Skip to main content

Mari Berhemat dengan Investasi Listrik


Saat ini, pengeluaran rumah tangga merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari. Seringkali juga antara pendapatan dan belanja barang bisa dikatakan tidak balance. Dalam kondisi seperti sekarang ini, melakukan penghematan harus dijadikan suatu budaya dalam berfikir dan bertindak. Salah satu cara berhemat adalah dengan investasi listrik.

Lalu mengapa Listrik??

Listrik merupakan sebuah komponen pengeluaran yang tidak bisa kita hindari saat ini. Maka dari itulah kita harus mengetahui cara untuk menggunakannya dengan bijak.

Apakah yang dimaksud investasi listrik??

Investasi di sini yang admin maksudkan bukanlah dengan mematikan lampu dan menggunakannya seperlunya (ini juga penting) tetapi seperti namanya, investasi, maka kita akan memerlukan sejumlah dana untuk memetik hasilnya nanti (jangan takut gess, ini bukan MLM atau jual produk 😁).

Bagaimanakah caranya berinvestasi Listrik??

Caranya adalah mengganti alat-alat listrik Anda dengan alat yang lebih hemat. Admin telah mempraktekkannya dan telah berhasil menghemat listrik dengan cukup drastis.

Hal pertama yang admin lakukan adalah investasi bola lampu. Investasinya dengan cara mengganti lampu tipe lama dengan lampu LED. Lampu LED terkenal sangat hemat daya dan tahan lama. Lampu biasa yang memerlukan daya 40 watt, bisa kalian ganti dengan lampu LED yang memerlukan daya hanya 7 watt atau 9 watt. Sangat berbeda jauh bukan?

Lampu LED memang tidak murah. Tetapi investasi ini sangat penting dan harus didukung niat yang kuat. Terkadang beberapa dari pembaca tentunya memiliki dana untuk melakukannya tetapi lebih sering menggunakan dana tersebut untuk kepentingan primer/konsumtif yanh sebenarnya kurang penting.

Admin sendiri memilih menggunakan merk dari Ph*lips untuk lampu LED. Pada kotaknya dikatakan mampu bertahan kurang lebih 15 tahun. Tentunya admin juga tidak muluk-muluk. Bisa bertahan 5 tahun saja admin akan cukup puas. Untuk saat ini, lampu-lampu tersebut telah digunakan selama 3 tahun dan tidak ada masalah.

Untuk kalian yang tinggal di perumahan atau BTN dan memiliki keluarga kecil, investasi lampu ini harus dijadikan pertimbangan karena lampu merupakan alat listrik yang pasti kita gunakan setiap harinya.


Investasi kedua yang bisa kalian lakukan adalah pada perangkat televisi. Jika kalian masih memiliki TV Tabung di rumah, admin sarankan untuk diganti dan move on ke TV LED. Mengapa begitu? Karena TV LED memiliki konsumsi listrik yang jauh lebih hemat dari TV Tabung. Ilustrasinya adalah sebagai berikut :

TV Tabung > TV Flat/Plasma > TV LCD > TV LED.

TV generasi LED merupakan tenologi generasi terbaru. Harganya saat ini juga bisa dikatakan lebih terjangkau. Untuk TV LED 32" saat ini berada di kisaran 2 jutaan. Sedangkan TV LED 22" dan 24" dikisaran 1 jutaan. Saat memilih TV LED, kalian juga bisa memilih TV mana yang paling hemat dengan mengecek daya listrik yang dibutuhkan berapa watt.

Investasi ketiga adalah Setrika, Kulkas dan Mesin Cuci. Perangkat-perangkat ini merupakan perangkat yang menyedot listrik cukup banyak dan tergolong boros. Tetapi penghematan bisa kalian lakukan dengan memilih tipe produk tersebut dengan pintar. Beberapa setrika, memiliki daya listrik yang jauh lebih hemat dari tipe lainnya. Biasanya produk hemat listrik ini memiliki harga yang lebih mahal tetapi bisa menekan pengeluaran bulanan kalian selama bertahun-tahun.

Nah ketiga investasi tersebut adalah sesuatu yang harus kalian pikirkan. Tidak ada salahnya berinvestasi lebih untuk menekan pengeluaran bulanan yang makin mencekik. Investasi bisa kalian lakukan bertahap, pelan-pelan saja. Yang penting ada niat dan terus konsisten. Catatan yang perlu kalian perhatikan adalah, Listrik tidak akan turun, malah sebaliknya, akan terus naik dan mahal. Jadi, pintarlah dalam memilih sebuah produk elektronik. Jangan mau menjadi korban iklan vendor dan media.

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google. Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF , artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm. Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih meny