Skip to main content

Ubah Foto Lamamu menjadi Foto Digital


Foto merupakan sebuah produk yang diciptakan untuk mengabadikan moment-moment berharga dalam hidup. Terkadang nilai moment tersebut tidak bisa digantikan oleh apapun, termasuk uang. Adakah dari kalian yang memiliki foto-foto lama dari foto film atau kamera saku jaman dulu? Ada tentunya. Kenangan itu begitu berharga dan kalian juga tidak ingin kenangan-kenangan itu hilang karena dimakan waktu bukan?

Nah kali admin akan mengenalkan sebuah aplikasi bernama Photoscan yang dibuat oleh Google untuk platform Android. Konsepnya sederhana, untuk men-digitalisasi foto-foto film lamamu. Aplikasi dengan konsep pintar ini dibuat dengan tujuan sederhana. Membackup foto kenanganmu ke dalam format digital sehingga jika foto fisiknya telah rusak, masih ada data tersimpan dalam bentuk digital nantinya. Selain itu kalian juga bisa menampilkan foto-foto kenangan tersebut ke dalam slideshow di TV ataupun untuk berbagi kenangan bersama keluarga di sosial media.

Untuk menggunakan aplikasi ini, ada baiknya kalian juga menggunakan ponsel android dengan kamera yang cukup berkualitas agar hasilnya bisa maksimal. Penggunaan aplikasi ini sendiri gratis dan sangat mudah digunakan.

Untuk aplikasinya bisa kalian download langsung di Google Playstore : DOWNLOAD


Nah cara menggunakan Photoscan ini cukup mudah. Letakkan foto kalian di bidang yang datar. Jika bisa lalukanlah ditempat cukup cahaya. Buka aplikasi Photoscan dan letakkan ponsel di atas fotomu dengan jarak sekitar 20cm. Posisikan pinggir foto pada frame layar kamera ponselmu dengan tepat. Kemudian tekan tombol pengambil foto.

Setelah kalian menekam tombol shutter, maka akan muncul beberapa lingkaran berwarna putih. Gerakkanlah ponsel kamera ke arah lingkaran tersebut, maka akan terlihat proses prosesing data yang dilakukan oleh alogaritma Google Photoscan. Setelah proses tersebut selesai, maka akan muncul foto hasil scanning tersebut. Ingat, foto tidak langsung tersimpan di galeri kalian. Pilihlah menu simpan semua foto agar foto hasil scanning bisa muncul di galeri. Oya, kalian bisa melakukan proses simpan ini setelah men-scanning beberapa foto sekaligus.


Hasil foto hasil scanning dari aplikasi Google Photoscan ini cukup rapi dam tidak memiliki glare. Saat kita ingin memfoto ulang sebuah foto, biasanya akan muncul glare (sinar putih) yang mengganggu tetapi tidak di aplikasi ini. Foto hasil scanning akan tersimpan sebagai foto digital dengan resolusi 3 megapixels. Resolusi ini cukup untuk dicetak ulang dalam ukuran 3R. Menurut Google, resolusi foto bisa lebih dari itu tetapi hanya untuk ponsel jenis tertentu seperti Google Pixels saja. Ke depannya beberapa ponsel lain juga akan diberikan update untuk mendapatkan resolusi foto lebih besar. Kita tunggu saja.

Oya satu lagi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jika kalian ingin serius men-restorisasi foto kalian, ada baiknya setelah proses scanning selesai, lakukanlah proses editing terhadap foto-foto tersebut dengan aplikasi pengolah foto. Di android kalian bisa menggunakan Google Snapseed, sedangkan di PC atau laptop kaliaj bisa menggunakan Photoscape ataupun Photoshop.

Selamat mencoba,

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!! Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan. Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara

Review Head Unit Murah Meriah, Nakamichi Na3101i Deckless!

Halo pembaca setia Virgabali.com! Apa kabar kalian di tengah pandemi Covid-19 ini? Masih baik-baik saja bukan?  Kali ini admin akan memberikan review tentang sebuah produk keluaran Nakamichi yaitu sebuah head unit dengan seri Na3101i. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari head unit untuk mobil kalian mungkin bisa meluangkan waktu untuk membaca artikel yang admin tulis ini. Nakamichi Na3101i merupakan sebuah HU yang harganya murah meriah. Bagaimana tidak? Harganya saat ini hanya berkisar 500 hingga 600 ribuan saja. Lalu apa sajakah fitur yang diberikan di HU ini? Mari kita bahas satu demi satu. 1. DESIGN DECKLESS. Na3101i merupakan sebuah head unit double din dengan design bersih dan clean yang sering disebut deckless. HU ini tidak memiliki DVD/CD player sehingga pada sisi depan hanya ada layar 7 inchi dengan tombol volume pada sisi kiri dan tombol power beserta mute. 2. AUTO LINK Di sisi belakang HU ini terdapat dua buah kabel USB, yg hitam bisa kalian gunak

Mengenal Ponsel - Perbedaan eMMc dan UFS

Untuk kamu pecinta gadget atau smartphone, kali ini admin akan berbagi informasi tentang emmc dan UFS. Sebelum membeli sebuah ponsel, tentunya kalian biasanya mencari ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Walaupun mencari harga yang murah dan menyesuaikan dengan isi kantong, spesifikasi ini tentunya sangat perlu untuk dijadikan acuan agar tidak membeli ponsel dengan harga yang kemahalan (tidak sesuai antara harga dan speknya). Di salam sebuah ponsel terdapat sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan pengguna. Tempat penyimpanan ini sering disebut dengan memori internal. Nah memori ini pada umumnya menggunakan jenis emmc dan ufs. Emmc sering digunakan pada ponsel dengan harga seri bawah. Ponsel dengan memori emmc biasanya ditujukan untuk budget phone. Memori jenis ini bisa dikatakan memiliki kecepatan dan daya tahan standar. Berbeda dengan saudaranya yang bernama UFS. UFS biasanya digunakan pada ponsel menengah ke atas. Pada dunia PC/laptop/komput