Skip to main content

Menaikkan Performa PC dan Laptop Lawas

Banyak sekali dari kita menggunakan komputer (PC) ataupun laptop untuk urusan sekolah ataupun untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Dalam hal ini, komputer dan laptop tidak digunakan dengan dan tidak membutukan spesifikasi tinggi. Tetapi tetap saja, jika dalam prosesnya komputer berjalan lambat, tentunya sangat menyebalkan bukan?


Dari pengalaman virganet, komponen hardware yang paling bertanggungjawab untuk hal ini adalah RAM dan media penyimpanan. Untuk kalian yang memiliki prosesor tipe lama seperti Intel Dual Core ataupun Core2Duo, ada baiknya jangan buru-buru membeli komputer atau laptop lama kalian. Cobalah lakukan dua penggantian pada komponen ini.



1. MEMORI RAM untuk Multitasking.

Jika komputer dan laptop kalian memiliki ram di bawah 4 GB, itu merupakan pertanda kalian harus melakukan penggantian pada komponen ini. Menurut virganet, aplikasi-aplikasi yang ada saat ini rata-rata membutuhkan ram 4GB jika kalian ingin melakukan multitasking dengan lancar. Ram juga sangat berpengaruh di saat kalian membuka browser seperti Firefox dan Chrome dan membuka banyak tab. Os terbaru seperti Windows 10 juga sangat memerlukan ram minimal 4GB agar bisa nyaman digunakan.


2. Ganti Memori Penyimpanan dari HDD ke SSD.

Untuk kalian yang saat ini masih menggunakan Harddisk (HDD), ada baiknya melakukan upgrade ke SSD. Hal ini akan membuat performa kecepatan membaca data meningkat hingga 20X dan lebih hemat daya karena SSD tidak menggunakan piringan di dalamnya.


Cobalah melakukan upgrade di dua bagian tersebut dan rasakan performa ngebut komputer dan laptop lawas kalian.

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang m…

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai ta…

Cara untuk Membuat Xiaomi MIUI Memiliki Multitasking yang Baik

Produk Xiaomi terkenal berharga murah dengan tetap memiliki spesifikasi mesin yang cukup baik untuk digunakan. Tetapi tahukah kalian bahwa banyak pengguna Xiaomi yang mengeluhkan sistem android yang disebut MIUI berjalan terlalu agresif? MIUI merupakan sebuah sistem android yang telah dikostumisasi oleh pihak Xiaomi sehingga bisa sangat tampil berbeda dengan Android asli milik Google. Sisi positifnya, MIUI mampu memberikan tampilan yang segar dan berbeda. Tetapi sisi negatifnya, MIUI berjalan lebih berat dari Android aslinya.

MIUI terkenal sangat agresif dalam membunuh aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem. Hal ini membuat ram menjadi lebih bebas tetapi terkadang sangat mengganggu karena ternyata yang dihentikan prosesnya adalah aplikasi yang memang sedang kita gunakan. Nah kali ini admin akan berbagi sedikit tips dan trik untuk memaksimalkan fungsi multitasking sehingga ponsel bisa lebih nyaman digunakan. Ponsel yang menjadi korban percobaan kali ini adalah Xiaomi M…