Skip to main content

Lintah Hidup 1 Bulan Di Hidung Anak Kecil dari Bogor


Membayangkan ada lintah hidup di hidung saja bisa membuat bergidik ngeri. Tapi bocah asal Depok ini pernah mengalaminya. Seekor lintah hidup di dalam hidungnya selama satu bulan. Hii!

Keisya Ramadhani (8) adalah anak yang aktif dan ceria. Namun beberapa minggu sepulang berlibur bersama keluarga di Curug Nangka, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hidung Keisya kerap berdarah. Ia pun mengaku sering gatal di bagian hidung dan lubang hidung sebelah kiri sering tersumbat.

Ibunda Keisya, Nurkomala Sari, mengaku tak menyangka penyebab anaknya sering mimisan dan hidung tersumbat karena ada lintah yang hidup di hidungnya. Tak tanggung-tanggung, lintah tersebut hidup selama satu bulan di hidung Keisya.

"Awalnya kita pikir virus biasa, tapi dia nggak demam, badannya nggak panas. Cuma mimisan terus. Sampai saya bawa ke puskesmas untuk cek darah, takutnya kan kena DBD (demam berdarah dengue) tapi hasilnya negatif juga," tutur Sari saat ditemui di kediamannya, Gg An-Nur Horas, Jalan Limo Raya, Depok, Jawa Barat.

Sari mengatakan pergi ke Curug Nangka adalah kegiatan tahunan keluarga besar setiap libur tahun baru. Kala itu, Keisya dan beberapa saudara sepupunya memang berenang di curug.


Masalah muncul saat Keisya tiba-tiba mimisan di sekolah dan di rumah. Bocah kelas 2 SD ini juga mengaku gatal, sakit seperti tertusuk dan ada yang bergerak-gerak di dalam hidungnya. Namun pemeriksaan sederhana dengan senter tidak menunjukkan adanya keanehan apa-apa.

"Saya pikir darah beku. Ada tetangga yang menyarankan pakai obat tetes, akhirnya coba ditetesin. Beberapa hari kemudian saya lihat sendiri ada yang nongol di hidungnya, lalu masuk lagi! Setelah itu baru saya yakin ini ada binatang di dalam hidung anak saya," tambah Sari.

Hari Minggu tepat pada tanggal 30 Januari, Sari dan keluarganya membawa Keisya ke puskesmas. Namun Puskesmas tidak bisa memberikan penanganan karena keterbatasan alat dan sumber daya. Setelah beberapa kali pindah tempat, akhirnya Keisya dirujuk ke Instalasi Gawat Darurat RS Cipto Mangunkusumo.

Di RSCM, pemeriksaan dokter membenarkan bahwa ada lintah yang hidup di dalam hidung Keisya. Dokter pun berhasil mengeluarkan lintah tersebut dan betapa terkejutnya Sari ketika melihat penampakan lintah yang hidup di hidung anaknya. Tak tanggung-tanggung, lintah tersebut memiliki panjang kurang lebih 20 cm.


"Panjang seperti dua jari telunjuk orang dewasa. Saya kaget, ngeri. Kok bisa binatang sebesar itu hidup di hidung anak saya," ujarnya bercerita.

Pemeriksaan lanjutan menunjukkan ada lubang di bagian dalam hidung Keisya, diduga sebagai tempat lintah bertelur. Untuk dokter juga berhasil membersihkan bagian hidung tersebut sehingga dipastikan tidak ada telur lintah yang tersisa.

"Sekarang dikasih obat untuk membersihkan lendir di tenggorokan yang kemungkinan sisa-sisa lendir lintahnya. Nanti setelah satu bulan kembali lagi ke RSCM untuk diperiksa lagi," tutur wanita 34 tahun ini.

Dikutip dan bersumber dari Detik.com

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Mengenal Ponsel - Perbedaan eMMc dan UFS

Untuk kamu pecinta gadget atau smartphone, kali ini admin akan berbagi informasi tentang emmc dan UFS. Sebelum membeli sebuah ponsel, tentunya kalian biasanya mencari ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Walaupun mencari harga yang murah dan menyesuaikan dengan isi kantong, spesifikasi ini tentunya sangat perlu untuk dijadikan acuan agar tidak membeli ponsel dengan harga yang kemahalan (tidak sesuai antara harga dan speknya). Di salam sebuah ponsel terdapat sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan pengguna. Tempat penyimpanan ini sering disebut dengan memori internal. Nah memori ini pada umumnya menggunakan jenis emmc dan ufs. Emmc sering digunakan pada ponsel dengan harga seri bawah. Ponsel dengan memori emmc biasanya ditujukan untuk budget phone. Memori jenis ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dan daya tahan standar. Berbeda dengan saudaranya yang bernama UFS. UFS biasanya digunakan pada ponsel menengah ke atas. Pada dunia PC/laptop/komput