kita kupas tuntas adalah sebuah air terjun kecil bernama Air Terjun Sing Sing.

Admin awalnya tertarik dengan keberadaan air terjun ini dikarenakan sebuah foto yang sempat diupload di media sosial Instagram. Berbekal sedikit caption di foto tersebut, admin akhirnya memulai proses pencarian informasi di internet via mbah Google. Menemukan informasi tentang air terjun Sing Sing ternyata tidak mudah

Sangat sedikit sekali info tentang obyek tersebut. Ini disebabkan karena nama air terjun Sing Sing ternyata cukup banyak digunakan di beberapa daerah. Parahnya lagi, di lokasi aslinya terdapat tiga air terjun bernama sama. Nah karena dua dari air terjun tersebut terlihat hampir mirip dengan air terjun pada umumnya, maka admin memutuskan untuk menginvestigasi satu air terjun saja yang terletak di daerah Apit Yeh Manikyang.  

"Untuk menemukan lokasi air terjun ini ternyata sama sulitnya dengan mencari informasinya di internet"

Daerah Manikyang ini merupakan daerah yang bisa kalian temukan melalui beberapa jalan akses. Jalan yang admin lewati adalah dengan melalui jalan Denpasar-Gilimanuk. Jika dari daerah Tabanan kota atau Kediri, kalian harus mengambil arah ke barat ke arah Gilimanuk. Setelah menelusuri jalan besar beberapa puluh kilometer kalian akan menemukan sebuah desa bernama Megati. 

Di Desa ini terdapat sebuah pertigaan dengan sebuah patung besar Garuda Wisnu Kencana (jika admin tidak salah), ambilah jalan ke arah utara beberapa puluh meter hingga kalian menemukan sebuah tikungan yang juga merupakan sebuah pertigaan dan ambilan jalan ke utara. Jalan ini merupakan jalan ke arah Gunung Salak. Karena daerah ini bukan daerah yang umum untuk di akses, bertanyalah pada penduduk sekitar jika kalian merasa kurang yakin.

Di daerah Gunung Salak, temukan sebuah pertigaan yang menggunakan jalan semen menurun ke arah kiri. Laluilah jalan ini untuk menuju Desa Sesandan. Di Sesandan ini, ikutilah jalan untuk menuju Desa Manikyang. Jalannya agak rusak sehingga kalian harus berhati-hati. Setelah perjalanan panjang tersebut, maka  kalian wajib bertanya kepada penduduk Desa Manikyang tentang keberadaan air terjun ini. Posisi air terjun ini sendiri berada di area Subak. Mengapa admin mewajibkan untuk bertanya?  

"Tidak ada satupun papan petunjuk untuk menemukan air terjun Sing Sing"

Apa yang dilalui untuk menemukan air terjun ini bisa dikatakan akan menjadi sebuah perjalanan panjang terutama untuk kalian yang sama sekali tidak pernah berkunjung ke daerah Selemadeg Tabanan. Sepanjang perjalanan, terdapat banyak pepohonan rindang, persawahan, desa-desa penduduk, sungai dan bahkan area hutan lebat. Pastikan untuk memeriksa kesiapan kendaraan kalian sebelumnya. Untuk roda empat, usahakan membawa mobil dengan kategoring touring ready seperti Jeep. Siapkan juga perbekalan seperti air mineral dan makanan. Serta satu lagi, bersiaplah untuk kehilangan sinyal internet untuk beberapa saat. 

Tidak seperti air terjun pada umumnya yang telah terkenal di area Bali lainnya. Air terjun Sing Sing bisa dikatakan masih sangat alami. Tempatnya tidak jauh dari jalan utama dan cukup menuruni beberapa puluh anak tangga untuk menemukannya. Saat admin datang ke air terjun, tempat ini benar-benar sangat sepi. Tidak ada pengunjung satupun.  

"Yang terdengar hanya suara air terjun dan gemericik air sungai"

Air sungai di air terjun Sing Sing ini tergolong tidak deras, cukup mudah untuk dilalui. Sisi menarik dari air terjun ini adalah karena bentuk bebatuan yang melebar sehingga air terjun Sing Sing terlihat memanjang ke samping. Sayangnya saat admin berkunjung, arus airnya tidak terlalu deras sehingga tidak semua bebatuan terkena jatuhnya arus air. Pada sisi seberang sungai, terdapat sebuah gazebo untuk beristirahat dan berteduh.

Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat mandi penduduk desa. Admin mengetahuinya karena saat berbalik pulang, admin bertemu dengan beberapa penduduk desa, kira-kira 6 orang, yang bersiap untuk mandi di air terjun tersebut.

Potensi untuk air terjun ini sebenarnya ada, minimal untuk warga di sekitar daerah Selemadeg dan Tabanan. Keberadaannya yang cukup jauh mungkin sedikit menyulitkan bagi mayoritas penduduk Bali terutama karena akses jalan yang belum 100% baik.  

"Tetapi apa yang admin nikmati di air terjun Sing Sing ini adalah proses menemukannya"

Menjelajahi daerah baru, melewati jalan-jalan rusak, perbukitan, sawah, pepohonan, hutan, bahkan harus berhenti beberapa kali untuk bertanya ke penduduk desa adalah kenimatan yang berbeda. Belum lagi jika dihitung harus memutar beberapa kali karena salah jalan. Oya, selama perjalanan, ternyata cukup banyak juga turis-turis yang admin temui menggunakan mobil-mobil jeep yang ternyata sedang bertualang juga di daerah ini.

Di bawah ini adalah sebuah video kecil tentang air terjun Sing Sing dari virgabali.com :


Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google. Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF , artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm. Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih meny