Skip to main content

Redmi 4 Prime - Jagoan baru Xiaomi di pasar menengah

Redmi 4 Prime
2017 sebentar lagi pembaca setia virgabali.com. Tentu saja di tahun baru ini mungkin ada beberapa dari kalian yang berencana membeli ponsel android baru? Atau sekedar mencari info? Nah kali ini admin akan membantu memberikan review beberapa jenis ponsel di blog ini.

Redmi 4 Prime, adalah seri Xiaomi Redmi 4 dengan kasta tertinggi karena dipersenjatai dengan prosesor dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 625. Terlepas dari harganya, apakah ponsel ini pantas untuk dibeli? Tentunya ini akan menjasi pilihan dari pembaca sekalian setelah membaca review di bawah ini.

Redmi 4 Prime memiliki bentuk yang tidak begitu jauh berbeda dengan seri redmi sebelumnya. Jika dibandingkan dengan kembarannya yaitu redmi 4 versi biasa, tidak ada bedanya. Redmi 4 Prime memiliki beberapa warna pilihan yang cukup menarik seperti silver, gold dan abu-abu. Speaker suara terletak di sisi bawah dan terbelah dua di antara slot microUSB. Sisi belakang kita akan melihat kamera, led flash dua biji, sensor sidik jari dan mic. Mic di belakang ini fungsinya adalah untuk menekan noise saat panggilan telepon dan perekaman video. Dual mic ini audah cukup lumrah untuk saat ini.

Berpindah ke sisi lainnya terdapat slot kartu SIM yang mendukung fitur dual sim. Sim ini bersifat hibrid, artinya di saat kalian menggunakan kartu memory eksternal, maka sim kedua tidak bisa kalian gunakan. Cukup dilema sebenarnya memilih antara menggunakan dua sim ataukah menggunakan kartu memory yang keduanya sebenarnya cukup penting bagi mereka yang membutuhkannya. Untuk jaringan, Redmi 4 Prime telah mendukung semua jaringan dari 2G hingga 4G LTE.

SISI LAYAR 2.5D dengan Ketajaman 440ppi

Layar Redmi 4 Prime berjenis IPS dengan resolusi Full HD. Luasnya sendiri adalah 5" dengan ketajaman 440ppi. Untuk kalian yang tidak begitu paham sisi teknis, admin bisa katakan layarnya cukup tajam dan nyaman digunakan. Hanya saja, admin belum menemukan apakah ponsel ini layarnya telah anti gores ataupun tidak.

Di beberapa data yang admin baca, layarnya belum memiliki fitur anti gores. Hal lainnya yang perlu dibahas adalah bentuk layarnya yang 2.5D. Jenis layar ini biasanya lebih rentan pecah atau retak saat dijatuhkan jika dibandingkan layar konvensional. Tentu saja sisi positifnya adalah penampilan ponsel terlihat lebih cantik dengan layar melengkung 2.5D ini.

RAM BESAR & INTERNAL BESAR

Redmi 4 Prime memiliki memory internal sebesar 32GB dengan emmc versi 4.5. Memori jenis sudah cukup cepat walaupun masih kalah cepat dengan emmc versi 5.0 (contoh di xiaomi mi4). Untuk menopang kinerja multitaskingnya, redmi 4 prime menggunakan Ram sebesar 3GB. Untuk saat ini, ram sebesar ini sudah cukup menopang android MIUI milik Xiaomi.

KAMERA 13MPX, F2.2, PHASE AUTOFOCUS

redmi 4 prime silver
Untuk kalian pecinta kamera ponsel, sebenarnya seri redmi bukanlah pilihan tepat di produk Xiaomi. Seri Mi merupakan jawabannya. Untuk Redmi 4 Prime, ponsel baru ini menggunakan kamera dengan resolusi 13 megapixels. Sayangnya tidak ada data tentang sensor yang digunakan. Yang bisa kita ketahui adalah aperture yang digunakan adalah F/2.2. Artinya apa? Artinya Redmi 4 Prime kurang bisa diandalkan untuk kondisi low light atau cahaya rendah.

Seri redmi sebelumnya menggunakan aperture F/2.0. Dari kompetitor ada Samsung Galaxy J7 Prime yg lebih mahal dengan aperture F/1.9 atau dari Xiaomi sendiri ada Mi4 dengan aperture F/1.8 plus sensor Sony (semakin kecil nilai aperture artinya semakin baik di kondisi kurang cahaya). Tentu saja catatannya adalah seri redmi tidak fokus pada fungsi kamera. Untuk kamera depannya, menggunakan resolusi 5 megapixels dengan aperture yang sama. Sudah cukup untuk melakukan selfie dan posting di sosial media.

Untuk kamera videonya, hanya mampu merekam dengan resolusi 1080p di framerate 30fps. Entah karena faktor sensornya, ponsel ini belum mampu merekam video dengan kualitas 2K ataupun 4K.

PROSESOR SNAPDRAGON 625 & BATERAI 4.100 mAh

Snapdragon 625 merupakan salah satu seri terbaru dari Qualcomm untuk kategori menengah. Walaupun begitu, kemampuannya masih bisa diandalkan. Prosesor ini memiliki pengaturan cpu 8 inti core dengan kecepatan 2.0 Ghz berbasis teknologi A53. Selain itu, untuk mendukung kekuatan grafisnya, prosesor ini ditopang oleh kartu grafis Andreno 506.

Kartu grafis ini memiliki kemampuan yang baik untuk visual 3D dan telah mendukung OpenGL versi 3.0. Hanya saja, untuk kecepatan grafis 2D yang sebenarnya cukup penting, andreno 506 hanya menggunakan OpenVG versi 1.1, sedangkan andreno seri tinggi seperti andreno 330 menggunakan openVG versi 3.0. Visual 2D diperlukan untuk menampilkan visual tampilan ponsel seperti menu, launcher dan lain-lain.

Untuk menopang dayanya, redmi 4 prime menggunakan baterai dengan ukuran cukup besar yaitu 4.100 mAh. Sangat memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi seri prosesor snapdragon seri 6 terkenal efisien dan hemat daya.

KESIMPULAN

REDMI 4 PRIME adalah sebuah ponsel yang dibuat dengan baik. Tentunya hal yang paling menarik adalah harganya cukup murah dengan beberapa fitur yang lengkap. Ponsel ini lebih dari cukup untuk digunakan sehari-hari. Memiliki banyak fitur seperti baterai besar, GPS, layar full HD, jaringan LTE, wifi dualband, prosesor snapdragon dan lain-lain. Layarnya 5" adalah pilihan yang manis untuk beberapa orang, ini karena hampir semua ponsel baru dirilis dengan layar cukup besar yaitu 5.5". Kekurangan pasti ada, seperti kamera yang biasa saja dan layar yang agak rentan jika jatuh.

---------------------------------------------------

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang m…

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai ta…

Cara untuk Membuat Xiaomi MIUI Memiliki Multitasking yang Baik

Produk Xiaomi terkenal berharga murah dengan tetap memiliki spesifikasi mesin yang cukup baik untuk digunakan. Tetapi tahukah kalian bahwa banyak pengguna Xiaomi yang mengeluhkan sistem android yang disebut MIUI berjalan terlalu agresif? MIUI merupakan sebuah sistem android yang telah dikostumisasi oleh pihak Xiaomi sehingga bisa sangat tampil berbeda dengan Android asli milik Google. Sisi positifnya, MIUI mampu memberikan tampilan yang segar dan berbeda. Tetapi sisi negatifnya, MIUI berjalan lebih berat dari Android aslinya.

MIUI terkenal sangat agresif dalam membunuh aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem. Hal ini membuat ram menjadi lebih bebas tetapi terkadang sangat mengganggu karena ternyata yang dihentikan prosesnya adalah aplikasi yang memang sedang kita gunakan. Nah kali ini admin akan berbagi sedikit tips dan trik untuk memaksimalkan fungsi multitasking sehingga ponsel bisa lebih nyaman digunakan. Ponsel yang menjadi korban percobaan kali ini adalah Xiaomi M…