Skip to main content

Cara Membuka Rekening Tabungan di Bank

Banyak penduduk Indonesia saat ini yang belum tersentuh dengan layanan perbankan di Indonesia. Tentu saja ini karena memiliki beberapa alasan yang sulit untuk dikemukakan. Terkadang alasannya sendiri terdengar tidak masuk akal. Karena takut dan malu. 

Tidak mengetahui caranya. Takut bertanya. Tentu saja mindset atau cara berfikir seperti itu harus mulai diubah karena seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Karena itulah admin akan memberikan sedikit informasi tentang cara membuka sebuah rekening tabungan di bank secara umum.

PERSIAPAN SEBELUM MEMBUKA REKENING TABUNGAN

1. Pilihlah Bank yang cukup dekat posisi anda saat ini.

Tidak usah memaksakan diri untuk membuka rekening di bank yang sulit diakses oleh anda. Perhitungan posisinya dan letak ATM nya sebelum menentukan pilihan.

2. Jangan terpengaruh oleh nama besar sebuah bank.

Masih terkait dengan poin di atas. Saat ini telah cukup ada banyak bank dengan kualitas kredibel dan memiliki pelayanan memuaskan. Tidak salah untuk menggunakan layanan bank dengan nama paling terkenal, tetapi akan jadi menyulitkan jika bank tersebut ternyata letaknya cukup jauh dari posisi anda saat ini.

3. Tentukan tujuan anda dalam menabung.

Sebuah bank memiliki cukup banyak produk pilihan yang dibuat untuk kebutuhan anda. Jika anda adalah pebisnis yang membutuhkan akses ke fitur seperti ATM, m-banking dan i-banking, pilihlah bank yang memiliki fitur lengkap tersebut.

Tetapi jika kalian menggunakannya hanya untuk menabung dan fitur ATM, pilihlah produk bank dengan kategori itu. Ini tentunya akan berimbas pada biaya administrasi bulanan yang harus kalian bayar tiap bulannya.

Tidak perlu ikut-ikutan teman atau mengejar gengsi dengan menggunakan produk bank yang administrasi lebih mahal.

Atau mungkin jika kalian adalah pedagang/pebisnis yang membutuhkan layanan antar jemput tabungan setiap harinya, kalian bisa menggunakan fasilitas dari BPR (bank perkreditan rakyat) yang sama-sama diawasi juga oleh OJK dan di jamin juga oleh LPS pemerintah.

4. Siapkan persyaratannya.

Ada baiknya sebelum datang ke bank, persiapkan persyaratannya dengan baik. KTP adalah hal wajib. Kemudian siapkan juga sejumlah tabungan untuk membuka rekening awal. 

Beberapa bank besar memiliki jumlah minimal yang harus kalian setorkan di awal pembukaan tabungan. Biasanya Rp 500.000.
Beberapa produk tabungan seperti Simpedes BRI menggunakan nominal minimal yang lebih kecil yaitu Rp. 100.000 tetapi tidak untuk BRItama.

LANGKAH - LANGKAH MEMBUKA REKENING TABUNGAN DI SEBUAH BANK

1. Datanglah ke bank pilihan anda.

2. Ambil antrean ke bagian Customer Service. Jika kalian bingung untuk cara pengambilan antreannya, bertanyalah pada satpam bank yang selalu siap membantu anda.

3. Saat bertemu dengan CS Bank, tanyakanlah jenis produk yang ada. Jangan lupa juga tanyakan tiap fitur yang bisa digunakan dan biaya administrasinya. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

4. Pilihlah produk bank dengan baik dan pertimbangan matang. Ada baiknya jika kalian menentukan dengan pasti sebelum datang ke bank.

5. Tanyakan juga keberadaan ATM penunjang seperti ATM Setoran Tunai. Ini nantinya cukup membantu anda saat ingin menabung. Jadi kalian tidak perlu mengantre lama di Teller bank. Tinggal masukkan uang kalian ke atm bersangkutan.

6. Setelah menentukan produk bank yang diinginkan, isilah formulir yang diberikan oleh petugas.

7. Isilah semua data dengan baik dan benar karena data-data tersebut nantinya akan sangat membantu kalian untuk mendapatkan fasilitas lainnya dari pihak bank.

8. Untuk kalian yang memilih fitur sms banking dan i-banking, gunakanlah nomor ponsel utama agar tidak terjadi kesulitan nantinya untuk kalian yang suka gonta ganti nomor ponsel. Ini juga akan memudahkan pihak bank untuk menghubungi anda, misalkan saja jika kalian mendapatkan hadiah undian.

9. Untuk kalian yang mengaktifkan fitur penunjang seperti ATM dan lain-lain, tanyakan dengan baik caranya kepada petugas agar tidak kebingungan di kemudian hari. Jangan malu untuk bertanya.

10. Setelah proses selesai, maka rekening tabungan kalian sudah siap untuk digunakan. Simpan dengan baik buku tabungan dan kartu ATM yang kalian miliki. Pergunakan dengan baik, karena nantinya tabungan tersebut akan sangat berguna di kemudian hari.

-----------------------------------------------------------

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang m…

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai ta…

Cara Menggunakan Kloset Duduk (WC Duduk).

Judul artikel virgabali.com terdengar aneh dan menggelikan? Jawabannya adalah tidak. Bagi sebagian besar orang mungkin menggunakan kloset duduk adalah sesuatu yang sudah biasa. Tetapi nyatanya, tidak begitu bagi sebagian lainnya.

Admin cukup sering mendengar obrolan orang-orang di sekitar bahwa mereka ternyata tidak bisa menggunakannya dengan baik.

"Sebenarnya seperti apakah kloset duduk itu?"

Bagi orang yang pertama kali menggunakan kloset jenis ini, mungkin akan sedikit membingungkan. Kali ini admin akan coba jelaskan.

1. Tutup kloset dan tempat duduk.

Biasanya, hal inilah yang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Di saat kalian membuka kloset, kalian akan mengira bahwa itulah tempat duduk kalian, bagaimanapun kondisinya.

Ternyata, di sebuah kloset duduk  disediakan 2 lapisan untuk duduk (terkadang ada yang tiga). Dua lapisan posisi duduk ini digunakan untuk membedakan lebar pantat kalian. Bagi orang dengan pantat lebar dan besar, gunakan lapisan dengan lubang besar dan…