Nyamannya Sebuah Ponsel di Tahun 2019



Dari tahun ke tahun, produksi ponsel semakin meningkat seiring dengan kebutuhan itu sendiri. Tetapi jika diperhatikan, ada perubahan tren dalam pembuatan ponsel saat ini. Ponsel saat ini bukan hanya sekedar alat komunikasi, tetapi sebuah alat multimedia, kamera berjalan, pemutar video dan masih banyam fungsi-fungsi lain yang campur aduk di dalamnya.

Hal ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap jati diri ponsel itu sendiri. Di tahun 2019 ini, akan sangat sulit untuk kita mencari sebuah ponsel yang kompak, yang nyaman sebagai alat komunikasi. Kebanyakan ponsel saat ini berukuran besar (atau bisa dikatakan jumbo) karena adanya campur aduk fungsi-fungsi di atas. Selain itu, adanya perang spesifikasi teknis membuatnya makin menjadi-jadi. Liat saja kamera yang semakin banyak jumlahnya pada sebuah ponsel yang sebenarnya tidak berpengaruh signifikan pada kualitas.



Pembuktian tersebut bisa kita lihat dari sebuah ponsel bernama Google Pixel series. Dengan cukup satu kamera saja, ponsel ini mampu melibar kualitas kamera ponsel lain yang memiliki jumlah kamera lebih dari satu. Mungkin ke depannya akan ada ponsel berkamera 8??

Google Pixel 2 merupakan ponsel berukuran kompak yang sangat nyaman untuk saya gunakan. Ukurannya bisa dikatakan sangat kecil untuk standar ukuran ponsel saat ini yang rata-rata layarnya sudah di atas 6 inchi. Ponsel ini berukuran "hanya" 5 inchi.

Dengan ukuran ini, serta berat yang sangat ringan, ponsel flagship ini sangat mudah keluar masuk di kantong celana. Kebetulan saya orang yang cukup mobile menggunakan sepeda motor sehari-harinya. Begitu juga dengan penggunaan ponsel untuk komunikasi. Pekerjaan membuat saya menerima sms, chat dan internet dengan cukup intens sehari-harinya.

Untuk penggunaan multimedia, ponsel ini juga tidak mengecewakan karena memiliki dua speaker yang tidak cuma hiasan semata karena keduanya memiliki kemampuan stereo. Untuk mendengarkan musik video tentunya memuaskan. Kualitas audionya sendiri pada keluaran ke headset dan speaker sangat memuaskan. Perbedaannya dengan ponsel lain seperti ponsel cina kebanyakan adalah dongle audio jack yang digunakan harus mensupport DAC (konversi suara digital ke analog). Hal ini sendiri yang membuat kualitas audionya mampu menghantarkan kualitas audio dari level stereo hinggal 7.1 channel home cinema.

Fitur paling superior Google Pixel 2 adalah fitur kameranya. Kalian tidak perlu banyak berfikir, kamera ponsel ini cukup digunakan biasa sudah mampu menghasilkan hasil yang memuaskan karena adanya fitur AI yang benar-benar asli dan fitur HDR+ canggih milik Google. Sekali lagi, kenyamanan pengguna sangat diperhatikan di ponsel. Tidak perlu banyak pengaturan.

Untuk penggunaan sehari-hari, Google Pixel 2 sangat mengutamakan kenyamanan penggunanya. Hal ini kita sering lihat juga di ponsel flagship lainnya seperti Apple Iphone. Grafis yang halus, anti lag, proses yang cepat adalah bagian dari kelebihan ponsel ini.

Google Pixel 2 mengajarkan sebuah esensi tentang minimalisnya sebuah ponsel tanpa harus ikut terjun ke dalam perang spesifikasi yang kebanyakan adalah gimmick semata. Seperti megapixel kamera yang semakin membengkak yang sebagian besar hanyalah tekhnik overlay, bukan besar sensor aslinya. Tapi semuanya tentu kembali ke selera pengguna. Kuantitas vs Kualitas?
Comments


EmoticonEmoticon