Skip to main content

Review Google Pixel 2 di 2019



Bicara tentang ponsel android, tentunya saat ini di Indonesia lebih banyak mengetahui tentang brand Samsung, Asus, dan ponsel Cina seperti Oppo, Vivo, Xiaomi dkk. Pernahkah kalian mendengar tentang sebuah ponsel dengan brand Pixel yang dibuat oleh pemilik Android yaitu Google?

Salah satu hal yang membuat Google Pixel sendiri tidak terkenal adalah exclusivitas yang ditanamkan oleh pihak Google. Ya, ponsel ini bukanlah ponsel murah yang bisa dimiliki oleh sembarang orang, saat ini saja, untuk Google Pixel 3 masih dihargai dengan harga 16 juta. Sangat mahal bukan?

Saat ini saya akan membahas tentang seri pendahulunya yaitu Google Pixel 2 yang dirilis di tahun 2017 di amrik sono. Pantaskah bersaing dengan ponsel keluaran 2019 saat ini? Jawabannya tentu bisa dijawab dengan mudah yaitu sangat pantas. Mengapa? Mari kita kulik alasannya.

1. Dibuat oleh Google.

Nama Google dibelakang kehadiran ponsel ini tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata, layaknya Apple. Google mendesain langsung baik software (android) dan hardware Google Pixel 2 ini dengan sangat maksimal. Kelebihan dari ponsel pixel 2 sendiri merupakan user experience yang sangat nyaman, halus, dan maksimal.

2. Android Murni yang Ringan dan Cepat.

OS Android yang digunakan di Pixel 2 merupakan versi android vanilla yang murni tanpa embel-embel layaknya di ponsel cina seperti huawei, oppo, vivo, xiaomi dkk ataupun Samsung dengan touchwiznya. Hal ini membuat kecepatan akses sistemnya berjalan sangat cepat. Dipadukan tentunya dengan hardware (mesin) yang terintegrasi maksimal dengan sistemnya.

3. Selalu mendapat prioritas Update terbaru.

Ponsel seri Pixel merupakan raja di ekosistem Android, tentunya hal ini membuat setiap adanya update versi terbaru, ponsel ini akan mendapat tempat pertama baik untuk versi percobaan developer ataupun versi rilis publik. Seperti saat ini, ponsel pixel 2 saya telah mendapatkan update ke Android terbaru versi 10 beta 6 yang sementara ini bernama Android Q.

4. Design Eksklusif.

Masalah design tentunya adalah masalah selera. Satu mahal yang pasti, design Google Pixel bisa dikatakan unik dan tidak ada di ponsel lainnya. Tentunya design ini dibuat untuk kalian yang berani tampil beda. Ini mengingatkan saya dengan brand nokia dan sony ericsson di masa lalu yang selalu berani mencoba design-design baru untuk setiap ponsel mereka. Tidak seperti saat ini, design ponsel bisa dikatakan sangat monoton. Satu brand dengan brand lain terlihat sama.

5. Kamera yang Luar Biasa.

Jika ditanya apakah fitur paling utama dari ponsel ini, maka jawabannya adalah kamera. Bisa dikatakan fitur kamera di seri pixel merupakan standarisasi untuk ponsel berbasis android lainnya. Walaupun terkadang ada ponsel lain yang menggunakan sensor kamera yang sama dengan pixel, tetapi hasilnya sangatlah berbeda. 

Kamera di ponsel Pixel bisa dikatakan sangat excellent karena adanya fitur HDR+ milik Google dan Night Sight. Dua fitur ini membuat Ponsel Pixel sangat nyaman digunakan untuk aksi jepret-jepret. Dynamic range yang dimiliki sangat luas dan diproses dengan software yang pintar milik Google.

6. Adanya Pixel Visual Core, chip rahasia milik Google.

PVC (pixel visual core) merupakan chip tambahan yang ditanamkan Google mulai dari seri Pixel 2 (pixel pertama tidak memiliki chip ini). Chip ini bertugas untuk pengolahan data visual dari fungsi kamera. Dengan adanya chip ini, cpu utama tidak lagi bertugas untuk memproses fitur HDR+ pada foto dan membuat baterai lebih hemat dan proses lebih cepat. Saat ini kita mengenal istilah gimmick berupa fitur AI pada kamera yang sering kali cuma fitur pemanis saja. Nah pada Google Pixel 2 ke atas, fungsi PVC merupakan fitur AI yang sesungguhnya. Chip ini mampu memproses milyaran data per detik agar fitur kamera bisa berjalan maksimal.

Salah satu kelebihan adanya PVC ini adalah fitur kamera aplikasi lain seperti Instagram, Whatsapp dan lain-lain juga akan menghasilkan gambar yang lebih ciamik. Hal inilah yang sangat membedakan Pixel 2 dengan hp android lainnya.

7. Dual Stereo Speaker.

Saat ini, bisa dikatakan sangat jarang ponsel yang masih mempertahankan fitur dual speaker. Yang saya tahu, brand Sony Xperia, Google Pixel, Apple iPhone yang masih memilikinya. Mungkin juga ada yang lainnya. Kebanyakan vendor ponsel saat ini lebih menyukai satu speaker agar bisa memberikan gain volume yang lebih keras. Karena memang teorinya, satu speaker akan memiliki suara lebih keras daripada dua speaker. Tapi untuk pengguna yang lebih menyukai kualitas, suara stereo dan mono akan memberikan pengalaman  yang sangat berbeda.

Perbedaan signifikan akan sangat terasa saat ponsel digunakan mendengarkan musik dan video, misalnya saja di Youtube.

Nah itu adalah beberapa fitur dari Google Pixel 2 yang membuat ponsel ini sangat layak digunakan di tahun 2019. Bahkan masih mampu untuk bersaing dengan ponsel flagship kelas atas lainnya.

Comments

Popular Post

Full Review Axioo Mybook 14

Beberapa waktu admin sempat membuat sebuah review tentang salah satu notebook atau laptop yang masuk dalam kategori entri level bernama Axioo Mybook. Kali ini admin telah mencoba langsung salah satu variannya yaitu versi layar 14". Penasaran dengan reviewnya? Check this out!!

Axioo Mybook 14 adalah sebuah notebook yang memiliki ukuran ergonomis. Dengan layar seluas 14" dan resolusi 1366 x 768, tentunya secara visual tidak ada kendala untuk pengguna. Teknologi panel yang digunakan juga sudah IPS. Layarnya sendiri cukup nyaman digunakan.

Dilihat dari sisi bodinya, notebook ini sangat tipis. Hal ini bisa dicapai karena Axioo Mybook 14 tidak dilengkapi dengan DVD-Rom. Ya memang mayoritas notebook terbaru sudah mulai meninggalkan drive DVD. Selain itu, Axioo Mybook tidak menggunakan kipas pendingin tetapi menggunakan alternatif bernama heatsink yang melepas panas pada arah tertentu. Hal ini di sisi lain membuat notebook ini menjadi anti bising alias tidak mengeluarkan suara yang m…

Cara Menggunakan Kloset Duduk (WC Duduk).

Judul artikel virgabali.com terdengar aneh dan menggelikan? Jawabannya adalah tidak. Bagi sebagian besar orang mungkin menggunakan kloset duduk adalah sesuatu yang sudah biasa. Tetapi nyatanya, tidak begitu bagi sebagian lainnya.

Admin cukup sering mendengar obrolan orang-orang di sekitar bahwa mereka ternyata tidak bisa menggunakannya dengan baik.

"Sebenarnya seperti apakah kloset duduk itu?"

Bagi orang yang pertama kali menggunakan kloset jenis ini, mungkin akan sedikit membingungkan. Kali ini admin akan coba jelaskan.

1. Tutup kloset dan tempat duduk.

Biasanya, hal inilah yang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Di saat kalian membuka kloset, kalian akan mengira bahwa itulah tempat duduk kalian, bagaimanapun kondisinya.

Ternyata, di sebuah kloset duduk  disediakan 2 lapisan untuk duduk (terkadang ada yang tiga). Dua lapisan posisi duduk ini digunakan untuk membedakan lebar pantat kalian. Bagi orang dengan pantat lebar dan besar, gunakan lapisan dengan lubang besar dan…

Android Nougat 7.1.2 Terbaik untuk Xiaomi MI4 LTE

Untuk kalian pengguna ponsel Xiaomi MI4 dan MI3, kabar gembira bahwa ponsel kesayangan kalian ini telah memiliki rom android Nougat terbaru dengan versi 7.1.2 dan sangat stabil. Android versi terbaru ini sendiri bukan merupakan rom MIUI yang notabene dikeluarkan resmi oleh Xiaomi tetapi merupakan rom dikembangkan dari source asli android yaitu AOSP milik Google.

Berbeda dengan MIUI, AOSP merupakan sebuah rom murni dari Android sehingga tidak dibebani dengan fitur-fitur tambahan yang membuatnya berat. Untuk MI4 LTE sendiri, rom ini merupakan rom AOSP dengan percabangan CAF, artinya sebuah rom yang lahir dengan tambahan optimalisasi untuk ponsel dengan chip buatan Qualcomm. Hal ini karena di dalam MI4, dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 buatan Qualcomm.

Rom AOSP CAF yang dibagikan ini merupakan rom favorit admin karena rom ini begitu murni tanpa tambahan embel-embel yang tidak penting. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi kekurangan karena banyak juga yang lebih menyukai ta…