Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang mengganggu saat digunakan.

Kelemahan yang admin temukan pada sisi bodi Axioo Mybook 14 ini adalah pada bahan yang digunakan. Bodinya terkesan kurang kokoh karena bodinya yang berbahan plastik plus bodi yang tipis. Hal ini juga tentunya disebabkan karena harga yang bisa dibilang sangat murah untuk spesifikasi yang ditawarkan. Jadi bodi menjadi korban. Mungkin jika bahan bodinya menggunakan bahan yang lebih premium, laptop akan menjadi lebih kokoh, tentunya dengan pengorbanan dari sisi harga.

Bicara sisi portabilitas dan fungsinya, Axioo Mybook sebagai Notebook portable dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Untuk port USB versi 2.1, telah dilengkapi sejumlah dua biji di sisi kanan. Sedangkan port USB versi 3.0 di berikan pada sisi kiri dengan jumlah hanya satu saja. Beberapa port pelengkap juga hadir seperti HDMI dan jack audio 3.5mm. Berbeda dengan notebook umumnya yang memasang SD Card reader, Axioo lebih memilih untuk memasang MicroSD Card reader pada sisi samping sebelah kiri. Hal ini akan menjadi kabar gembiran untuk kalian pengguna ponsel.

Salah satu yang agak mengecewakan, charger Axioo Mybook kabelnya terlaly pendek. Tidak pendek tetapi jika dibandingkan dengan notebook umum, bisa dibilang berbeda jauh. Di satu sisi tidak membuat kalian menggulung kabel, tetapi di sisi lain terkadang kabel panjang bisa sangat berguna.

DIPERKUAT WINDOWS 10 HOME EDITION

Bicara pada sisi pengolah sistem, Axioo membenamkan sistem operasi windows terbaru yaitu Windows 10. OS ini nyaman digunakan tanpa kendala. Tapi jangan gembira dulu, karena Windows 10 yang dibenamkan bukan versi terdaftar. Jadi jika kalian harus membeli serialnya di Microsoft jika ingin membuat OS ini menjadi versi full. Tapi tidak diaktivasi pun tidak apa-apa. Kelemahannnya kalian tidak bisa menggunakan personalisasi seperti mengganti wallpaper.

Windows 10 berjalan cukup ringan di Axioo Mybook. Tidak ada kendala berarti yang terjadi. Akses-akses menu juga cukup nyaman. Tidak ada kendala untuk penggunaan sehari-sehari.

INTEL APOLLO LAKE + INTEL HD

Sebagai sebuah notebook untuk pemula atau sering disebut entri level, tentunya kita tidak bisa mengharapkan prosesor seri i hadir di notebook ini. Axioo Mybook diperkuat dengan prosesor hemat daya terbaru dari pengembangan prosesor Celeron. Prosesor tersebut bernama Intel Apollo Lake dengan fabrikasi 14mm. Intel Apollo yang ditanamkan memiliki kecepatan 1.1 Ghz tetapi bisa diHyperBoosy hingga 2 Ghz lebih.

Admin saat membaca kecepatan 1.1 Ghz sebenarnya agak ragu. Tetapi setelah digunakan, ternyata notebook ini mampu berlari tanpa kendala di Windows 10. Cukup nyaman digunakan walaupun tidak sekencang seri i.

Dari sisi kinerja grafis, Mybook diperkuat dengan Intel HD 500. Tentunya bukan kartu grafis tingkat atas, tetapi ternyata Mybook mampu memainkan game PSP dan PSX menggunakan emulator. Cukup mengejutkan. Admin awalnya mengira notebook di harga ini tidak mampu memainkan game. (-__-)

Untuk baterainya sendiri cukup hemat, mungkin karena admin sendiri menggunakannya tidak untuk hal berat. Contohnya mengetik di office, menonton film, membuka internet dan hal lainnya. Cukup aman.

Nah, kesimpulan yang admin bisa ambil adalah produk ini sangat layak dibeli untuk kalian yang mempunyai budget minim. Ataupun untuk kalian yang membeli laptop hanya untuk kebutuhan standar. Harganya sangat bersahabat yaitu seharga Rp. 2.999.000. Dengan harga semurah ini, kalian mendapatkan sebuah laptop dengan layar 14", dual drive eMMC + HDD 500GB, ram 3GB DDR3, design bodi tipis dan Windows 10 Home Edition. Cukup menarik bukan?

Comments


EmoticonEmoticon