Skip to main content

Cara Merawat Baterai Ponsel yang Baik dan Benar


Baterai merupakan salah satu komponen terpenting di sebuah ponsel saat ini. Tanpa baterai yang baik tentunya kita tidak akan bisa menggunakan ponsel dengan maksimal. Saat ini, sebagian besar ponsel terbaru menggunakan baterai tanam (built-in) karena baterai jenis ini memang memiliki daya tahan dan kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan baterai yang bisa dicabut pasang.

Admin kali ini akan membagi sebuah artikel bagaimanakah cara merawat baterai ponsel yang benar karena seringkali banyak pengguna memiliki pemahaman yang salah tentang baterai ponsel saat ini. Hal ini tentunya akan menjadi informasi yanh membantu karena biaya untuk penggantian baterai tidaklah murah. Ada beberapa baterai ponsel yang memiliki harga di atas 500 ribu yang tentunya angka ini bukanlah angka yang sedikit bagi sebagian dari kita.

1. GUNAKAN KEPALA CHARGER DAN KABEL DATA ORIGINAL / Berkualitas Baik.

Banyak sekali pengguna ponsel yang meremehkan hal ini. Seringkali kita disudutkan dengan pilihan harga yang murah tetapi kita tidak melihat sisi kualitasnya. Admin menyarankan, tidak ada salahnya jika kalian sedikit berinvestasi untuk membeli charger original yang notabene harganya memang lebih mahal. Biasanya di atas 75rb, begitu juga dengan kabel datanya. Hal ini sangat sensitif terhadap kinerja baterai ponsel saat ini karena charger non original biasanya tidak memiliki spesifikasi yang sama dengan charger pabrikan. Apalagi jika kalian memiliki ponsel yang berharga lumayan. Sudah sewajarnya untuk membeli aksesoris originalnya.

Selain berpengaruh terhadap umur baterai, charger original juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan pengisian dalam proses charging. Beberapa ponsel saat ini yang telah menggunakan fitur "fast/quick charging" menggunakan voltase berbeda untuk pengisiannya.

2. JANGAN GUNAKAN BATERAI PONSEL HINGGA HABIS/MATI TOTAL.

Kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh beberapa dari kita. Entah karena situasi atau memang kebiasaan. Teknologi baterai saat ini, melarang penggunanya untuk menggunakan ponsel hingga habis sekali atau mati total. Jika hal ini terus terjadi, bukan hanya baterai ponsel yang akan rusak, tetapi juga komponen usb power pada mesin ponsel. Jadi berhati-hatilah. Jika dibiarkan, nantinya ponsel tidak bisa dihidupkan walaupun charger telah ditancapkan pada portnya.


3. JANGAN GUNAKAN APLIKASI TIDAK PENTING.

Pengguna ponsel baru biasanya menggunakan ponselnya secara tidak efisien. Banyak aplikasi tidak penting yang mereka gunakan tanpa mempertimbangkan fungsionalitasnya. Walaupun kalian memiliki memori internal yang besar untuk bisa melakukannya, ternyata kebiasaan ini tidaklah sehat untuk baterai dan mesin ponsel. Banyak sekali aplikasi saat ini yang membawa iklan pengganggu. Jadi iklan ini bukannya muncul saat aplikasi digunakan, tetapi muncul saat ponsel sedang tidur atau tidak digunakan. Iklan jenis ini akan terus membangunkan ponsel untuk mendownload data dari internet yang membuat ponsel menjadi tidak bisa beristirahat dan tentunya membuat baterai terus bekerja tanpa henti.

Aplikasi-aplikasi seperti aplikasi manager memori dan penghemat baterai tidaklah efektif digunakan di android versi baru seperti Android Marshmellow dan Nougat. Hal ini dikarenakan android versi ini telah memiliki sistem pintar bernama Doze. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi lain yang mengklaim bisa menghemat baterai, malah sejatinya mengganggu kinerja Doze Android. Jadi berhati-hatilah.

Sejatinya Android saat ini sudah cukup pintar untuk menangani kebutuhan kalian secara normal. Kondisi abnormal biasanya terjadi saat menggunakan aplikasi-aplikasi pembawa iklan jahat (iklan baik tidak apa-apa).

4. GUNAKAN ROM TERBAIK.

ROM merupakan sistem image dari sistem operasi android yang kalian gunakan. Walaupun tidak semua, beberapa vendor biasanya menjual ponsel dengan rom yang masih bermasalah. Karena itulah seringkali kita mendapatkan notifikasi untuk dilakukannya update ke versi terbaru. Teorinya, semakin tinggi versi rom android yang kita gunakan, semakin baik pun kinerja ponsel kita karena biasanya vendor telah memperbaiki masalah-masalah yang ada. Kinerja rom sangat mempengaruhi kinerja ponsel, yang notabene akan berpengaruh pada ringan atau beratnya baterai. Rom yang tidak sehat bisa membuat baterai menjadi panas dan mengurangi umur baterai dengan cepat.

5. KURANGI MENGGUNAKAN PONSEL SAMBIL MELAKUKAN PROSES CHARGING.

Sebenarnya menggunakan ponsel saat proses charging saat ini sah-sah saja. Hanya saja, kurangilah menggunakan dalam kondisi berat. Misalnya bermain game atau memutar video resolusi tinggi. Jika kalian hanya menggunakannya untuk chatting dan sms tentunya tidak akan mengganggu proses charging.

Jika memungkinkan, lakukan pengisian ponsel dalam kondisi mati beberapa kali dalam seminggu agar ponsel bisa benar-benar terisi secara penuh. Baterai ponsel juga akan terkalibrasi ulang saat kondisi mati.

6. JANGAN LETAKKAN PONSEL DI SUHU PANAS.

Ada beberapa orang memiliki kebiasaan meletakkan ponsel di atas tv ataupun kulkas, atau juga di atas dashboard mobil. Kebiasaan ini secara jangka panjang bisa merusak baterai ponsel bahkan komponen lainnya karena terpancarnya suhu panas dan radiasi dari alat elektronik lainnya.

-------------------------------------

Beberapa tips di atas merupakan tips yang bisa kalian cermati dan laksanakan untuk menjaga umur baterai ponsel kalian. Jika kalian telah memiliki informasi yang benar, tentunya tinggal mewujudkannya dalam bentuk kebiasaan. Baterai ponsel saat ini tidaklah murah, terutama yang menggunakan baterai built-in atau non-removeable. Selain itu jika baterai rusak atau drop tentunya akan sangat mengganggu keseharian kita. Jadi mari jaga dan cegah sebelum hal itu terjadi, be smart.

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Mengenal Ponsel - Perbedaan eMMc dan UFS

Untuk kamu pecinta gadget atau smartphone, kali ini admin akan berbagi informasi tentang emmc dan UFS. Sebelum membeli sebuah ponsel, tentunya kalian biasanya mencari ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Walaupun mencari harga yang murah dan menyesuaikan dengan isi kantong, spesifikasi ini tentunya sangat perlu untuk dijadikan acuan agar tidak membeli ponsel dengan harga yang kemahalan (tidak sesuai antara harga dan speknya). Di salam sebuah ponsel terdapat sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan pengguna. Tempat penyimpanan ini sering disebut dengan memori internal. Nah memori ini pada umumnya menggunakan jenis emmc dan ufs. Emmc sering digunakan pada ponsel dengan harga seri bawah. Ponsel dengan memori emmc biasanya ditujukan untuk budget phone. Memori jenis ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dan daya tahan standar. Berbeda dengan saudaranya yang bernama UFS. UFS biasanya digunakan pada ponsel menengah ke atas. Pada dunia PC/laptop/komput