Skip to main content

Full Review Xiaomi Mi5


Ponsel pintar dari Cina seperti yang kita telah ketahui selalu menjual produk dengan harga lebih murah tetapi dengan spesifikasi mesin yang lebih tinggi dari brand Global seperti Samsung, LG dan Sony. Salah satu vendor yang cukup terkenal di Indonesia adalah Xiaomi. Xiaomi sendiri sebenarnya terkenal murah karena beberapa produknya tidak masuk secara resmi di Indonesia. Produk-produk Xiaomi cukup mudah kita temukan di beberapa online shop. Salah produk high end mereka yang kali ini admin akan review adalah Xiaomi Mi5 versi 64GB.

Design dan Build Quality

Design dan estetika sebuah produk tentunya relatif tergantung bagaimana selera pengguna. Jika dibandingkan dengan saudara tuanya yaitu Mi4, admin pribadi lebih menyukai Mi4 secara design. Kelebihan Mi5 sendiri adalah pada bezel layarnya yang lebih tipis. Begitu juga dengan tebal bodinya juga lebih tipis dibandingkan Mi4.

Untuk build qualitynya cukup baik. Bodi Mi5 dilapisi dengan kaca anti gores baik di bagian depan, belakang dan pada lensa kamera. Mi5 memiliki bobot yang cukup ringan. Hal ini entah mengapa membuat Mi5 sendiri menjadi agak ringkih. Mungkin ada baiknya dibuat sedikit lebih berat seperti Mi4 sehingga kesah kokoh bisa didapatkan saat digenggam.



Layar, Tombol Home dan Sidik Jari

Layar Mi5 dibuat dengan luas 5.15". Agak aneh memang dengan luasnya yang tidak umum. Secara keseluruhan, luas Mi5 lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan Mi4 tetapi masih lebih kecil dibandingkan seri Redmi Note yang menggunakan layar 5.5". Untuk ketajaman layarnya tidak perlu dikhawatirkan karena telah menggunakan resolusi Full HD pada panel IPS.

Pada sisi depan kita akan menemukan sebuah tombol fisik yang jika ditekan berfungsi sebagai tombol Home dan jika disentuh akan berfungsi sebagai tombol kembali (back). Sensor sidik jari juga berada di atas tombol ini. Sayangnya fungsi sidik jari hanya untuk keamanan, tidak bisa digunakan untuk membangunkan layar secara otomatis.

Koneksi, Memori dan Performa

Xiaomi Mi5 adalah sebuah ponsel monster. Admin katakan begitu karena pada rentang harganya di Indonesia, Mi5 adalah satu-satunya ponsel yang diperkuat oleh CPU Snapdragon 820 buatan Qualcomm. Prosesor ini merupakan prosesor yang sangat kuat untuk menangani multimedia dan multitasking. Hal ini juga yang membuat Mi5 sangat gegas menjalankan beberapa aplikaai tanpa masalah, begitu juga dengan game kelas berat. Yang admin review adalah seri Mi5 Prime dengan kecepatan prosesor 4core X 2.15 Ghz. Selain seri prime, ada juga seri standar dan seri Pro.

Selain prosesor powerfull, Mi5 juga dilengkapi dengan ram sebesar 3GB (ada juga versi 4GB) dengan jenis LPDDR4 terbaru yang saat ini merupakan jenis memori ram dengan kualitas terbaik.

Konfigurasi CPU dan RAM saja tidaklah cukup. Xiaomi memperkuat Mi5 dengan menggunakan memori internal dengan jenis terbaik saat ini yaitu flash memori jenis UFS 2.0. memori jenis ini membuat akses membaca dan menulis data dan file menjadi lebih cepat dan stabil. Mi5 Prime memiliki memori internal 64GB dan tanpa slot memori ekternal.

Untuk konektifitas, Mi5 diperkuat dengan jaringan VoLTE 4G dan slot Simcard jenis Nano Dual Sim. Selain itu terdapat juga fitur NFC yang di Indonesia belum begitu populer. Intinya konektifitas yang dimiliki Mi5 bisa dipergunakan di hampir semua kawasan dunia.

Rear Kamera dan Selfie


Berbicara seri Mi dari Xiaomi, artinya kita membicarakan sebuah ponsel yang memiliki fitur kamera cukup apik. Berbeda dengan saudaranya seri Redmi yang dilengkapi sensor kamera kelas menengah, seri Mi selalu menggunakan sensor kamera kelas atas di jamannya. Mi5 juga tentunya tidak berbeda. Mi5 merupakan salah satu ponsel pertama yang dilengkapi dengan sensor Exmor RS dari Sony dengan jenis IMX298. Xiaomi meletakkan sensor ini di atas resolusi 16 megapixels (admin sebenarnya lebih menginginkan jika Xiaomi menggunakan resolusi 12 megapixels sehingga kerapatan pixelsnya menjadi lebih tinggi). Sensor ini berukuran 1/2.8" dan memiliki beberapa fitur seperti HDR, panorama, pengenal wajah, pengenal senyuman dan lain-lain. Untuk lensanya sendiri dibuay dengan bahan safir agar lebih tahan dari goresan. Kamera Mi5 berkualitas cukup baik walaupun bukan yang terbaik. Kamera ponsel terbaik saat ini masih dipegang oleh Google Pixels dan Sony Xperia XZ Premium karena kedua ponsel ini memang menggunakan sensor yang jauh lebih powerfull. Tetapi di rentang harganya, tidak ada yang lebih baik daripada Mi5.

Untuk melakukan selfie, Mi5 dipersenjatai dengan sensor Sony juga dengan jenis ultrapixels sebesar 1/3". Sensor ini diletakkan pada resolusi 4 megapixels. Untuk kalian yang menyukai foto selfie dengan penuh tipuan, mungkin agak kurang menyukai kamera depan Mi5. Kamera depannya dibuat dengan kualitas yang hampir sama dengan kamera belakang sehingga hasilnya dibuat dengan tujuan lebih tajam dan natural. Kulit hitam akan hitam. Kulit jerawat akan tetap berjerawat. Tetapi masih ada fitur beautify yang bisa sedikit membantu. Atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi kamera seperti 360.

Kamera belakang mi5 mampu merekam video dengan kualitas 4K walaupun mungkin jarang pengguna yang menggunakannya karena sangat rakus dengan memori. Kualitas HD 720p sepertinya sudah cukup baik. Sensor kamera mi5 juga telah mampu membuat video dengan framerate tinggi hingga 120 Fps.

Kesimpulan

Xiaomi Mi5 merupakan sebuah ponsel android dengan kualitas terbaik di rentang harganya. Keberadaan prosesor qualcomm snapdragon 820 akan mampu bersaing bahkan untuk 3 hingga 5 tahun ke depan. Sebagai penerus tahta seri Mi, Mi5 memang dibuat dengan kualitas terbaik, baik bagian luar dan dalamnya. Tetapi ponsel ini juga tidak lepas dari kekurangan. Bodi dibalut dengan kaca tentunya tidak bisa digunakan oleh orang yanh sembrono. Memiliki Mi5, artinya kalian harus cukup apik dalam menggunakan dan menjaganya agar ponsel ini bisa bertahan untuk beberapa tahun ke depan.

---------------------------

Comments

Popular Post

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Mengenal Ponsel - Perbedaan eMMc dan UFS

Untuk kamu pecinta gadget atau smartphone, kali ini admin akan berbagi informasi tentang emmc dan UFS. Sebelum membeli sebuah ponsel, tentunya kalian biasanya mencari ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Walaupun mencari harga yang murah dan menyesuaikan dengan isi kantong, spesifikasi ini tentunya sangat perlu untuk dijadikan acuan agar tidak membeli ponsel dengan harga yang kemahalan (tidak sesuai antara harga dan speknya). Di salam sebuah ponsel terdapat sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan pengguna. Tempat penyimpanan ini sering disebut dengan memori internal. Nah memori ini pada umumnya menggunakan jenis emmc dan ufs. Emmc sering digunakan pada ponsel dengan harga seri bawah. Ponsel dengan memori emmc biasanya ditujukan untuk budget phone. Memori jenis ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dan daya tahan standar. Berbeda dengan saudaranya yang bernama UFS. UFS biasanya digunakan pada ponsel menengah ke atas. Pada dunia PC/laptop/komput