Skip to main content

Blog yang Nyaman dibaca atau Blog yang Menghasilkan Uang?

Bagi blogger pemula ataupun yang sudah senior, terkadang muncul pemikiran yang dilematis tentang blog yang kita miliki. Jika kalian berada di jalur hobi, hal ini tidak akan menjadi masalah. 

Blogger yang benar-benar hobi menulis akan menuangkan totalitasnya dengan tulisan-tulisan original tanpa memikirkan apakah harus memasang iklan, bagaimana cara menghasilkan uang dan hal-hal lainnya di blog miliknya.

Tetapi untuk blogger yang berada dalam kondisi ingin menghasilkan uang dari blognya, terkadang harus memilih sebuah jalan yang bercabang. Jika kita ingin penghasilan dari blog/web dalam waktu singkat, kita akan "dipaksa" untuk memasang iklan dengan cara yang optimal untuk menghasilkan uang. 

Hal ini biasanya, akan membuat kenyamanan blog untuk pembaca menjadi berkurang. Baik karena posisi iklan yang dipaksakan, ataupun karena munculnya iklan auto direct dan auto pop-up.

Kedua pilihan itu tidak salah. Tergantung saat ini kalian berada di posisi mana. Sebenarnya ada juga jalan tengahnya. Tetapi jalan tengah ini biasanya membutuhkan waktu lama untuk dilakukan.

Jalan tengah dalam blogging itu adalah sebuah metode investasi. Investasi yang admin maksudkan adalah investasi konten, pemikiran, usaha, waktu dan biaya tentunya.

"Mengapa admin katakan jalan tengah ini sebagai sebuah investasi??"

Menulis blog
Jika kalian ingin menjalankan hobi dan menghasilkan uang dalam dunia blog, pertama lakukanlah investasi konten terlebih dahulu. Investasi konten yang admin maksud adalah membuat artikel-artikel original agar blog kalian memiliki modal sebagai sebuah blog atau web yang layak untuk dibaca.

Investasi konten ini selain membuat blog kalian lebih dewasa, hal ini juga akan membantu Google mengindex blog kalian dengan lebih baik. Konten-konten yang banyak sendiri tidaklah cukup. Perhatikan juga tampilan visual dari blog. Dalam membuat sebuah visual blog, perhatikan demografi pembaca yang kalian incar.

Jika incaran kalian adalah pengunjung dari negara-negara maju, maka tidak salah untuk membuat visual yang menarik walaupun agak berat. Tetapi jika tujuan kalian adalah universal, terutama lokal, buatlah blog yang ringan, sederhana tetapi menarik dan rapi.

"Investasi di artikel/konten dan visual adalah sebuah langkah untuk pijakan awal blog kalian"

Google adsense
Jika hal ini telah terpenuhi, melangkahlah ke tahap selanjutnya yaitu periklanan. Dengan tahap investasi konten yang telah kalian lakukan, masuk ke media periklanan seperti Google Adsense bukanlah perkara sulit. Blog kalian akan diterima dengan cepat.

Saat proses monetize, atau mencari penghasilan dari blog terutama dari iklan, janganlah pernah melupakan kenyamanan untuk pembaca kalian. Posisikan diri anda sebagai pembaca. Tempatkan iklan di tempat yang baik dan tidak mengganggu. 

Hal ini akan berefek besar untuk mendapatkan pengunjung setia. Disaat kalian mengshare atau berbagi artikel baru, kecintaan mereka pada blog anda akan membuat kunjungan unik di blog dan hal ini sangat disukai oleh Mbah Google.

Tentu saja pilihan jalan tengah ini cukup sulit dan dilematis bagi beberapa orang karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Membutuhkan usaha yang besar untuk membuat sebuah blog yang baik dan nyaman untuk dikunjungi.

Saat ini, admin sering melihat bahwa prioritas blogger pemula lebih berorientasi pada pemasukan. 

"Karena mereka percaya bisa mendapatkan uang instan dari blogging. Bagi admin, hal itu tidaklah benar"

Uang dari blog
Blogger-blogger hebat yang namanya sudah terkenal baik di lokal ataupun internasional membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mereka berada di kesuksesan mereka saat ini.

Mereka selalu belajar dan mencoba trik-trik baru. Mencoba membuat artikel-artikel baru sehingga menemukan passion di dalam dunia blogging. Hal itu adalah bentuk dari investasi waktu mereka. Jadi blogger, tetaplah belajar. Saat menulis blog, carilah juga artikel-artikel pengetahuan tentang dunia internet. 

Rajinlah berkunjung ke blog-blog lain yang memiliki konten-konten menarik. Belajar menghargai sesama blogger. Komentari apa yang ingin kalian komentari. Hal ini, secara langsung akan membuat sebuah kedewasaan kalian dalam memandang dunia internet, dunia penulis blog.

------------------------------------------

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Mengenal Ponsel - Perbedaan eMMc dan UFS

Untuk kamu pecinta gadget atau smartphone, kali ini admin akan berbagi informasi tentang emmc dan UFS. Sebelum membeli sebuah ponsel, tentunya kalian biasanya mencari ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Walaupun mencari harga yang murah dan menyesuaikan dengan isi kantong, spesifikasi ini tentunya sangat perlu untuk dijadikan acuan agar tidak membeli ponsel dengan harga yang kemahalan (tidak sesuai antara harga dan speknya). Di salam sebuah ponsel terdapat sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan pengguna. Tempat penyimpanan ini sering disebut dengan memori internal. Nah memori ini pada umumnya menggunakan jenis emmc dan ufs. Emmc sering digunakan pada ponsel dengan harga seri bawah. Ponsel dengan memori emmc biasanya ditujukan untuk budget phone. Memori jenis ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dan daya tahan standar. Berbeda dengan saudaranya yang bernama UFS. UFS biasanya digunakan pada ponsel menengah ke atas. Pada dunia PC/laptop/komput