Skip to main content

Pengen beli HP cuma buat SMS dan Telepon?? Coba baca review ponsel ini ya!

Cuaca siang ini sungguh panas dan angin berhembus cukup kencang. Tetapi semua itu tidak menghalangi untuk menulis sebuah artikel review tentang sebuah ponsel feature/basic dari Polytron. 

Awalnya admin membeli ponsel ini dikarenakan admin sedang membutuhkan sebuah ponsel biasa, bukan smartphone, untuk digunakan sebagai sarana komunikasi yang terbatas pada SMS dan Telepon saja. Tentunya cukup banyak ponsel yang bisa melakukannya. Tetapi ada beberapa pertimbangan tentunya mengapa admin memilih ponsel Polytron C 24B ini sebagai pilihan.

Sebagai sebuah ponsel sekunder (atau pendamping ponsel utama), tentunya admin juga tidak ingin mengeluarkan dana terlalu banyak untuk membelinya. Jadi faktor dana juga merupakan faktor utama yang harus dilihat saat memilih sebuah ponsel basic.  

"Asiknya, Polytron C 24B cukup ditebus dengan harga Rp. 200.000 saja sehingga tidak sampai membuat neraca keuangan admin menjadi goyang dumang"

Kualitas bodinya tergolong baik dan kokoh. Penutup belakangpun terkunci dengan sangat baik.

Faktor kedua adalah kecepatan akses menu-menu pada ponsel. Walaupun sebagai sebuah ponsel biasa, tentunya akan sangat mengganggu jika saat mengetik pesan ataupun berpindah menu ponsel berjalan lambat dan terasa patah-patah. Saat admin coba untuk mengetik SMS,  

"Polytron C 24B cukup gegas dan cepat, sehingga terasa nyaman saat mengetik".

Tombol-tombolnya juga memberikan feedback yang baik. Empuk dan tidak seret/keras. Hanya saja sebenarnya admin ingin ukuran tombol bisa sedikit diperbesar walaupun ukuran saat ini juga sebenarnya masih normal.

Faktor ketiga adalah kualitas layar ponsel. Kita tidak bisa berharap bahwa dengan harga yang murah, ponsel ini memiliki layar super amoled atau IPS, tetapi paling tidak layarnya cukup jelas dan besar (luas 2.4") untuk melihat daftar kontak dan isi pesan pada pesan.

Tampilan ponsel ini menggunakan paduan warna hijau, kuning dan putih. Admin sebenarnya tidak terlalu menyukai tampilan icon-icon yang digunakan pada menu utama. Terasa terlalu over kontras tetapi menu kontak dan SMS terpapar dengan jelas tanpa masalah dan mudah dibaca.

Hanya saja satu kekurangan yang admin temukan di ponsel ini adalah tidak adanya pengaturan untuk merubah ukuran huruf. Untuk admin tentunya tidak masalah, tetapi bisa menjadi kekurangan fatal untuk orang berusia lanjut.

Faktor keempat adalah daya baterai. Sebagai sebuah ponsel komunikasi murni, admin ingin ponsel ini bisa bertahan cukup lama dan tidak perlu diisi ulang dalam jangka pendek.  

"Polytron C 24B memiliki kapasitas baterai 1.100 mAh, cukup besar untuk sebuah ponsel biasa"

Admin berharap Polytron C 24B mampu memberikan ketahanan daya yang baik dan bisa diandalkan.

Faktor kelima, kemampuan komunikasi dan kemudahan operasi ponsel. Hal ini agak sulit admin tes karena di wilayah tempat tinggal sendiri kualitas jaringan provider komunikasi sudah sangat baik jadi pada layar ponsel Polytron C 24B memperlihatkan sinyal penuh tanpa gangguan. Saat digunakan untuk melakukan panggilan, tidak ada masalah berarti. Suara panggilan terdengar cukup jelas begitu juga di arah sebaliknya.

Oya, selain itu ponsel ini memiliki kemampuan getar yang cukup mumpuni. Kemampuan yang sulit kita temukan di smartphone atau ponsel pintar Begitu juga volume dering yang cukup keras walaupun terdengar agak cempreng, kurang bass.  

"Getarnya sangat terasa di kantong sehingga memudahkan kita untuk mengetahui adanya sms dan panggilan masuk"

Polytron C 24B sangat mudah digunakan untuk admin pribadi. SMS juga cukup mudah untuk diketik. Selain itu di pengaturan keamanan terdapat pilihan untuk mengunci layar dengan tombol akhiri panggilan. Cukup memudahkan, jadi admin tidak perlu mengatur kunci otomatis dengan jarak pendek seperti 30 detik, admin saat ini menggunakan pengaturan 5 menit. Selain itu lampu tombol juga bisa dimatikan atau diatur matinya, hal ini tentunya berimbas pada ketahanan daya baterai yang lebih baik

Lima faktor di atas adalah beberapa faktor utama yang membuat admin menentukan pilihan pada Polytron C 24B. Selain itu terdapat juga beberapa fitur tambahan yang tidak admin gunakan tetapi mungkin bisa dijadikan infromasi untuk pembaca sekalian.

1. Bluetooth. Fitur ini tentunya cukup membantu untuk kalian berkirim file gambar, suara dan video. Selain itu, fitur ini membantu admin untuk mengirimkan data kontak dari ponsel utama ke Polytron C 24B. Ponsel ini telah mampu membaca file VCF sehingga proses kirim terima data kontak bisa lebih.
Catatan : semua fitur multimedia dan bluetooth membutuhkan kartu memory tambahan.

2. Support MicroSD. Dengan kemampuan untuk membaca kartu memory eksternal, Polytron C24B memudahkan pengguna yang ingin menyimpan file-file multimedia dengan jumlah yang lebih banyak.

3. Fitur Multimedia (kamera, lagu, gambar dan video). Cukup menarik. Headset stereo standar juga diberikan sebagai bonus.

4. Aplikasi Pendukung. Ada beberapa aplikasi tambahan di dalam ponsel ini yang mungkin akan membantu banyak orang seperti alarm, senter, kalender, stopwatch, konversi dan lain-lain.

Memilih ponsel bagi sebagian orang dengan memperhitungkan harga dan fitur mungkin tidak dilakukan oleh banyak orang. Sebagian besar tentunya memilih untuk membeli berdasarkan iklan dan saran dari penjaga toko ponsel, apalagi sebuah ponsel dengan harga Rp. 200.000. 

Tetapi kesimpulan dari artikel di atas adalah Polytron C 24B cukup mumpuni untuk digunakan sebagai teman komunikasi. Dilihat dari harga yang ditawarkan cukup masuk akal. Baterai besar, layar yang jelas dan berukuran cukup besar serta kemampuan akses menu yang baik sepertinya bisa menjadi bahan-bahan pertimbangan yang baik untuk membeli ponsel ini.

==========================================================================

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang m…

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai ta…

Cara untuk Membuat Xiaomi MIUI Memiliki Multitasking yang Baik

Produk Xiaomi terkenal berharga murah dengan tetap memiliki spesifikasi mesin yang cukup baik untuk digunakan. Tetapi tahukah kalian bahwa banyak pengguna Xiaomi yang mengeluhkan sistem android yang disebut MIUI berjalan terlalu agresif? MIUI merupakan sebuah sistem android yang telah dikostumisasi oleh pihak Xiaomi sehingga bisa sangat tampil berbeda dengan Android asli milik Google. Sisi positifnya, MIUI mampu memberikan tampilan yang segar dan berbeda. Tetapi sisi negatifnya, MIUI berjalan lebih berat dari Android aslinya.

MIUI terkenal sangat agresif dalam membunuh aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem. Hal ini membuat ram menjadi lebih bebas tetapi terkadang sangat mengganggu karena ternyata yang dihentikan prosesnya adalah aplikasi yang memang sedang kita gunakan. Nah kali ini admin akan berbagi sedikit tips dan trik untuk memaksimalkan fungsi multitasking sehingga ponsel bisa lebih nyaman digunakan. Ponsel yang menjadi korban percobaan kali ini adalah Xiaomi M…