Skip to main content

Ponsel Murah Meriah dari Smartfren


Salah satu hal yang baik dari sebuah ponsel yang dikunci atau dikontrak oleh pihak provider adalah adanya subsidi harga. Hal ini tentunya berlaku juga untuk produk-produk Smartfren. Dari yang admin ketahui, Smartfren satu-satunya provider di Indonesia yang melakukan kontrak langsung dengan produsen ponsel untuk melakukan rebranding. Operator atau provider lainnya hanya sebatas bundling saja.

Proses rebranding ini bisa membuat Smartfren meluncurkan ponsel-ponsel murah di pasaran yang kualitasnya cukup menjanjikan, terutama untuk pasar menengah dan entry level.

Adalah Smartfren Andromax A yang mencuri perhatian admin. Hal ini karena harga yang ditawarkan pihak Smartfren bisa dikatakan sangat murah dengan spesifikasi yang "mencukupi" untuk penggunaan sehari-hari. Lalu seperti apakah Andromax A ini? Layakkah untuk dibeli?

Yang pertama kalian sadari saat melihat ponsel ini, tentu saja kesan murahnya. Bodi yang digunakan adalah plastik. Designnya simple layaknya ponsel android pada umumnya. Tidak ada yang spesial. Tentunya kalian harus ingat bahwa ponsel ini hanya dibanderol seharga Rp. 649.000 saja.

Asiknya, Andromax A menggunakan layar yang cukup luas yaitu seluas 4.5". Dengan layar seluas ini, Andromax bukan ponsel dengan layar kecil karena masih lebih besar daripada Iphone SE, tetapi tidak sebesar ponsel-ponsel saat ini yang umumnya berukuran 5". Untuk kalian yang menggunakan ponsel untuk komunikasi utama, andromax A akan nyaman di tangan. Admin bisa berpendapat seperti itu karena admin pernah menggunakan ponsel dengan luas yang sama sebelumnya.


Dari sisi performa, andromax A menawarkan sebuah prosesor Snapdragon 210 milik Qualcomm. Ini juga bisa admin katakan kelebihan tersendiri karena prosesor dari Qualcomm cukup bandel dan tahan lama. Walaupun secara teknis seri 210 ini tidak "kuat" untuk memainkan game-game berat. Sejatinya ponsel ini bukanlah dibuat untuk itu. Tetapi lebih ke fitur komunikasi dan internet. Tetapi game-game ringan bisa berjalan baik karena prosesor ini memiliki 4 inti core dengan kecepatan 1.1 Ghz. Biasanya ponsel di kisaran harga ini hanya memiliki ponsel 2 inti.

Beralihke memori internal, ponsel ini diperkuat memori 8GB yang lagi-lagi menurut admin ini merupakan kelebihan. Pada harga ini atau bahkan lebih, biasanya ponsel hanya memiliki memori sebesar 4GB saja. Jadi dengan 8GB, tentunya kalian bisa lebih memasang aplikasi-aplikasi kesayangan.

Beralih ke sisi kinerja multitasking, untuk sekian kalinya admin akan memberikan apresiasi ke Andromax A ini. Dengan harga Rp. 649.000, smartfren mampu memberikan ponsel ini dengan memori ram sebesar 1GB. Dengan ram sebesar ini, ponsel ini akan cukup mampu untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sosial media dengan baik. Ini dikarenakan sistem operasi yang digunakan tidak neko-neko. Jadi murni menggunakan Android AOSP milik Google dengan sedikit penyesuaian.

Pada sisi jaringannya, andromax A telah diperkuat dengan jaringan 4G Smartfren pada sim1. Sedangkan sim2 bisa bebas menggunakan operator gsm lainnya. Admin rasa belum ada ponsel lain di harga ini yang menawarkan jaringan 4G. Walaupun terkunci.

Sisi menarik lainnya adalah pada sisi kamera. Andromax A dipersenjatai dengan kamera sebesar 5 megapixels baik untuk sisi depan dan belakang. Bedanya, kamera depan hanya menggunakan sistem fixed fokus, berbeda dengan kamera belakangnya.

Yang lagi-lagi mengejutkan, Andromax A telah menggunakan baterai sebesar 1.950 mAh. Bisa admin katakan ini lebih dari cukup di harga ini. Selain itu beberaa fitur pendukung seperti Snapdragon Audio+, Bluetooth versi 4 juga menjadi bonus menggembirakan.

Andromax A bukanlah Apple iPhone, bukanlah Sony Xperia, bukan juga Samsung Galaxy S7. Tetapi Andromax A merupakan sebuah ponsel yang dibuat agar masyarakat bisa merasakan sebuah ponsel yang cukup nyaman digunakan untuk berkomunikasi, berinternet kencang ala 4G LTE dan juga sebuah ponsel yang nyaman di saku.

Andromax A merupakan sebuah pilihan yang bijak untuk kalian yang memiliki budget pas-pasan tetapi ingin merasakan nikmatnya 4G, asiknya seru-seruan di sosial media, atau sekedar mau kepoin mantan di Facebook? Harganya hanya Rp. 649.000 dan itupun masih dengan internet gratis selama setahun.

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang m…

Cara Menggunakan Kloset Duduk (WC Duduk).

Judul artikel virgabali.com terdengar aneh dan menggelikan? Jawabannya adalah tidak. Bagi sebagian besar orang mungkin menggunakan kloset duduk adalah sesuatu yang sudah biasa. Tetapi nyatanya, tidak begitu bagi sebagian lainnya.

Admin cukup sering mendengar obrolan orang-orang di sekitar bahwa mereka ternyata tidak bisa menggunakannya dengan baik.

"Sebenarnya seperti apakah kloset duduk itu?"

Bagi orang yang pertama kali menggunakan kloset jenis ini, mungkin akan sedikit membingungkan. Kali ini admin akan coba jelaskan.

1. Tutup kloset dan tempat duduk.

Biasanya, hal inilah yang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Di saat kalian membuka kloset, kalian akan mengira bahwa itulah tempat duduk kalian, bagaimanapun kondisinya.

Ternyata, di sebuah kloset duduk  disediakan 2 lapisan untuk duduk (terkadang ada yang tiga). Dua lapisan posisi duduk ini digunakan untuk membedakan lebar pantat kalian. Bagi orang dengan pantat lebar dan besar, gunakan lapisan dengan lubang besar dan…

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai ta…