Menaikkan Performa PC dan Laptop Lawas

Banyak sekali dari kita menggunakan komputer (PC) ataupun laptop untuk urusan sekolah ataupun untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Dalam hal ini, komputer dan laptop tidak digunakan dengan dan tidak membutukan spesifikasi tinggi. Tetapi tetap saja, jika dalam prosesnya komputer berjalan lambat, tentunya sangat menyebalkan bukan?


Dari pengalaman virganet, komponen hardware yang paling bertanggungjawab untuk hal ini adalah RAM dan media penyimpanan. Untuk kalian yang memiliki prosesor tipe lama seperti Intel Dual Core ataupun Core2Duo, ada baiknya jangan buru-buru membeli komputer atau laptop lama kalian. Cobalah lakukan dua penggantian pada komponen ini.



1. MEMORI RAM untuk Multitasking.

Jika komputer dan laptop kalian memiliki ram di bawah 4 GB, itu merupakan pertanda kalian harus melakukan penggantian pada komponen ini. Menurut virganet, aplikasi-aplikasi yang ada saat ini rata-rata membutuhkan ram 4GB jika kalian ingin melakukan multitasking dengan lancar. Ram juga sangat berpengaruh di saat kalian membuka browser seperti Firefox dan Chrome dan membuka banyak tab. Os terbaru seperti Windows 10 juga sangat memerlukan ram minimal 4GB agar bisa nyaman digunakan.


2. Ganti Memori Penyimpanan dari HDD ke SSD.

Untuk kalian yang saat ini masih menggunakan Harddisk (HDD), ada baiknya melakukan upgrade ke SSD. Hal ini akan membuat performa kecepatan membaca data meningkat hingga 20X dan lebih hemat daya karena SSD tidak menggunakan piringan di dalamnya.


Cobalah melakukan upgrade di dua bagian tersebut dan rasakan performa ngebut komputer dan laptop lawas kalian.

Comments


EmoticonEmoticon