Skip to main content

Budaya pakaian adat ke Pura yang makin berani dan menantang

Selama ini admin selalu membuat artikel yang banyak menyangkut tema kuliner, informasi, tutorial ataupun tentang teknologi. Kali ini sedikit berbeda, kita akan membahas tentang budaya sosial masyarakat khususnya di pulau Bali.

Warga umat Hindu, melakukan kegiatan keagamaannya dengan datang ke pura untuk bersembahyang. Secara umum, biasanya orang-orang yang datang menggunakan pakaian kebaya untuk wanita dan baju koko/safari untuk yang pria. Seiring dengan perkembangan jaman, pakaian adat itupun mulai terkena sentuhan dari sisi design. Tentunya itu tidak salah, hanya saja, sebatas manakah hal itu bisa dilakukan?

Saat ini jika kita datang ke pura untuk bersembahyang, tentunya bukan hal aneh kita melihat berbagai macam baju dengan berbagai model digunakan baik pria dan wanita.

Apakah pembaca pernah bertemu wanita dengan kebaya yang hampir transparan? Atau kebaya dengan jaring-jaring tipis? Pernah melihat seorang wanita yang menggunakan kain dengan model terbelah dan pahanya sedikit terlihat? Banyak remaja wanita juga saat ini menggunakan kebaya lengan pendek agar lengan atasnya terlihat. Atau mungkin pria yang bajunya ada logo klub motornya? Apakah itu salah? Tentunya tidak.

Itulah yang disebut dengan transisi karena terjadinya kemajuan jaman. Yang menjadi pertanyaan admin tentu saja, sejauh mana perkembangan moral kita saat ini. Kembali ke awal, apakah tujuan kita datang ke pura? Pantaskah kita ke pura dengan baju seperti itu?

Admin sendiri pernah bertemu seorang wanita, yang saat itu sedang sembahyang di sebuah pura besar. Tidak ada yang aneh sebenarnya dengan pakaian yang dia gunakan. Hanya saja, wanita tersebut bersembahyang tanpa melepas kacamata hitam yang digunakan, mungkin karena cuaca saat itu cukup panas. Salah? Tentu saja tidak.

Mungkin karena admin kurang "gaul" saja maka hal seperti itu terlihat aneh. Mungkin besok, kita akan melihat orang bersembahyang dengan menggunakan payung untuk bersembahyang ke pura. Besoknya lagi, mungkin jas hujan.

Itulah budaya yang terbentuk karena kemajuan jaman dan perubahan. Salah benarnya tentunya tidak bisa kita tentukan. Kembali ke diri masinh-masing saja untuk merenungkan benar dan salahnya. Masing-masing individu tidak mungkin menegur dan menyalahkan karena kita masyarakat Bali masih memiliki sifat budaya timur untuk saling menghormati pendapat masing-masing, termasuk dalam cara berpakaian.

Jika bisa diterima, admin menyarankan, khusus untuk datang ke pura, gunakanlah apa yang mestinya anda gunakan. Sopan dan rapi, itu kuncinya. Gunakan apa yang kalian miliki tanpa perlu memaksakan diri. Untuk pakaian yang eksotis, bisa kalian gunakan di tempat dan waktu yang berbeda. Misalnya ke acara hajatan dan perayaan.

Tulisan di atas adalah pendapat admin pribadi semata, bagaimanakah dengan Anda??

-------------------------------------------------------------

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google. Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF , artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm. Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih meny